Uncategorized

Khas Banget, Ini 7 Kuliner Magelang yang Bisa Jadi Oleh-Oleh

Sejuknya kota Magelang menyambut wisatawan yang datang sejak pagi hari. Kota Magelang menawarkan sejumlah destinasi wisata budaya dan panorama indah untuk wisata alam. Pengalaman berkesan berlibur di Magelang tentu ingin Anda bagikan kepada orang-orang terdekat, bukan? Terlebih, liburan juga terasa lebih hemat karena menggunakan cashback ShopBack untuk keperluan akomodasi. Agar suasana lebih akrab, bagikan suka cita Anda kepada teman dan kerabat sambil membawakan oleh-oleh khas Magelang, seperti 7 kuliner berikut ini.

1. Gethuk Trio

Inilah gethuk yang menjadi ikon kota Magelang. Gethuk Trio telah sukses memopulerkan gethuk, camilan yang terbuat dari singkong yang dihaluskan, menjadi oleh-oleh favorit dari Magelang. Gethuk ini khas dikenali dengan tiga macam warna gethuk mini yang dijajarkan menjadi satu, lalu dikemas dalam bungkus plastik tipis bertuliskan Gethuk Trio. Berbeda dari umumnya gethuk, permukaan Gethuk Trio terlihat licin mengilat dan menggoda siapa pun untuk segera memasukkannya ke dalam mulut. Seketika, perpaduan rasa gurih dan manis dari Gethuk Trio akan segera memanjakan indera pengecap Anda.

Gethuk Trio, via Instagram/endah.jeki

2. Wajik Ny. Week

Sebagaimana Gethuk Trio, wajik yang satu ini juga hanya bisa ditemukan di Magelang. Penganan dari beras ketan yang dikukus bersama santan ini terasa istimewa di bawah resep racikan Ny. Week dan penerusnya. Komposisi Wajik Ny. Week begitu pas sehingga wajik terasa legit, lembut, gurih, dan tidak terlalu manis. Selamat tinggal wajik yang keras, kering, atau terlalu manis. Liburan ke Magelang terasa kurang lengkap tanpa membeli Wajik Ny. Week sebagai oleh-oleh.

3. Gethuk Goreng

Ternyata, gethuk juga bisa disajikan dengan cara digoreng! Kota Magelang menawarkan sensasi baru makan gethuk ini kepada siapa pun yang mencari kuliner khas kota Magelang. Dengan digoreng, gethuk menjadi lebih tahan lama dan cocok dipilih sebagai oleh-oleh. Meski digoreng, gethuk goreng tidak lantas menjadi keras dan alot. Rasakan sensasi rasa manis dari gula merah yang dicampurkan pada gethuk goreng. Karamelisasi yang terjadi pada permukaan gethuk goreng menjadikan gethuk goreng memiliki tekstur ‘kres’ ketika digigit, tetapi tetap lembut di dalam.

4. Keripik Slondok

Jika Anda penggemar keripik, cobalah keripik Slondok yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Magelang. Slondok juga merupakan olahan lebih lanjut dari gethuk yang unik, hanya ditemukan di kota Magelang yang terkenal dengan Candi Borobudurnya. Baca juga review lengkap Candi Borobudur di halaman ini.

Jika gethuk menyajikan cita rasa manis dan gurih, slondok lebih menonjolkan cita rasa bawang nan gurih. Untuk membuat slondok, singkong yang telah diolah seperti gethuk lantas dihaluskan dan dihamparkan di wadah yang rata. Singkong dipotong atau dibentuk sesuai wujud slondok yang diinginkan. Selanjutnya, slondok dijemur hingga kering. Setelah kering, slondok dibumbui sesuai selera, lalu digoreng sampai matang.

5. Krasikan

Jika baru pertama kali mengunjungi Magelang, Anda mungkin merasa heran dengan kuliner yang satu ini. Wujudnya empuk seperti jenang atau dodol, tetapi visualisasi dan rasanya lain sama sekali. Krasikan memiliki tekstur berpasir dan rasa yang tidak semanis jenang. Tekstur berpasir di dalam krasikan diperoleh dengan mencampurkan beras ketan yang ditumbuk setengah halus.

Harga krasikan biasanya relatif lebih tinggi dibandingkan harga jenang ataupun dodol. Hal ini bisa dimaklumi karena krasikan memiliki komposisi yang lebih kompleks, ditambah dengan cara pembuatan yang masih tradisional tetapi tetap dengan memperhatikan standar kebersihan. Harga yang sepadan untuk membayar kompleksitas dan kekhasan kuliner tradisional Magelang ini.

6. Gethuk Bolen

Alih-alih gethuk, ketika melihat gethuk bolen, pikiran akan langsung terasosiasi pada kue bolen yang biasanya berisi pisang. Kuliner ini disebut gethuk bolen lantaran isian bolen terbuat dari singkong atau ubi yang dihaluskan, mirip seperti bahan pembentuk gethuk. Gethuk bolen seakan ingin menggabungkan cita rasa modern dengan cita rasa tradisional. Sensasi menggigit kulit bolen yang berlapis-lapis, dipertemukan dengan sensasi lembut ‘gethuk’ di dalam bolen.

Gethuk bollen, via Instagram/aratnarahma

7. Gethuk Gondok Pasar Rejowinangun

Tidak salah rasanya jika Magelang dijuluki sebagai Kota Gethuk. Warga Magelang seakan tidak kehabisan ide untuk mengolah singkong menjadi gethuk, berikut berbagai variannya. Selain Gethuk Trio, gethuk goreng, dan gethuk bolen, jajanan gethuk seperti yang biasanya ditemukan di kota lain juga mudah ditemukan di kota Magelang. Namun, cobalah untuk sejenak mampir ke Pasar Rejowinangun yang berada di tengah kota Magelang. Selanjutnya, temukanlah penjual Gethuk Gondok yang mangkal di pasar ini.

Meski cita rasa gethuk ini serupa dengan umumnya gethuk, visualisasi Gethuk Gondok bisa jadi sangat menarik. Kawula muda yang biasanya tidak tertarik mencicipi gethuk pun dapat tergiur dengan beraneka ragam corak dan bentuk Gethuk Gondok. Gethuk Gondok memadukan cita rasa tradisional dengan kreativitas rupa sehingga generasi muda merasa tertarik dan dapat menikmati penganan tradisional ini, semirip mungkin dengan bentuk dan cita rasa aslinya.

***

Itulah 7 kuliner yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Magelang. Sudah memutuskan untuk beli yang mana? Perjalanan akan menjadi lebih bermakna dengan semangat untuk berbagi. Adapun, liburan selalu jadi lebih hemat dengan memanfaatkan cashback ShopBack.

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *