GunungLiputan Trip

Pendakian Perdana Gunung Merapi – Magelang

Siapa yang tidak mengenal Gunung Merapi ? Gunung yang memiliki ketinggian 2.930 mdpl ini berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta memang sangat terkenal di Indonesia. Jalur pendakian gunung ini sendiripun terdapat tiga yakni jalur via Selo, jalur via Babadan dan jalur Kineharjo.

New Image1

Pada tanggal 29 – 30 Juli 2016, komunitas dari Backpacker Jakarta atau yang lebih akrab disebut BPJ ini berkesempatan untuk melakukan pendakian perdana nya ke Gunung Merapi via jalur Selo dengan biaya sharecost sebesar Rp 330.000,- / orang. Pendakian ini di gawangi oleh Inu, Wina dan Aga sebagai CP dengan titik start meeting point di Sekretariat Backpacker Jakarta yang beralamat di Jalan Mayjen Sutoyo Kav 48 No 48,Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

New Image2Para CP : Inu, Wina dan Aga

Pendakian perdana ke Gunung Merapi ini diputuskan menggunakan jalur via Selo yang tepatnya berada di dusun Plalangan, lencoh, Jawa Tengah dengan total peserta 35 orang termasuk para CP. Sekitar jam 15.30 semua peserta sudah tiba di Wisata Menara Pandang New Selo yang merupakan titik start pendakian dan sekitar jam 16.00 pendakian pun dimulai setelah di tutup dengan breafing dan doa. Berikut adalah perkiraan waktu pendakian sampai dengan Pasar Bubrah sebagai tempat area camp.

  1. New Selo – Pos I memakan waktu kurang lebih 1 sampai 1 setengah jam dengan jalur yang terus menanjak dan melewati batang pohon yang jatuh sehingga mengharuskan peserta untuk menunduk dan merangkak.
  2. Pos I – Pos II menghabiskan waktu kurang lebih 1 setengah jam dengan jalur yang lebih berat dari sebelum nya karena harus melewati bebatuan yang besar besar serta kecil sehingga diperlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi agar tidak mudah terjatuh.
  3. Pos II – Pasar Bubrah ( area camp ) memerlukan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengan jalur yang sudah tidak terlihat lagi pepohonan besar sepanjang jalan tetapi ditemani dengan angin kencang dan dingin yang menusuk tulang.
  4. Pasar Bubrah – Puncak dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk summit yang di mulai dari jam 04.00 pagi dengan trek tanjakan dengan jalur yang didominasi dengan bebatuan besar dan kecil sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk melangkah menggapai puncak merapi dan sekitar jam 7 pagi rombongan terakhirpun tiba dipuncak.

New Image3

New Image4

Meskipun begitu, hal ini tidaklah mengurangi kebahagiaan dan rasa syukur para peserta dan CP yang telah berhasil sampai di puncak. Semua kelelahan dan segala usaha pun terbayarkan karena Merapi tidak pernah ingkar janji.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *