Alam & Taman

Menikmati ketinggian di Ketep Pass Magelang

Ketep  Pass adalah sebuah wisata yang berlokasi di Magelang.  Merupakan wahana wisata alam yang diperuntukkan untuk  situs pergunungapian. Letaknya di ketep, desa sawangan,Magelang, Jawa Tengah, diatas sebuah bukit yang diapit antara gunung merapi dengan gunung merbabu.

ketep pass magelang

Akses menuju ketep pass tergolong mudah, walaupun wisata ini berada pada ketinggian sekitar 1200 dpl, namun berbagai jenis moda transportasi bisa menjangkaunya. Karena lokasi dipertengahan merbabu-merapi, ketep pass bisa ditempuh melalui kota boyolali, kota salatiga, dan magelang sekitar 30km. Sepanjang perjalanan kita akan melewati medan jalan yang menanjak dengan sudut kemiringan diatas 45 derajat. Pemandangan ladang hasil bercocok tanam warga akan membuat kita terkagum, udara fresh dan hawa dingin selama di perjalanan akan menyambut kita.

ketep pass magelang 3

Harga tiket masuk adalah Rp7.500/orang, parkir motor Rp. 2000,- Mobil Rp. 5000,-, dan bus besar Rp.12.000,-. Ketika baru memasuki area ini, kita bisa berfoto ria dispot yang bertuliskan “KETEP PASS”. Sedikit melipir lagi keatas, jika cuaca cerah kita akan melihat gagahnya gunung Merapi, Merbabu,Slamet, Sindoro dan Sumbing dari pelataran Pancaarga. Di ketep pass tersedia 2 teropong, sehingga kita  bisa melihat gunung merapi secara dekat dan jelas.

ketep pass magelang 2

Pemandangan kaki gunung hamparan lahan pertanian bisa kita saksikan dari gardu pandang. Selain itu di tempat ini menghadirkan museum vulkanologi yang berisi miniatur lengkap dengan dokumentsi foto-foto letusan gunung merapi. Tak kalah menariknya, disini terdapat sebuah bioskop mini memuat sekitar 50an orang yang memutar film durasi pendek peristiwa letusan dahsyat dan segala aktivitas, pendakian dan penelitian gunung merapi.

Ketep pass bagaikan surga diatas kahyangan, selain nuansanya alami juga pemandangan gugusan gunung-gunung yang menjulang gagah menakjubkan sekali.

Tentu ketep pass ini cocok sekali untuk menghabiskan liburan dengan paket lengkap diluar rekreasi, ditempat ini bisa dijadikan sarana edukasi dan penelitian tentang gunung api.

Tags
Show More

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *