Alam & Taman

Uniknya Batu Balancing Rocks Belitung, Wisata Petualangan yang ada di Belitung

Bagi yang menyukai wisata yang tak biasa, bisa jadi Balancing Rocks bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang tepat buat kalian kunjungi. Balancing Rocks yang berlokasi di Belitung ini adalah sebuah wisata yang masih belum populer seperti wisata di Belitung lainya. Keberadaanya yang tergolong masih jarang diekspose media dan juga jarang dikunjungi wisatawan membuat objek wisata Balancing Rocks Belitung hanya bisa dikunjungi oleh mereka yang menyukai petualangan atau bagi mereka yang mencari wisata-wisata anti mainstream.

foto : @gapabel

Balancing Rocks Belitung adalah sebuah wisata yang menyuguhkan pemandangan bebatuan raksasa diatas perbukitan. Diatas bebatuan inilah ada sebuah batu besar yang posisinya miring dipinggir tebing jurang. Uniknya batu besar yang miring tersebut tidak terjatuh kebawah, rupanya ada sebuah batu kecil yang menahan batu besar ini tidak jatuh ke bawah. Kemiringanya inilah yang membuat kawasan ini diberi nama Balancing Rock atau Batu Seimbang.

Lokasi Balancing Rocks Belitung sendiri berada 200 meter dari pinggir Jalan Ranati, Dusun Aik Gelarak, Desa Air Selumat, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Atau jika ditempuh dari pusat ibukota Tanjung Pandan jaraknya sekitar 14 km. Belum ada papan petunjuk resmi yang bisa mengarahkan kita menuju Balancing Rocks Belitung. Jadi kalian seraching saja Dusun Aik Gelarak. Saat tiba didusun kalian tanyakan saja kepada penduduk setempat lokasi Balancing Rocks Belitung berada.

Balancing Rocks Belitung atau biasa disebut Batu Banitan oleh warga setempat berada di atas kawasan bukit Batu Banitan dan berada disekitar ladang atau perkebunan warga. Jalan menuju Balancing Rocks Belitung juga masih hanya jalan setapak yakni berupa jalan tanah terjal dan cukup licin. Kita juga harus melewati semak belukar terlebih dahulu dan harus sedikit mendaki bebatuan yang curam untuk tiba di Balancing Rocks Belitung.

Pemandangan dari puncak Balancing Rocks Belitung sangat luar biasa. Hamparan hutan lebat dan jalanan raya yang berliku-liku akan terlihat dari atas Balancing Rocks Belitung. Karena Balancing Rocks Belitung masih belum dikelola pemerintah dan belum seramai objek wisata lainya di Belitung maka ditempat ini belum tersedia fasilitas umum seperti toilet dan warung.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close