Danau & Sungai

Danau Weekuri, Laguna Sebening Kaca Yang Terselip Di Sumba Barat

Foto by Commonswikimedia

Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Danau Weekuri mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan belakangan ini karena memiliki karang raksasa yang berdiri kokoh mirip dermaga di tepi pantai.

Danau Weekuri bisa dikatakan masuk dalam katergori danau air asin.

Kenapa asin?

Karena sebenarnya danau ini adalah sebuah laguna yang terbentuk dari air lautan lepas yang berada di kisaran danau. Air tersebut masuk dari celah-celah bebatuan yang berada di gugusan karang sekitaran danau.

Foto by 01island

Danau Weekuri sendiri memiliki air yang sangatlah jernih bagaikan kaca dengan kedalaman air yang gak terlalu dalam, sehingga sangat cocok untuk sekedar bermain air dan berenang. Tersembunyi di balik pepohonan rimbun dan semak belukar serta jauh dari keramaian kota, suasana di sekitar danau masih sangatlah asri dan sejuk.

Foto by Otakbuntu

Oh iya, danau ini gak terlalu luas, kira-kira hampir seluas lapangan sepakbola. Bukan hanya menikmati airnya, kalian juga bisa naik ke atas bukit karang yang mengelilingi danau ini untuk melihat lautan luas dan padang rumput hijau. Nah, untuk naik keatas diperlukan kehati-hatian extra, karena kalian akan meniti bebatuan karang yang lancip dan tajam.

Amazingkan?

Berbicara mengenai kapan waktu yang tepat untuk kesana, jam 16.00 adalah waktu yang pas! Pada sore hari matahari mulai condong ke barat sehingga langitnya yang biru akan memantulkan cahaya ke danau, selain itu juga kalian dapat menyaksikan matahari terbenam dari atas puncak bukit karang ini.

foto : @inessumbayak

Mengenai fasilitas, gak ada fasilitas penunjang apapun di kawasan danau seperti warung makan, toilet atau bahkan penginapan. Disarankan berbekal makanan dan minuman ringan sebelumnya, sehingga dapat disantap sambil menikmati keindahan Danau Weekuri.

Gimana soal transportasinya?

Berjarak sekitar 60 km dari Tambolaka ( 2 jam perjalanan ) yang merupakan ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, akses untuk menuju lokasi ini masih terbilang cukup sulit karena belum terdapatnya transportasi umum dan lokasinya yang berada jauh dari perkotaan.

Kalian harus sering-sering bertanya dengan penduduk setempat mengenai keberadaan lokasi danau ini karena gak ada petunjuk. Dan untuk  kondisi jalannya bervariatif, beberapa titik sudah beraspal halus namun ada beberapa titik juga yang masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan tanah.

foto : jalanjalancihuiii

Untuk patokannya adalah ketika kalian melihat resort milik warga negara Perancis yang mengelola Pantai Mandorak, salah satu pantai di wilayah Kodi. Gak jauh dari situ, kalian akan memasuki kawasan Danau Weekuri yang ditandai dengan adanya pos penjaga. Ada beberapa penduduk lokal setempat yang menjaga pos tersebut dan kalian hanya perlu membayar tiket masuk seikhlasnya saja untuk menikmati danau indah ini. Selanjutnya dari pos jaga tersebut, kalian masih harus berjalan sekitar 20 meter untuk menuju lokasi danau.

Tunggu apalagi gaes? Jika kalian berkunjung ke Sumba Barat, jangan lupa untuk mampir kesini yaa…

Referensi by https://www.indonesiakaya.com
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close