Home / Blog / City Tour & Landmark / Candi Borobudur, Warisan Budaya Indonesia

Candi Borobudur, Warisan Budaya Indonesia

Candi Borobudur adalah candi kebanggaan bangsa kita yang namanya sudah Termahsyur hingga ke pelosok dunia. Karena pernah menjadi satu diantara 7 keajaiban dunia yang harus dijaga dan dilestarikan nilai kebudayaanya.  Pesona Candi yang selalu menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

memakai kain sarung motif borobudur
memakai kain sarung motif borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi yang berlokasi di Borobudur, kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Arsitektur Candi bercorak budha ini memiliki ukiran 2.672 relief pahatan batu serta memiliki 504 arca Budha. Pada bangunan teratas terdapat stupa besar yang terlihat megah sebagai stupa utama yang dikelilingi dengan stupa berukuran lebih kecil yang melingkar dan tersusun rapi. Strukturnya terlihat sangat menakjubkan.

arsitektur candi borobudur
arsitektur candi borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia yang sudah diakui langsung oleh UNESCO. Pada beberapa stupa didalamnya terdapat arca-arca yang memiliki nilai historical tinggi. Setiap ukiran relief dan arca-arca yang ada  dipercaya memiliki kisah perjalanan hidup manusia yang kompleks. Candi yang gagah tersebut sempat mengalami beberapa pemugaran, sebab Borobudur merupakan tempat pusat keagamaan dan ziarah agama budha.

tangga menuju stupa utama terbesar
tangga menuju stupa utama terbesar

Dari atas pelataran candi jika kita melihat pemandangan alam sekitar, kita akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa memukau dan menakjubkan mata. Deretan perbukitan menorah, gunung Sumbing Sindoro, Gunung Merapi dan Merbabu yang tampak gagah seakan menjadi benteng yang mengelilingi Candi Borobudur.

salah satu arca di borobudur
salah satu arca di borobudur

Di kompleks candi Borobudur sering digunakan sebagai upacara pada hari waisak dengan penerbangan seribu lampion yang sangat cantik. Selain itu berbagai pagelaran seni budaya sering diadakan di sekitar pelataran candi. Menariknya lagi, di candi Borobudur kita dapat menikmati spot sunrise dan sunset yang menyelinap diantara stupa.

pemandangan luas dari atas candi
pemandangan luas dari atas candi

Tiket masuk wisata yang dibuka dari pukul 06.00-17.00 ini dikenai Rp.30.000 untuk orang dewasa, Rp.12.500,- untuk anak-anak dan 20 USD untuk mancanegara. Dan ketika memasuki tangga masuk kita akan disiapkan untuk memakai kain sarung batik motif borobudur sebagai tanda menghormati masuk tempat ibadah dan agama  serta pelestarian batik. Mari kita jaga warisan budaya termegah bangsa kita ini. Warisan budaya yang memiliki nilai filososfi sejarah yang tinggi serta mahakarya pahatan batu yang benar-benar membuat mata terpana.

 

Sumber:Wikipedia

About Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Berburu Barang Antik di Jakarta, Ini Tempatnya

Suka dengan barang-barang antik dan bingung mau mencarinya dimana, jangan khawatir karena di Jakarta sendiri …