Air Terjun

Air Terjun Lapopu, Air terjun tertinggi yang ada di Sumba

Air Terjun Lapopu adalah sebuah air terjun indah yang berada di kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) di Pulau Sumba. Karena berada dikawasan Taman Nasional maka air terjun ini terjaga dengan baik keindahnya dan keasrianya.

Air Terjun Lampopu

Air Terjun Lapopu sendiri diklaim sebagai air terjun tertinggi yang ada di Pulau Sumba. Memang jika dilihat dari letaknya dan bentuknya, air terjun ini cukup tinggi dibanding air terjun lainya yang pernah saya lihat di Sumba. Ketinggian Air Terjun Lapopu diperkirakan mencapai 90 meter. Bentuk air terjun ini berundak-undak seperti anak tangga mungkin itulah mengapa air terjun ini diberi nama Air Terjun Lapopu.

Sulitnya medan membuat bus beberapa kali berhenti bahkan terhalang pohon tumbang

Oh ya secara administratif Air Terjun Lapopu berada di Desa Hatikuloku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai Air Terjun Lapopu dibutuhkan waktu dan perjalanan yang cukup jauh melewati pesawahan dan perbukitan namun pemandanganya sangat indah. Dari kota Waikabubak yakni ibu kota Kabupaten Sumba Barat kita akan menuju arah ketimur hingga menjumpai papan informasi yang dipasang oleh pihak Balai Taman Nasional MataLawa sebagai penunjuk arah.

Melintasi sungai untuk menuju air terjun lampopu

Setibanya didesa terakhir yakni desa Hatikuloku, kita bisa tanya kepada warga setempat lokasi air terjun ini. Dari gerbang kawasan Taman Nasional dibutuhkan sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan melintasi hutan belantara dengan jalan menajak dan menurun. Untuk tiket masuk ke Air Terjun ini adalah Rp 7.500 per pengunjung dan biaya parkir kendaraan Mobil Rp 10.000 dan motor 500.000 saja.

Dari lokasi parkiran kita akan disambut guide yang akan mengantar kita ke lokasi air terjun. Sebenarnya tidak perlu guide karena jalanya sudah cukup bagus namun sebagai wisatawan yang baik maka kita bantu menghidupi perekonomian warga lokal dengan menyewa guide dan membayar seikhlasnya. Butuh sekitar 15 menit perjalanan menuju air terjun cantik ini dari lokasi parkiran. Kita akan melewati pinggir sungai yang beraliran jernih namun cukup deras dan melintasi sebuah jembatan bambu yang cukup panjang melintasi sebrang sungai.

Penampkan air terjun

Setibanya di area air terjun maka kita bisa melihat langsung betapa indahnya dan tingginya Air Terjun Lapopu. Tepat disebrang kita, Air Terjun Lapopu mengalir deras berundak-undak membuatny aterlihat semakin cantik. Aliran Air Terjun Lapopu mengalir ke arah sungai yang berada tepat dibawahnya. Oh ya hati-hati buat kalian yang ingin berenang karena aliran sungainya cukup deras.

Usahakan datang kesini pagi atau siang hari sebab jika sudah sore aliran air akan semakin deras dan sungai juga meluap sehingga kurang aman. Untuk makanan memang belum ada yang berjualan disini hanya ada penjual kelapa muda saja jadi jangan lupa bawa bekal juga.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *