Air TerjunAlam & TamanDanau & SungaiEditor PicksPantaiSeni & Budaya

Mau Trip ke Sumba ? Ini dia 15 Destinasi yang wajib kamu kunjungi

Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km², dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Nah buat temen-temen yang ingin berkunjung ke Sumba, Sangat diwajibkan untuk mengeksplore keindahan wisata yang ada di pulau ini. Beragam wisata baik budaya, alam maupun kuliner ada dipulau yang terkenal dengan julukan Overland (Lebih dari Pulau). Berikut ini refrensi 8 destinasi yang wajib kamu kunjungi bila kamu ke Sumba.

1. Danau Weekuri

Danau Weekuri sendiri memiliki air yang sangatlah jernih bagaikan kaca dengan kedalaman air yang gak terlalu dalam, sehingga sangat cocok untuk sekedar bermain air dan berenang. Tersembunyi di balik pepohonan rimbun dan semak belukar serta jauh dari keramaian kota, suasana di sekitar danau masih sangatlah asri dan sejuk.

Danau Weekuri terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Danau Weekuri mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan belakangan ini karena memiliki karang raksasa yang berdiri kokoh mirip dermaga di tepi pantai.

Selengkapnya baca disini : Danau Weekuri, Laguna Sebening Kaca Yang Terselip Di Sumba Barat

2. Pantai Walakiri

Pulau Sumba yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memang masih asli dan alami bahkan banyak yang mengatakan Sumba adalah gambaran Pulau Bali 30 tahun yang lalu. Sumba memiliki banyak pantai yang, salah satunya adalah Pantai Walakiri yang berada tepatnya di  wilayah  desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur.

Senja di Pantai Walakiri (Foto : @emyebpj )

Pantai ini cukup mudah diakses karena jaraknya tidak terlalu jauh dengan pusat kota Waingapu yakni sekitar 24 km. Dengan kendaraan – memilih ke arah timur menuju Malolo – pantai dapat ditempuh sekitar 30 menit. Sesampainya di pantai, maka pengunjung akan disuguhkan pemandangan hamparan pasir putih, deretan pohon kelapa dan cemara di pesisir pantai, biru laut serta pohon bakau (mangrove) yang membentang di sebelah barat pantai.

Selengkapnya baca disini : Semburat Jingga Yang Manja Di Pantai Walakiri

3. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu yang menjelma surga di ujung Timur Sumba ini merupakan salah satu objek wisata baru yang wajib banget masuk dalam list destinasimu. Tanggedu merupakan desa terpencil yang masih jarang diakses oleh wisatawan, namun kini ia menjelma bak primadona terlebih di kalangan wisatawan.

Indahnya air terjun Tanggedu

Wisata baru ini pastinya memiliki lingkungan yang masih asri. Airnya yang segar dan meyejukkan pasti akan menggoda setiap wisatan untuk bermain air melepas penat sejnak. Memiliki lingkungan yang terdiri atas bebatuan menyerupai relief, menjadikan Air Terjun Tanggedu ini unik dan menarik.

Selengkapnya baca disini : Air Terjun Tanggedu; Secuil Surga di Ujung Timur Sumba

4. Pantai Mbwanna Atau Pantai Batu Cincin

Ada yang menyebutnya Pantai Bwanna ada juga yang menyebutnya Pantai Mbawana, yang pasti Pantai ini masuk nominasi Anugerah Indonesia II 2017 sebagai Tujuan Wisata Baru Terpopuler. Pantai Mbawana biasa juga disebut Pantai Batu Bolong  terletak di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 59 kilometer dari Bandar Udara Tambolaka dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 22 menit.

Apa sih yang menjadikan Pantai Mbawana begitu istimewa? Bahkan Majalah Traveling Swedia, RES, terbitan September 2017 menyatakan bahwa ada 3 hal yang harus dilakukan apabila Anda ke Sumba salah satunya adalah menjelajahi Pantai Mbawana!

Selengkapnya baca disini : Berburu Senja di Pantai Mbawana, Sumba

5. Bukit Wairinding

Bersyukurlah kamu lahir dan tinggal di Indonesia, sebuah negara yang tak pernah habis akan sumber daya dan keindahan alamnya dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya adalah Tanah Sumba bagian timur. Sebuah daerah yang dianugerahi berbagai macam pesona alam yang tak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia.

Sunrise dibukit warinding

Dengan kondisi topografi alamnya yang didominasi oleh rangkaian pegunungan dan perbukitan kapur, menjadikan alam di Sumba Timur yang eksotik ini berbeda dari kabupaten lainnya di NTT. Bukit Wairinding contohnya. Terletak di Bagian Timur Sumba, Kecamatan Pandawai. Dan 25 Km dari pusat Kota Waingapu. Fyi, bukit ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting video klip lagu “Man Upon The Hill”, salah satu band indie “Stars & And Rabbit” bergenre Folks dari Indonesia.

Selengkapnya baca disini : Bukit Wairinding, Permadani Taman Surga Di Tanah Sumba

6. Kampung Adat Praijing
Kampung adat Praiijing dilihat dari puncak

Kampung Adat Praijing sendiri terletak di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini di kampung tersebut ada 38 rumah tradisional khas Sumba. Ada rumah yang disebut Uma Bokulu dan Uma Mbatangu. Artinya, Uma Bokulu adalah rumah besar, sedangkan Uma Mbatangu adalah rumah menara.

Selengkapnya baca disini : Kampung Adat Praijing, Kampung Adat yang paling terkenal di Sumba Barat

7. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu adalah sebuah air terjun indah yang berada di kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) di Pulau Sumba. Karena berada dikawasan Taman Nasional maka air terjun ini terjaga dengan baik keindahnya dan keasrianya.

Air Terjun Lampopu

Air Terjun Lapopu sendiri diklaim sebagai air terjun tertinggi yang ada di Pulau Sumba. Memang jika dilihat dari letaknya dan bentuknya, air terjun ini cukup tinggi dibanding air terjun lainya yang pernah saya lihat di Sumba. Ketinggian Air Terjun Lapopu diperkirakan mencapai 90 meter. Bentuk air terjun ini berundak-undak seperti anak tangga mungkin itulah mengapa air terjun ini diberi nama Air Terjun Lapopu.

Selengkapnya Baca disini : Air Terjun Lapopu, Air terjun tertinggi yang ada di Sumba

8. Pantai Mandorak

ali ini mau bahas wisata yang ada di wilayah Sumba yaitu Pantai Mandorak yang terletak di Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kawasan Pantai Mandorak cukup jauh dari masyarakat sekitar. Jika kalian mengunjungi saat musim kemarau, akan dikelilingi area perkebunan dan padang ilalang.

Foto : jelajahsumba.co.id

Meskipun lokasinya cukup “tersembunyi”, Pantai Mandorak selalu menjadi destinasi favorit para traveller yang berkunjung ke Pulau Sumba, khususnya wilayah Sumba Barat Daya. Berbeda dengan pantai-pantai lain di Sumba, Pantai Mandorak hanya memiliki memiliki lebar sebesar 50 meter.

Selengkapnya disini : Keindahan Dua Batu Yang Menunjuk Satu Sama Lain Di Pantai Mandorak, Sumba

9. Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang adalah sebuah pantai cantik yang memiliki pasir putih dan ombak yang tenang dan terletak di Sumba Timur. Pantai Tarimbang  ini memang belum begitu populer dikalangan traveller terlebih bagi mereka yang datang ke Sumba. Namun ketidak populeranya inilah yang membuat Pantai Tarimbang  semakin keren dan terkesan private karena masih jarang pengunjung yang datang ke pantai ini.

foto : www.indonesiakaya.com

Pantai Tarimbang terletak di Kecamatan Tabundung sebelah selatan Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai Tarimbang terkenal akan pantai pasirnya yang sangat putih terlebih saat siang hari bak berlian berkilauan terpancar dari sinar matahari yang cukup terik. Lautan biru dengan hempasan ombak yang tak begitu besar membuat Pantai Tarimbang  menjadi rekomendasi wajib bagi para traveller yang datang ke Sumba.

Selengkapnya : Indahnya Pantai Tarimbang di Sumba Timur

10. Pantai Marosi

Sumba Barat memiliki sejumlah pantai yang menjadi tujuan dan daya tarik bagi sektor pariwisatanya. Salah satunya adalah Pantai Marosi. Pantai ini terletak di Kecamatan Lamboya. Anda tak perlu waktu lama untuk menempuh perjalanan dari Waikabubak menuju lokasi. Cukup melakukan perjalanan darat selama lebih kurang satu jam saja. Bahkan anda juga tidak dikenakan biaya retribusi saat memasuki wilayah pantai ini.

Pantainya Pasir putih tapi panass banget disana

Pantai Marosi adalah pantai yang benar-benar sepi pengunjung. Ini adalah tempat rekomended bagi kalian yang ingin menghilangkan kejenuhan dari lelahnya beraktifitas. Keindahan yang belum terlalu banyak dijamah oleh orang-orang, tentunya menjadi sebuah nilai lebih bagi Marosi. Bahkan dalam kondisi teramainya pantai ini masih bisa dinikmati secara tenang dan nyaman. Untuk panorama tentu saja tidak usah diragukan lagi.

