Pantai

Berburu Senja di Pantai Mbawana, Sumba

Ada yang menyebutnya Pantai Bwanna ada juga yang menyebutnya Pantai Mbawana, yang pasti Pantai ini masuk nominasi Anugerah Indonesia II 2017 sebagai Tujuan Wisata Baru Terpopuler. Pantai Mbawana biasa juga disebut Pantai Batu Bolong  terletak di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 59 kilometer dari Bandar Udara Tambolaka dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 22 menit.

Air laut yang biru dan pasir putih siap menyambut pengunjung. Foto : www.jalan2.com

Apa sih yang menjadikan Pantai Mbawana begitu istimewa? Bahkan Majalah Traveling Swedia, RES, terbitan September 2017 menyatakan bahwa ada 3 hal yang harus dilakukan apabila Anda ke Sumba salah satunya adalah menjelajahi Pantai Mbawana!

Panorama Pantai Mbawana. Foto : IG @sari8201

Akses menuju Pantai Mbawana memang tergolong agak kurang mudah, medan yang meliuk-liuk dan off road. Setelah sampai di lokasi, pengunjung diharuskan menuruni sekitar 300 anak tangga yang lumayan curam, dan ketika sampai di Pantai Mbawana hamparan pasir putih, laut biru  dan deburan ombak akan menyambut Anda.

Sunset di balik tebing yang berbentuk U. Foto : www.jalan2.com

Keunikan dari Pantai Mbawana ini ada pada tebing batung karang yang menjorok ke pantai, membentuk dinding dengan lubang besar di tengahnya, karang bolong ini mempercantik Pantai Mbawana, pengunjung bisa melewati lubang tersebut, sambil berfoto/selfie dan mengeksplorasi keindahan pantai ini.

Bagi para pemburu senja, ini adalah salah spot terindah di Indonesia, pemandangan luar biasa, siluet yang unik menyatu dalam keanggunan mentari yang perlahan kembali ke peraduannya. Senja yang berwarna jingga dan memantul di permukaan air akan menghasilkan siluet tebing bolong indah. Panorama alam yang pastinya mampu menyihir mata dan hati pengunjung.

Suatu spot yang begitu instagrammable. Foto : IG @karinapratiwi22

Untuk para traveler yang menyukai surfing, pantai Mbawan merupakan pilihan yang tepat, deburan ombak di sini cukup besar, cocok buat para peselancar. Jadi, berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini, baik berenang, berselancar atau bersantai menanti datangnya senja.

Referensi :

  1. www.traveltodayindonesia.com
  2. www.lifestyle.okezone.com

Author : Maria Ulfah @backpackerjakarta_32

Tags
Show More

Maria Ulfah

I am an ordinary person, try my best with perseverance and persistence to make me extraordinary one.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *