Museum & Sejarah

Museum Kata Andrea Hirata – Belitung Timur

Pulau Belitung tidak hanya menawarkan destinasi wisata laut saja, melainkan ada pula wisata lain yang berada di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur dan telah menarik perhatian para wisatawan yaitu Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini merupakan museum sastra pertama di Indonesia yang didirikan oleh Andrea Hirata pada tahun 2012 yang merupakan penulis dari novel laskar Pelangi pada tahun 2010.

wisatabelitunghemat

Sumber : wisatabelitunghemat

Museum ini identik dengan design berwarna warni pada museum nya. Nah, disana kalian akan menemukan berbagai macam makna kata kata, dan salah satu nya adalah “karena bagi dia, mereka yang dapat menghargai kata-kata akan dihargai oleh kehidupan ini (those who can appreciate words, will be appreciated by life)”.  Andrea Hirata pun memiliki tujuan untuk menginspirasi generasi muda di Indonesia agar berani bermimpi sesuai semangat Laskar Pelangi.

Sumber : rendi26blogspot

Sumber : rendi26blogspot

museumkataandreahirata

Sumber : museumkataandreahirata

Didalam museum ini pun dibuat secara unik dan juga terdapat foto tokoh-tokoh pemeran yang ada di Film Laskar Pelangi, mulai dari sang Ayah, Lintang, Mahar dan beberapa cuplikan cerita, serta potongan cerpennya. Bukan hanya itu, didalam museum ini kalian akan melihat sebuah dapur yang berbentuk warung kopi dan biasa disebut sebagai Warkop Kupi Kuli. Di sana kalian dapat memesan kopi sambil bersantai selama berada di Museum.

majalahasri

Sumber : majalahasri

Untuk masuk ke museum ini kalian hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000,- / orang yang nantinya uang tersebut akan digunakan untuk perawatan museum itu sendiri. Dan untuk sampai kesana, jika dari Bandar Udara Hanandjoeddin hanya diperlukan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Oh iya, tema dari museum ini yaitu “Indonesia’s Most Inspiring Museum” yang akan kalian lihat di pintu masuk Museum Andrea Hirata ini lhoh dan jika kalian beruntung, kalian akan bertemu dengan penulis nya langsung gaes!
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *