Home / Liputan Trip / Liputan Trip Eksplore Karimunjawa Part 2 (Bagian ke-2)

Liputan Trip Eksplore Karimunjawa Part 2 (Bagian ke-2)

Buat kalian yang belum membaca cerita sebelumnya, bisa simak liputanya disini : Liputan Trip Eksplore Karimunjawa Part 2

Hari kedua di Krimunjawa membuat peserta semakin betah berada disana. Destinasi dihari kedua (Sabtu 12 Agustus 2017) dijadwalkan akan seharian berada dikawasan lautan sekitar Karimunjawa. Setelah sarapan bersama didekat pelabuhan, pukul 08.30 kita akhirnya bergegas menuju kapal yang sudah siap membawa kami eksplore Keindahan laut karimunjawa. Ada 3 buah kapal yang siap mengangkut kita dan disesuaikan kapasitasnya.

Cp Arlan – Penangkaran Hiu

Destinasi pertama yang akan kita kunjungi adalah Penangkaran Hiu yang sangat terkenal dimana-mana karna konon menjadi salah satu penangkaran hiu yg bisa diperuntukan buat umum di asia.

Cp Emye – Penangkaran Hiu

PENANGKARAN HIU & SNORKLING
==============================

Lokasi penangkaran hiu ini berada tak jauh dari pelabuhan Karimunjawa, hanya dibutuhkan sekitar 20 menit saja untuk tiba ditempat ini. Tiba dipenangaran hiu kita sudah melihat banyak pengunjung lainya yang datang ketempat ini. Memang direkomendasikan untuk melihat hiu dipagi – siang hari karna airnya jernih namun resikonya banyak pengunjung lainya juga yang memilih pagi hari.

Untuk harga tiket masuknya saja cukup mahal yakni Rp 40.000 / pengunjung dan biaya sandar kapalnya Rp 50.000/kapal. Namun pengalaman berenang diantara ikan-ikan Hiu membuat tantangan tersendiri dan menjadi salah satu pemikat wisatawan yang datang berkunjung ketempat ini. Menurut petugas setempat jika ingin berenang kita dilarang menyeburkan tangan kita ke air sehingga kedua tangan harus tetap berada diatas, tujuanya agar tidak dimakan ikan (saya juga bingung).

Spot Foto disekitar Penangkaran Hiu

Sekitar 1 jam lebih kita puas bermain dengan si ikan hiu, kita bergegas melanjutkan kedestinasi selanjutnya yakni Snorkling dekat pulau cemara Besar yang merupakan salah satu spot snorkling keceh yang ada di karimunjawa.

Menurut saya sendiri area snorling dipulau cemara besar ini lumayan bagus karna masih banyak terlihat karang-karang berwarna warni dan juga ikan-ikanya masih banyak terlihat dimana-mana. Lautnya juga bersih dan ombanya cukup tenang sehingga teman-teman bisa betah berlama-lama menikmati surga bawah air laut karimunjawa.

Matahari mulai meninggi dan hari sudah mulai terasa panasnya. Setelah semua peserta naik keatas kapal kemudian kita berlanjut menuju pulau Cemara Kecil yang akan menjadi destinasi istirahat kami dan menikmati makan siang dengan menu ikan bakar.

 

PULAU CEMARA KECIL
====================

Welcome di Pulau Cemara Kecil Karimunjawa

Tiba dipulau ini pengunjung bisa langsung melihat bagaimana indahnya pantai dan jernihnya lautan disekitar pulau cemara kecil. Hamparan pasir luas memnuhi hampir seisi pulau ditambah rimbunya pohon-pohon cemara yang ada dipulau tak berpenghuni ini membuat siapaun yang melihatnya terkagum-kagum. Bahkan lautan disekitar pulau cemara kecil ini tidak terlalu dalam sehingga pengunjung bisa leluasa bermain air dan melihat betapa putihnya pasir dibawahnya.

Menikmati Keindahan Pulau Cemara Kecil Karimunjawa

Saat peserta menikmati pulau cemara kecil, abk dan guide kapal kita menyiapkan menu makan siang bersama yakni ikan bakar kecap yang ikanya masih segar dan akan dibakar saat itu juga. Sebagian peserta menikmati pulau dengan beragam cara sperti memasang hammock, membawa lazyback, berenang, berfoto-foto atau sekedar beristirahat sambil menatap indahnya pemandangan sekitar pulau.

Oh iya, pengunjung jangan khawatir soal makanan dan minuman karena disini juga ada penjual makanan dan minuman bahkan es kelapa yang katanya hanya bukan saat weekend saja. Untuk fasilitas umum sendiri belum tersedia karena ditempat ini tidak berpenghuni jadi masih dibiarkan alami. Untuk kebersihanya pulau ini cukup terjaga dan banyak bule yang juga datang kepulau ini menikmati keindahan pulau cemara kecil.

Makan siang bersama di Pulau Cemara Kecil Karimunjawa

Tepat pukul 13.00 semua peserta Trip Backpacker Jakarta Eksplore karimunjawa berkumpul untuk menikmati makan siang yang sudah siap dihidangkan. Wah memang terasa nikmatnya mengingat ikan segar yang kita makan ditemani dengan keindahan pulau cemara kecil terlebih makan siangnya bersama-sama.

Foto-foto gokil di pulau cemara

Pukul 14.30 kami memutuskan untuk meninggalkan pulau cemara kecil dan kembali melanjutkan kedestinasi selnjutnya Yakni Snorkling dispot keren lainya. Memang ombak dispot ini cukup kencang sehingga berkali-kali temen-temen harus berenang mendekat kekapal. Namun pemandangan bawah lautnya, bagi saya sendiri spot kedua jauh lebih baik dan lebih keren terlebih bagi yang menyukai diving spot ini sangat direkomendasikan.

Snorkling di Laut Karimunjawa

Puas menikmati bawah laut dispot yang kedua dan hari sudah semakin sore kita kembali kekapal untuk kemudian melanjutkan ke spot terakhir yakni menikmati sunset dipinggir pantai tanjung Glam.

PANTAI TANJUNG GLAM
=====================

Pantai tanjung glam adalah pantai wisata yang posisinya tak jauh dari pantai batu topeng dan sama-sama berada dalam satu kawasan bibir pantai. Dipantai ini memang lebih ramai dari pantai batu topeng dan banyak wrung maupun cafe yang berjualan disepanjang pinggir pantai.

Sunset di Pantai Tanjung Glam

Tiket masuk kepantai ini gratis jadi pengunjung hanya membayar biaya sandar kapalnya saja sekitar 35-50 ribu perkapal tergantung ukuran kapal yang bersandar. Fasilitas umum dipantai ini sudah tersedia bai toilet umum dan juga wahana air seperti banana boat dan lainya ada ditempat ini.

Pantai Tanjung Glam

Hari sudah semakin sore matahari perlahan tengelam dan kami bergegas menuju kapal untuk kembali kepelabuhan dan kembali kehomestay untuk beristirahat. Tepat pukul 18.20 kami tiba dipelabuhan kembali dan semua peserta kembali kehomstay masing-masing dan sebelumnya diinfokan jika malamnya ada beberapa pembahasan penting dirumah utama.

Sunset di Pantai Tanjung Glam

Malam terakhir berada dikarimunjawa membuat teman-teman tak melewatkan menimati moment disana seperti kulineran dialun-alun atau nongkrong diwarung atau cafe yang mulai banyak berdiri dipulau ini. Berhubung kami mendapat info jika ada perubahan jadwal kepulangan dari pelabuhan Karimunjawa menuju pelabuhan Tanjung mas semarang yakni lebih awal pukul 09.00 pagi.

 

MINGGU 13 AGUSTUS 2017
=======================

Sesuai perubahan jadwal yang sebelumnya diinfokan maka semua peserta dijemput oleh mobil dan diatar kepelabuhan. Pukul 09.00 pagi kapal yang akan mengangkut kami mulai meninggalkan karimunjawa. Perubahan jadwal kepulangan membuat rencana kami yang aan mengunjungi museum Kupu-kupu dan 3D dibatalkan. Beruntung pembatalan itu membuat kami memutuskan untuk eksplore semarang terlebih dahulu sebelum pulang ke Jakarta karna jadwal kereta pukul 20.30 malam.

Gerbang Pulau Karimunjawa

Pukul 13.00 kapal tiba dipelabuhan Tanjung Mas Semarang dan sesuai kesepakatan sebagian peserta langsung menuju angkot yang kita sewa untuk mengantar kami keliling kota semarang. Tidak semua peserta ikut eksplore semaran karna sebagian ada yang lebih memilih melanjutan destinasi mereka dan ada yang memilih mengunjungi saudara mereka. Destinasi yang kami kunjungi selama di Semarang adalah :

KAMPUNG PELANGI SEMARANG

Tembok 2 warna

LAWANG SEWU

Lawang Sewu
Lawang sewu

 

KLENTENG SAM POO KONG

 

Kami tiba pukul 20.00 di statsiun Tawang dan bergegas checkin karna kereta akan berangkat pulul 20.30. Trip eksplore Karimunjawa + Bonus Semarang berakhir hari itu juga, terimakasih sebelumnya saya ucapkan kepada semua Peserta yang sudah ikut dalam trip BPJ eksplore Karimunjawa. Mohon maaf bila selama trip ada salah baik dari CP atau dari peserta lainya.

All foto : Dokumentasi Trip Karimunjawa #2

 

Berikut ini Daftar Peserta & Testimoni dari beberapa peserta Trip Karimunjawa part #2

1. Suvina BPJ #29

Pas dikabarin @emyebpj kalau ada 1 seat lowong tuh seneeengnya wooow….
Saya semangat parah mau ikutan trip Karimunjawa #2 karena:

1. Ini trip share cost perdana saya lho
2. Sekaligus jadi trip BPJ perdana juga 😎
3. Ini trip inceran sejak saya gabung di BPJ
4. Pertama kalinya ketinggalan kereta 😢
Akhirnya beli tiket kereta yang Pk.23.00 deh.. Ya kali balik lagi ke rumah, tetap berangkat lah saya 😎
5. Pertama kalinya bisa foto freedive ala2 🙈

Saya juga dapat bonus teman – teman yang seru, koplak dan kompak di homestay 12 a.k.a Rumah 12 a.k.a Rombongan Hj. MNW, Oia, karena ada perubahan jadwal keberangkatan kapal dari Karjaw ke Semarang, kami jadi punya banyak waktu buat city tour di Semarang lho..😄

@vinsuvina BPJ 29

2. Henry BPJ #27

Dari awal di adakan Trip karjaw kira kira dua tahun lalu udah langsung masuk List dan berharap bisa ke karjaw yang konon katanya indahnya kebangetan, namun gagal karena suatu hal dan masih mencoba untuk ikut di tahun berikutnya dan masuk List lagi, eh gagal lagi dan begitu 2017 ada Trip karjaw langsung daftar karna khawatir kehabisan quota sambil terus berdoa dan berharap dream comes trus and finally it’s happened.

Paling berasa ombak pada saat naik kapal seumur hidup ya di Trip karjaw ini sewaktu perjalanan bersama kapal express kartini, ombak nya juara. tiba di home stay yang nyaman serta bertemu temen temen baru yang seru udah berasa jadi keluarga tersendiri #home stay perempatan dihuni 12 orang orang tak terbayangkan. perjalanan ke bukit joko tuwo, bukit love, pantai topeng yang sunset ny sepertinya sunset paling sempurna tanpa ada awan atau kabut yang menghalangi.

 

@henry_irawan87 BPJ 27

 

Esok harinya snorkeling, ke penangkaran hiu dan bersantai di pantai cemara kecil sungguh nikmat yang bisa mengalihkan kesibukan selama bekerja, alam bawah laut Karimunjawa syurga banget. thanks BPJ sudah mengadakan trip Karimunjawa, ditunggu trip trip berikut nya 👍🏻😁

3. ECKO BPJ #27

Kesan ikut trip karimunjawa itu pastinya seneng banget karena mendapat teman baru,bisa bersenang2 menikmati keindahan Indonesia yang semula kita tidak saling mengenal,bisa menjadi keluarga seperti ini.pokoknya BPJ juara bisa menyatukan kita semua

@eckoelmessaya BPJ 27

4. Muthia – Ig
5. Ira – #19
6. Berry – #16
7. Nilda – non
8. Enno – #5
9. Pipin #16
10. Agung#6
11. Didit -non
12. Andi #24
13. Antho #27
14. Friska #6
15. Ari Club SEMU
16. Dhian Club SEMU
17. Bella-NON RT
18. Naufal-27
19. Vina – #29
20. Abel – non
21. Alge – #2
22. Ian – non
23. andhar – non
24. Jacky – non
25. Nisa – Non
26. Mega – #27
27. Nabila – #27
28. Vegq – #27
29. Ayu – #15
30. Muthia – Non
31. Cristine-Non
32. Mega sari – non
33. pungky #2
34. Yuli kristi #28
35. Erya kristi-non
36. Sahara – non
37. Fitri -non
38. Dicky -non
39. Salman -#10
40. Niczen – #1
41. Firda – non
42. Amri – #3
43. Erwin – #19
44. Dini – #28
45. Putri – non (Gantiin Melisa)
46. Yanri (non rt)
47. Nia #2
48. Hadi #27
49. arlin – semu
50. Winna #17

CP : Emye @ Arlan

 

ITINARY KARIMUNJAWA 2
=======================

Jumat 11/08/2017
07.00 mepo pelabuhan semarang
08.00 menuju karimun jawa
11.30 tiba di karimun jawa (check in home stay,prepare dll)
13.00 – 14.30 explore bukit joko tuo
14.30 – 16.00 explore bukit love
16.00 – 17.30 pantai batu topeng

malam acara bebas,jalan2 ke alun alun

sabtu 12/08/17

08.00 – 18.30 FULL explore laut
-penangkaran hiu
-p.menjangan besar
-p.menjangan kecil
-p.cemara kecil
-sunset point tanjung gelam

18.00 pulang ke home stay

malam acara bebas

minggu 13/08/17
07.30 check out home stay
08.00 – 09.30 taman kupu-kupu (museum 3D)
10.00 menuju dermaga
11.00 menuju semarang

14.30 tiba di semarang

TRIP SELESAI…..

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Chapter 1 : Liputan Trip Pendakian Perdana Gunung Kerinci, Gunung Hulu Sangir dan Danau Gunung Tujuh, Jambi

Gunung Kerinci (dieja “Kerintji”) dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) yang merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *