KulinerUncategorized

Mie Ongklok, Kuliner Lezat di Wonosobo

Berlibur ke suatu obyek wisata, tak lengkap rasanya jika belum mencoba mencicipi hidangan kuliner khas daerah tersebut. Mie Ongklok  Wonosobo, sebuah menu  sedap jika kalian pernah berkunjung ke Dieng, Kuliner yang satu ini wajib banget dicoba.

mie ongklok dipadu dengan sare daging sapi
mie ongklok dipadu dengan sate daging sapi

Namanya Mie Ongklok. Unik sekali bukan?!

Lalu, seperti apa sih Kuliner yang satu ini?? Mie Ongklok adalah Mie kuning biasa yang direbus kemudian dibumbui dengan cita rasa khas daerah Wonosobo. Seperti namanya Ongklok, mie ini dikocok atau dibolak-balikkan dalam sebuah saringan. Dan uniknya, si alat Ongklok atau saringan berbentuk keranjang kecil anyaman dari bambu inilah yang menjadi daya tarik mie ini semakin melegenda diluar citarasanya yang benar-benar maknyuss.

ongklok yang digunakan untuk menyaring mie
ongklok yang digunakan untuk menyaring mie

Sajian mie ongklok biasanya berupa mie kuning, kubis dan kucai yang kemudian disiram dengan kuah kaldu berwarna coklat kental yang sudah dibumbui sedap.  Kuah kental tersebutlah yang menjadikan kenikmatan mie terasa berbeda dengan mie-mie rebus biasanya. Kuah yang lezat tersebut dibuat dari campuran saripati singkong/kanji dengan ebi/udang yang dipadu dengan gula merah yang menjadikan kuah berwarna coklat. Setelah itu, ditaburi dengan bawang goreng yang semakin menambah aroma yang dahsyat.

Biasanya mie ongklok disajikan dengan sate sapi yang empuk dan yummy. Nahh, jika kalian ke dieng plateu atau sedang melipir di daerah wonosobo, kuliner satu ini wajib sekali dicoba. Karena selain rasanya yang nikmat , mie ongklok juga mudah ditemui di warung-warung sekitaran jalan wonosobo. Dijamin, citarasanya yang “endesss” akan membuat kita rindu kembali ke kota yang satu ini. Selamat Menikmati !!!

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *