Pulau

Pulau Lengkuas, Salah satu Pulau Terindah di Belitung

Wisata Andalan Icon Utama Belitung

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Belitung tak melihat langsung icon wisatanya. Yap namanya adalah Pulau Lengkuas yakni sebuah Pulau Indah yang memiliki ratusan bebatuan granit dan memiliki mercusuar ditengah pulau. Memang salah satu daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Secara administratif Pulau Lengkuas ini berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung. Salah saatu yang menjadi daya tarik Keindahan panoramanya pulau Lengkuas yakni banyaknya batu granit yang unik bertebaran hampir disemua tempat dipulau Lengkuas. Aplagi saat kalian naik mercusuar yang ada dipulau ini, akan terlihat hamparan bebatuan granit dipinggir pantai.

Pulau Lengkuas juga memiliki pasir putih dan lembut, bahkan air laut disekitar pulau sangat jernih dan bersih. Dari atas kapalpun akan terlihat betapa jernihnya air laut disekitar pulau. Sesekali saat melintasi karang kita bisa melihat ikan-ikan yang berenang dan warna warni karang yang beraneka ragam. Kita juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving di sekitar pulau Lengkuas.

 

Ada banyak sekali spot-spot diving yang bagus, dan terdapat pula wreck indomarine yang akan membuat pecinta bawah laut semakin betah menimati keindahan bawah laut pulau lengkuas. Tapi ingat, jangan gunakan fin diperairan dangkal ya sebab akan merusak karangnya. Selain keindahan bawah lautnya, di pulau Lengkuas juga ada penangkaran penyu yang dikelola oleh penjaga pulau. Namun kita hanya bisa melihat aktivitas perawatan penyu dihari biasa saja sebab bila hari libur aktivitasnya biasanya ditutup.

Untuk menuju Pulau Lengkuas kita bisa menyewa perahu nelayan dari beberapa tempat, yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi. Waktu tempuh berperahu dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memakan waktu sekira 20 menit. Sementara itu, dibutuhkan waktu sekira 30-45 menit apabila menumpang perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi. Range harganya sendiri disesuaikan dengan jumlah penumpangnya. Biasanya 700-800.000 untuk 10 orang penumpang per kapal.

Sumber : Wikipedia

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *