City Tour & LandmarkSeni & Budaya

Kampung Adat Praijing, Kampung Adat Paling terkenal di Sumba Barat

Sumba Yang Kaya Budaya

Sumba memiliki beragam bentuk kebudayaan mulai dari pakaian adatnya dengan corak dan motif berbeda, bahasa yang berbeda hingga bentuk rumah adat yang berbeda-beda. Salah satu bentuk rumah adat yang cukup unik dan cukup terkenal adalah Kampung Adat Praijing. Terletak di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini di kampung tersebut ada 38 rumah tradisional khas Sumba.

Kampung Adat Praijing

Kampung Adat Praiijing dilihat dari puncak mungkin kalian pernah mendengar berita soal kebakaran yang menimpa kampung adat ini. Yap sisa kebakaran ini hanya menyisakan 38 rumah tradisional yang masih berdiri di Kampung Praijing. Oh ya di Kampung Adat Praijing ada berbagai sebutan rumah. Ada rumah yang disebut Uma Bokulu dan Uma Mbatangu. Uma Bokulu sendiri artinya adalah rumah besar, sedangkan Uma Mbatangu adalah rumah menara.

Setiap Tingkatannya Memiliki Arti

Kampung Adat Praijing sesuai aturan adat warga Praijing maka setiap tingkatan rumah yang dibangun juga memiliki peranannya masing-masing. Bagian bawah rumah biasanya akan digunakan untuk hewan ternak, sementara bagian tengah akan ditempati oleh penghuni rumah dan bagian atasnya akan berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan dan benda-benda pusaka.

Kampung Adat Praijing

Untuk memasuki rumah tradisional di Kampung Adat Praijing juga ada aturanya loh guys, karena disini ada 2 jenis pintu yang bisa digunakan bagi laki-laki dan perempuan. Ada pintu laki-laki dan pintu perempuan yang dibuat dari tiang berukir, jadi kepala rumah tangga dan ibu akan masuk dari pintu yang berlainan. Sebenarnya masih ada banyak aturan lagi di tempat ini seperti halnya saat berkunjung kita diharuskan menghadap tetua setempat atau kepala adat, jika diizinkan maka barulah kita boleh berkeliling kampung.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close