Alam & Taman

Merasakan Damainya Suasana Dari Atas Bukit Persaudaraan Mau Hau, Sumba Timur

Panorama Kota Waingapu dan sekitarnya ditemani oleh eloknya Sungai Kambaniru

Waingapu, Sumba Timur memiliki sejumlah objek wisata yang sangat berpotensial. Mulai dari Pantai Walakiri yang artistik, Bukit Wairinding yang eksotik hingga Bukit Persaudaraan Mau Hau yang terbilang cukup unik dari segi pemandangannya. Dengan lokasi yang cukup dekat dengan pusat Kota Waingapu, bukit ini sudah menjadi destinasi yang wajib disinggahi oleh para wisatawan yang hendak mengeskplorasi keindahan alam Sumba Timur.

Bukit Persaudaraan Mau Hau, menyajikan bentangan panorama perbukitan dan persawahan penduduk yang menghampar luas dan indah. Dari puncak bukit, pengunjung juga dapat melihat panorama Kota Waingapu dan sekitarnya ditemani oleh eloknya Sungai Kambaniru dilihat dari ketinggian. Hamparan padang rumput hijau dan asri yang mewarnai kondisi alam Sumba Timur menandakan wilayah ini sebagai daerah peternakan yang potensial.

Belasan hingga puluhan ekor Sapi Ongole, kerbau, kambing, ataupun Kuda Sandel juga merupakan investasi ekonomi dan budaya warga Sumba. Gak ada fasilitas penunjang apapun di sekitar bukit ini, maka dari itu sebaiknya kalian membawa bekal minuman dan makanan ringan untuk disantap sambil menikmati lanskap indah dan semilir angin dari atas bukit.

Keindahan matahari terbenam juga sangat pas untuk dinikmati dari atas bukit ini. Waktu yang tepat untuk mengunjungi bukit ini adalah di pagi hari ketika matahari masih belum terlalu terik dan ketika sore hari sambil menunggu matahari terbenam.

Mengenai akses menuju kesana, gak jauh dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda (dulunya bernama Bandara Mau Hau) Waingapu yaitu sekitar 3 km. Dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dari pusat Kota Waingapu, sebelum memasuki Kampung Mau Liru kalian akan melewati jembatan Kambaniru terlebih dahulu dan persimpangan menuju ke arah bandara.

Persimpangan

Dari pertigaan tersebut, arahkan kendaraan untuk lurus melewati bandara lalu belokkan ke kanan. Gak jauh dari bandara, di kanan jalan terdapat sebuah gereja dengan jalan kecil di sebelahnya. Arahkan kendaraan kalian memasuki jalan kecil tersebut dan lurus saja ikuti jalan sampai menemukan perkampungan di atas bukit.

Kondisi jalannya cukup bagus, hanya terdapat beberapa titik saja yang berbatu namun gak terlalu menghambat perjalanan. Sekitar 5 menit berkendara, kalian akan memasuki perkampungan yang cukup sepi dan gak jauh dari situ ada sebuah bangunan sekolah SD dengan lapangan yang luas.

Jalan Menuju Ke Bukti

Gak ada penunjuk jalan yang pasti untuk menuju spot utama bukit ini sehingga kalian harus sesekali bertanya kepada penduduk lokal setempat petunjuk berikutnya untuk menuju ke Bukit Persaudaraan Mau Hau. Untuk parkir kendaraan, kalian dapat memarkir di lapangan ataupun pinggiran jalan, kemudian dapat berjalan kaki berkeliling di sekitar area bukit untuk mendapatkan view yang cantik.

Nah, buat kalian yang mau menikmati kedamaian di Bukit Persaudaraan, yuk mampir ke Sumba Timur.

Referensi artikel dan foto by Indonesia Kaya
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *