Seni & Budaya

Ngawen, Wisata Candi di Magelang

Kota Magelang tidak hanya memiliki Candi Borobudur, yang sungguh merupakan candi termahsyur di seantero jagad. Namun kota ini memiliki beragam bangunan bercorak Hindu dan Budha peninggalan sejarah masa lampau. Ngawen adalah sebuah nama candi yang berlokasi di Desa Gunung Pring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi yang bercorak Budha.

ngawen magelang 4

Candi Ngawen memang belum begitu dikenal oleh masyarakat umum,layaknya candi-candi yang lain. Meskipun ditinjau dari segi lokasi tidak begitu jauh dari situs candi Mendut.. Untuk menuju ke candi ngawen bisa ditempuh dari kota jogja menuju kota muntilan, tidak jauh dari pasar muntilan terdapat jalan Pemuda atau warga biasa menyebutnya dengan perempatan Tugu Wesi, tinggal lurus kearah selatan mengikuti plang rute yang sudah dipasang dipinggir jalan.

ngawen magelang 3

Candi ngawen memiliki stupa dan undak-undak yang jika sekilas dipandang mirip dengan candi Mendut. Candi ini terdiri dari 5 bangunan, terdiri atas 3 candi api atau pendampingt dan 2 candi induk/ candi utama. Candi ngawen sendiri berdiri diatas lahan yang masih minimalis, tampak batu-batuan bertumpuk bekas galian tersimpan dari dalam tanah dan belum tersusun akan semakin membuat kita penasaran untuk mengenal lebih dekat situs candi ini.

ngawen magelang 2

Candi ngawen berada diantara area persawahan yang hijau dan subur dengan suasana khas pedesaan kota magelang yang masih asri dan alami. Didalam candi juga tersedia tempat duduk yang rapi serta taman bunga yang sudah ditata sedemikian cantik oleh pengelola sehingga akan selalu membuat betah pengunjungnya.

ngawen magelang

Mari berwisata ke candi ngawen, wisata yang tidak sekedar menikmati pemandangan dan udara yang sejuk tetapi juga wisata sambil belajar sejarah, mengenal dan menjaga peninggalan budaya nenek moyang kita.

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close