Selengkapnya baca disini :  Pantai Marosi, Surga Yang Jarang Terjamah di Sumba Barat

11. Kampung Adat Tarung

Kampung Adat Tarung adalah sebuah perkampungan kecil yang terletak diatas bukit dengan ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan laut. Kampung Adat Tarung bukanlah kampung biasa melainkan salah satu kampung yang memegang teguh adat leluhur dan budaya turun temurun hingga saat ini. Itulah sebabnya Kampung Adat Tarung menjadi salah satu kampung wisata jika kita datang ke Sumba. Oh ya Kampung Adat Tarung terletak di Kota Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kampung Adat Tarung sumba (foto: Informasi Pariwisata NTT)

Lokasinya yang berda ditengah-tengah kota dan pemukiman pendudukan menjadikan kampung ini sangat menonjol terlebih bangunan disetiap rumah dikmapung ini sama dan sangat menarik. Cukup beberapa menit saja dari pusat ibu kota Kabupaten Sumba Barat kita sudah bisa melihat senidri keindahan dan keunikan budaya Sumba yang masih bertahan.

Selengkapnya baca disini : Ingin Mengenal budaya Sumba ? Kampung Adat Tarung Tempatnya

12. Waikelo Sawah

Waikelo Sawah dulunya adalah bendungan yang dirancang oleh Camat Lele Umbu Zogara untuk tujuan irigasi dan pembangkit listrik pada tahun 1976. Kala itu, pengadaan pembangkit listrik inipun menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama di Sumba. (Referensi: www.indonesiakaya.com).

Waikelo Sawah-Sumba (NTT)-indonesia.tripcanvas.co

Waikelo Sawah berguna untuk mengairi persawahan beberapa desa diantaranya Desa Tema Tana, Kalembu Ndara Mane, Mareda Kalada, Pada Eweta, Wee Rame, Dikira dan Desa Tanggaba. Aliran debit airnya cukup deras yakni, diperkirakan mencapai 1000 liter/ detiknya (berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumba Barat Daya).

13. Bukit Persaudaraan

Waingapu, Sumba Timur memiliki sejumlah objek wisata yang sangat berpotensial. Mulai dari Pantai Walakiri yang artistik, Bukit Wairinding yang eksotik hingga Bukit Persaudaraan Mau Hau yang terbilang cukup unik dari segi pemandangannya. Dengan lokasi yang cukup dekat dengan pusat Kota Waingapu, bukit ini sudah menjadi destinasi yang wajib disinggahi oleh para wisatawan yang hendak mengeskplorasi keindahan alam Sumba Timur.

Panorama Kota Waingapu dan sekitarnya ditemani oleh eloknya Sungai Kambaniru

Bukit Persaudaraan Mau Hau, menyajikan bentangan panorama perbukitan dan persawahan penduduk yang menghampar luas dan indah. Dari puncak bukit, pengunjung juga dapat melihat panorama Kota Waingapu dan sekitarnya ditemani oleh eloknya Sungai Kambaniru dilihat dari ketinggian. Hamparan padang rumput hijau dan asri yang mewarnai kondisi alam Sumba Timur menandakan wilayah ini sebagai daerah peternakan yang potensial.

Selengkapnya : Merasakan Damainya Suasana Dari Atas Bukit Persaudaraan Mau Hau, Sumba Timur

14. Savana Puru Kambera

Dan kali ini aku akan mengenalkan salah satu si cantik yang gak boleh kamu lewatkan ketika kamu mengunjungi Tanah Sumba. Yap Savana Puru Kambera.  Savana Puru Kambera ini cukup terkenal dikalangan pelancong karna namanya yang sama dengan nama pantai di sumba timur. Yaitu Pantai Puru Kambera.

foto : google

Untuk bisa menuju kesini, kamu juga bisa sambil menikmati keindahan pantainya yang cukup luas dengan bulir bulir pasir putih yang indah bagaikan mutiara ditanah sumba. Jarak dari pantai ke padang savana adalah 2-3 km.

Selengkapnya baca disini : Savana Puru Kambera, Primadona Wisata Di Tanah Sumba

15. Desa Adat Ratenggaro

Desa Ratenggaro merupakan desa yang memiliki ciri khas berupa jajaran rumah adat yang menarik untuk dikunjungi. Letaknya berada di wilayah Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, dan masuk kedalam kawasan Sumba Barat Daya yang juga memiliki Pasola sebagai ikon budayanya.

Ratenggaro sendiri berasal dari kata “Rate” yang berarti kuburan , & “Garo” yang berarti orang-orang Garo. Konon dahulu kala, saat masih maraknya perang antar suku, suku dari orang yang sekarang menduduki desa ini berhasil merebut wilayah desa orang-orang Garo. Konteks pada saat itu adalah suku yang kalah perang akan dibunuh dan dikubur ditempat itu juga. That’s why desa ini memiliki arti “Kuburan Orang-orang Garo”.

Selengkapnya disini : Desa Adat Ratenggaro : Perpaduan Nilai Adat & Mistis Yang Eksotis

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *