Seni & BudayaTarian TraditionalTradisi daerah

Mengenal Tari Monong dari Kalimantan Barat

Tarian lain dari Suku Dayak Kalimantan Barat yang harus diketahui yaitu Tari Monong. Tarian ini merupakan salah satu dari aneka ragam adat budaya yang masih dijaga.  Bukan sekedar tarian biasa,  Tari Monong bahkan dikenal sebagai salah satu ritual kepercayaan yang dipakai untuk menolak bala.

sumber foto: kamerabudaya.com

Tari Monong ialah salah satu Tarian di Kalimantan Barat yang bertujuan untuk pengobatan penyakit bagi salah satu warga dari Suku Dayak agar memperoleh kesembuhan. Dahulunya, tarian ini dilakukan khusus oleh dukun atau sesepuh yang dituakan di Suku Dayak dengan tari sambil membaca mantra-mantra tertentu. Dalam pelaksanaannya, keluarga dari penderita yang sedang sakit harus hadir dalam prosesi pembacaan mantra tolak bala penyakit tersebut dan mengikutinya. Dengan diiringi beberpa alat musik tradisional, jampi-jampi diiringi tarian sengaja dikukuhkan kepada Sang Pencipta untuk mendapatkan kesembuhan penyakit dari si penderita.

sumber foto: cultureindo.com

Tari Monong dilengkapi dengan busana Dayak yang unik dan menarik. Prosesi ritual ini membuat setiap alunan musik, gerakan penari hingga suasananya menjadi beraroma mistis. Keunikan lain dari tari Monong adalah adanya gerakan hentakan kaki  serta gerakan tangan lengkap dengan mantra-mantra menggunakan bahasa suku dayak yang hanya bisa dipahami oleh sesepuh tersebut. Pada umumnya Tari Monong masih sangat dijunjung tinggi dalam beberapa acara adat Bemanang dan Balian. Suasana senyum ramah tamah dalam tarian ini membuat setiap penontonnya larut dalam keadaan seperti keluarga.

sumber foto: cultureindo.com

Seiring perkembangan zaman ini, Tarian Monong semakin diminati dan dikenal tak sekedar Suku Dayak belaka, tetapi masyarakat luas. Sebab, tak sekedar dipertunjukkan dalam ritual penyembuhan penyakit saja, namun tarian ini semakin berkembang untuk digunakan oleh Suku Dayak sebagai tarian penyambutan tamu,upacara adat hingga berbagai festival pawai budaya setempat.

 

Sumber: tarimonong.blogspot.com

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *