Seputar TravellingTips Travelling

Ini Dia Perlengkapan Mendaki Gunung Yang Perlu DiPerhatikan

Sebelum melakukan sebuah pendakian, gunung mana pun yang akan didaki, sudah sepantasnya kita memahami dan menyadari bahwa kegiatan mendaki bukanlah liburan santai.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan perlengkapan mendaki gunung secara singkat, sehingga akan memudahkan kalian untuk menentukan barang bawaan saat hendak melakukan kegiatan pendakian gunung. Berikut adalah uraiannya:

NB: Dalam mempersiapkan peralatan mendaki kita tidak diharuskan membeli yang baru, untuk peralatan khusus kita bisa meminjam atau sewa di tempat persewaan peralatan outdoor dan hiking yang sudah tersebar dibanyak titik.

Sepatu Gunung = Mendaki gunung akan melewati berbagai medan yang dinamis dengan tanah bergelombang, batu-batuan, akar, tanah berpasir, ataupun genangan air. Oleh karena itu sangat dianjurkan tentu menggunakan sepatu khusus gunung.

Jaket Gunung = Jaket adalah salah satu peralatan pendakian yang sangat penting, sifatnya wajib. Jaket ini berguna untuk menahan dan mengurangi dingin sehingga panas tubuh tetap terjaga. Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan karena dingin.

Carrier atau Tas Gunung = Carrier sangatlah penting untuk seorang pendaki gunung. Pemilihan carrier yang tepat dapat membuat perjalanan kita semakin nyaman. Usahakan memilih carrier yang sesuai dengan tubuh kita dan berukuran pas dengan apa saja yg kita bawa juga udah teruji kualitasnya.

Foto by Daily Voyagers

Tenda Dome = Banyak sekali jenis tenda lapangan, namun jenis yang paling populer di kalangan para pendaki adalah jenis tenda dome. Sebab, tenda jenis ini memiliki ukuran paling kecil dan berat paling ringan di antara jenis tenda lainnya.

Perlengkapan P3K = Perlengkapan ini sangat berguna saat kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, semisal kesleo, cedera engkel atau hal-hal buruk lainnya. Lagi pula, perlengkapan P3K tidak akan memakan ruang dalam carrier dan tidak akan menambah beban bawaan terlalu berat.

Foto by ShopSmart

Kantung Plastik = Kantong plastik ini bisa dipakai untuk pakaian kotor/basah dan sangat penting supaya tidak tercampur dengan makanan, obat-obatan, dan pakaian yang bersih. Sedangkan plastik sampah ( trashbag ) untuk menampung bungkusan logistika yang sudah digunakan sehingga tidak menghasilkan sampah di gunung.

Jas Hujan = Raincoat menjadi salah satu barang yang penting bahkan wajib dibawa saat pendakian. Apabila cuaca turun hujan, raincoat sangat membantu agar pakaian yang sedang dipakai tidak basah sehingga kita tetap dapat mendaki dengan nyaman. 

Peralatan Komunikasi = Banyak sekali peralatan komunikasi yang bisa dipakai saat berada di atas gunung, semisal peluit, atau HT. Peralatan ini sangat kita butuhkan saat melakukan pendakian dalam jumlah banyak, karena membutuhkan kordinasi yang intens, memastikan setiap anggota berada pada jalur yang benar.

Matras = Matras berguna sebagai alas pada saat tidur di dalam tenda, atau saat nongkrong-nongkrong menikmati suasana diluar tenda, atau bisa juga untuk menaruh bahan-bahan makanan saat anda sedang masak-masak di gunung. Modelnyapun macam-macam. Ada yang terbuat dari aluminium foil dan ada juga yang terbuat dari karet.

Sleeping Bag = Selain meminimalisir resiko serangan hipotermia, menggunakan sleeping bag akan membuat tidurmu lebih nyaman dan pulas, sehingga mampu mengisi tenaga pada tubuh, merasakan kesegaran kembali setelah bangun tidur dan siap melanjutkan petualangan dengan lebih bersemangat.

Foto by MEC

Raincover = Rain cover berguna sebagai penutup carrier sehingga tidak basah saat hujan melanda. Rain cover juga tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan ukuran carrier kita. Rain cover ada yang bisa di dapat saat membeli carrier dan ada juga yang tidak alias dijual terpisah dengan carriernya.

Headlamp = Senter dan headlamp sangat berguna memberi pencahayaan di kala gelap. Senter dari handphone tidak cukup kuat untuk membantu menerangi jalan, jadi jangan mengandalkan cahaya dari senter handphone.

Pelindung Kepala = Ada dua jenis pelindung kepala yang akan sangat berguna saat kamu melakukan aktifitas mendaki gunung, yaitu kupluk yang akan melindungi kepala dari dinginnya angin malam dan topi rimba yang akan melindungi kepala dari sinar terik matahari.

Sarung Tangan = Sarung tangan sangat wajib dibawa. Ada banyak pilihan untuk sarung tangan. Bagian paling sensitif pada tubuh kita adalah telapak tangan dan telapak kaki. Sehingga jika pada suhu dingin namun telapak tangan kita terjaga suhunya maka tubuh juga akan menyesuaikan. Tips: bawalah dua sarung tangan. Satu yang biasa dipakai saat mendaki. Yang kedua yang tebal dipakai saat tidur.

Trekking Pole = Meski sebagian besar para pendaki masih enggan untuk menggunakan trekking pole. Namun pada dasarnya, peralatan satu ini memiliki multi fungsi, termasuk di dalamnya adalah untuk menyangga beban berat tubuh, meminimalisir nyeri di bagian lutut dan memberikan keseimbangan saat kita melintasi track yang curam.

Lampu Tenda = Selain headlamp, kita pun membutuhkan lampu tenda untuk masalah penerangan. Lampu tenda akan sangat berguna saat kita melakukan aktifitas memasak, main kartu dan aktifitas lainnya saat setelah mendirikan tenda. Sebab, ia memiliki cahaya yang menyeluruh.

Kaos Kaki = Kaos kaki diperlukan untuk menghangatkan kaki dan jari-jari dari hawa dingin seperti halnya sarung tangan. Manfaatnya akan sangat terasa saat tidur di malam hari. Saya setidaknya membawa dua pasang kaos kaki saat mendaki gunung. Sepasang dipakai saat trekking sedangkan sepasangnya lagi digunakan pada saat tidur.

Peralatan Masak = Agar kegiatan masak-memasak di atas gunung terasa menyenangkan dan mudah, sebaiknya kamu membawa peralatan memasak atau cooking set, kamu dapat membelinya sepaket, terdiri dari wajan penggorengan dll. Carilah perlengkapan memasak yang berukuran kecil agar tidak memakan ruang terlalu banyak di dalam carriermu.

Tas Kecil = Tas kecil akan kita rasakan manfaatnya saat melakukan summit attack, berguna untuk membawa barang-barang penting, semisal dompet, handphone, kamera atau berkas-berkas surat perizinan. Selain itu, tas kecil pun dapat memperkecil resiko kehilangan benda berharga selama melakukan sebuah pendakian.

Gaiter = Gaiter dipasang di atas sepatu menutupi hingga tungkai kaki dibawah lutut. Biasanya terbuat dari bahan kain atau polyester. Gunanya untuk melindungi tungkai kaki bagian bawah dan juga untuk menghindari masuknya pasir dan batu ke dalam sepatu saat melewati trek berpasir dan berbatu di gunung.

Alat Navigasi = Alat ini seperti gps, peta dan kompas. Alat-alat ini diperlukan agar apabila kita tersesat dan lain sebagainya.

Pisau = Sangat berguna sebagai peralatan survival, pisau yang baik adalah yang berbahan baja, sehingga memiliki fungsi yang optimal. Di antaranya adalah untuk melindungi diri dari bahaya hewan buas, memotong semak yang menghalangi jalur, alat untuk mencari makanan, membuat api dengan cara digoreskan pada batu keras, menggali lubang dll.

Webing = Tali temali, peralatan webing bisa kita andalkan saat melakukan pendakian pada gunung-gunung tertentu, semisal saat melintasi jalur dengan kemiringan yang curam.

Selain peralatan-peralatan di atas ada juga peralatan lainnya seperti karabiner, tali, dll. Hmmm….Banyak sekali ya peralatannya! Repot dong mau naik gunung! Tenang… Kalian tidak harus membawa semua peralatan-peralatan tersebut.

Foto by Nugrohos files

Sekali lagi, pertimbangkan berbagai faktor saat hendak mendaki gunung. Peralatan seperti gaiterdeckertrekking pole, dan topi misalnya lebih bersifat optional. Namun peralatan-peralatan seperti tenda, jaket, kupluk, sepatu/sandal, headlamp/senter, peralatan masak dan makan, tas/ransel misalnya, merupakan peralatan yang sangat penting untuk dibawa saat mendaki gunung.

Ok gaes, semoga dengan ada nya artikel ini bisa sedikit membantu kalian mempersiapkan peralatan sebelum mendaki gunung.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close