PantaiPulau

Mau Backpackeran Ke Belitung, Jangan Lupa Kunjungi 7 Destinasi ini

Belitung, atau Belitong bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut, dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif (wikipedia).

Sebagai salah satu pulau untuk tujuan wisata, Belitung masih terus menggali potensi wisata baik wisata alam maupun budaya dan tak kalah pentingnya wisata Kulinernya. Kepopuleran Film Laskar Pelangi menjadi momentum awal untuk memperkenalkan wisata yang ada di Belitung. Nah berikut ini saya coba rangkum 7 destinasi wisata yang cukup populer di belitung.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Salah satu pantai kebanggaan Kabupaten Belitung yaitu Pantai Tanjung Tinggi yang terletak 30 Km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Pantai ini pernah dijadikan tempat syuting film terkenal yaitu Laskar Pelangi. Pesona kecantikannya serta hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan serta hamparan bebatuan yang berada di sekitar pantai menjadi daya tarik dari pantai ini.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, selain Pantai Tanjung Tinggi. Di sana terdapat hamparan pasir putih dan bebatuan granit besar ditambah pemandangannya ssangat memanjakan mata bagi siapapun yang mengunjunginya.

3. Pulau Lengkuas

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Belitung tak melihat langsung icon wisatanya. Yap namanya adalah Pulau Lengkuas yakni sebuah Pulau Indah yang memiliki ratusan bebatuan granit dan memiliki mercusuar ditengah pulau. Memang salah satu daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Selengkapnya : Pulau Lengkuas, Salah satu Pulau Terindah di Belitung

4. Danau Kaolin

Danau Kaolin Belitung

Wisata di Bangka Belitung kebanyakan adalah pantai-pantai indah dengan batuan besar, seperti yang kita lihat di film Laskar Pelangi. Ternyata selain wisata pantai memukau, Bangka Belitung juga memiliki sebuah tempat wisata yang tak kalah indahnya. Kawasan wisata ini mirip dengan Kawah Putih yang ada di daerah Ciwidey, Jawa Barat. Namanya adalah Danau Kaolin.

5. Pantai Batu berlayar

Pulau Batu Berlayar adalah sebuah pulau yang ada di Belitung Provinsi Bangka Beliung. Pulau Batu Berlayar memiliki ciri tersendiri yakni adanya bebatuan granit yang ukuranya sangat besar-besar dan bisa dijumpai hampir disepanjang pulaunya. Nah salah satu batu yang berukuran sangat besar menjadi icon Pulau Batu Berlayar. Batu bersebut memang mirip seperti sebuah Perahu yang sedang berlayar, itulah mengapa pulau ini dinamkan Pulau Batu Berlayar.

Selengkapnya : Melihat Bebatuan Raksasa di Pulau Batu Berlayar

6. Museum Kata Andrea Hirata

Sumber : museumkataandreahirata

Pulau Belitung tidak hanya menawarkan destinasi wisata laut saja, melainkan ada pula wisata lain yang berada di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur dan telah menarik perhatian para wisatawan yaitu Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini merupakan museum sastra pertama di Indonesia yang didirikan oleh Andrea Hirata pada tahun 2012 yang merupakan penulis dari novel laskar Pelangi pada tahun 2010.

Selengkapnya : Museum Kata Andrea Hirata – Belitung Timur

7. Balancing Rocks Belitung

Bagi yang menyukai wisata yang tak biasa, bisa jadi Balancing Rocks bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang tepat buat kalian kunjungi. Balancing Rocks yang berlokasi di Belitung ini adalah sebuah wisata yang masih belum populer seperti wisata di Belitung lainya. Keberadaanya yang tergolong masih jarang diekspose media dan juga jarang dikunjungi wisatawan membuat objek wisata Balancing Rocks Belitung hanya bisa dikunjungi oleh mereka yang menyukai petualangan atau bagi mereka yang mencari wisata-wisata anti mainstream.

Balancing Rocks Belitung adalah sebuah wisata yang menyuguhkan pemandangan bebatuan raksasa diatas perbukitan. Diatas bebatuan inilah ada sebuah batu besar yang posisinya miring dipinggir tebing jurang. Uniknya batu besar yang miring tersebut tidak terjatuh kebawah, rupanya ada sebuah batu kecil yang menahan batu besar ini tidak jatuh ke bawah. Kemiringanya inilah yang membuat kawasan ini diberi nama Balancing Rock atau Batu Seimbang.

Selengkapnya : Uniknya Batu Balancing Rocks Belitung, Wisata Petualangan yang ada di Belitung

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *