PantaiSeputar TravellingTips Travelling

Short Trip 3 Jam di Kupang, Emang Bisa ?

Transit Kupang 3 jam, Ngapain Ya? Short Trip aja!!

Hallo travel buddy, ada yang udah pernah ke Indonesia timur?

Yang sudah pernah ke Bajo pasti tau, ada beberapa pilihan penerbangan Jakarta – Bajo atau sebaliknya yang transit di Kupang atau Bali. Sesuai pengalaman sebelumnya saat aku ingin pulang dari Trip Flores Part #7, aku dapat penerbangan Ende – Kupang – Jakarta, jadi transit di Kupang selama 3 jam. Untuk para traveller, waktu 1 menit pun pasti sangat berharga dan sayang untuk di lewatkan. Dimana waktu 3 jam tersebut menurutku waktu yang cukup aman untuk melakukan short trip di Kupang.

Tips sebelum melakukan short trip di Kupang:

  1. Cari beberapa tempat wisata di Kupang yang terdekat dengan bandara.
  2. Pilih menu makan siang khas Kupang yang ingin dicoba.
  3. Tentukan tempat toko oleh-oleh yang ingin dikunjungi.

Nah, setelah 3 tips di atas dilakukan, sekarang pasti bingung deh kendaraan nya gimana? Guidenya gimana? Mahal apa enggak ya? Dan lain-lain. But, berdasarkan pengalamanku kemarin, ada 2 opsi kendaraan disana yang bisa digunakan untuk short trip kok. Di antaranya :

Taksi Bandara:

  • Berupa taksi mobil yang disewakan untuk berkeliling seharga Rp350.000 selama 3 jam. Dan tentu saja harga tersebut di luar parkir, tiket wisata, dan tiket masuk bandara. Adapun mobil yang digunakan yaitu Avanza atau Innova.

Taksi Gogo:

  • Taksi pada umumnya dengan tarif normal sesuai argo perjalanan. Pengalamanku kemarin sih keliling habis Rp150.000 + tiket masuk wisata (*tentative yah bisa kurang atau lebih tergantung destinasi)
  • Jika ingin menggunakan Taksi Gogo harus jalan dulu ke luar bandara, karena dilarang pick penumpang dari dalam bandara.

Selanjutnya, setelah mengetahui beberapa destinasi yang sudah dipilih, kita bisa menanyakan pada supir taksinya mengenai destinasi tersebut. Mereka juga biasanya menyarankan beberapa tempat yang memungkin kan untuk dikunjungi dalam waktu singkat. Ya hitung- hitung guide gratisan gitu deh, cuma modal banyak basa- basi aja sama bapak supir hehe.

1. Tempat Wisata Terdekat Bandara (Pantai Lasiana)

Anyway, tiket wisata di Kupang ngga mahal kok, salah satu wisata yang kemarin berhasil tercentang adalah Pantai Lasiana yang hanya dengan merogoh kocek Rp20.000 untuk 4 orang dan 1 mobil. Murah kan ? Di samping itu, kondisi pantainya masih sepi, dan lagi-lagi aku selalu takjub sama Indonesia timur. Berikut beberapa dokumentasi yang sempat di ambil di Pantai Lasiana, sudah siap lihat ?

Baru ke pantai ini saja sudah menumbuhkan rasa candu ingin kembali lagi ke Kupang, dan menjadikan Kupang sebagai destinasi selanjutnya untuk diexplore. Pantainya sepi, letaknya dekat dengan bandara, kurang lebih 10 menit lah dari bandara.

2. Icip-icip Makanan Khas Kupang (Ikan Kuah Asam)

Usai mengunjungi destinasi wisata, kini saatnya mencicipi makanan Khasnya. Salah satunya, Ikan Kuah Asam. Btw, disini ada beberapa rumah makan yang menyediakan makanan khas tersebut, tetapi saat itu aku memilih salah satu rumah makan di perjalanan. Just info, Ikan Kuah Asam ini tidak dijual dalam bentuk porsian loh, tetapi makanan ini dijual perkilo.

Jadi kita memilih ikan mana yang akan dimasak, lalu dikilo hingga ditentukan harganya. Total biaya makanku bersama teman untuk porsi 3 orang yaitu Rp150.000 sudah dengan lauk lainnya, seperti nasi dan minum. Rasa yang dihasilkan dari Ikan Kuah Asam ini bener bener nikmat, segar dan hmm ga bisa dijelaskan dengan kata-kata. Coba aja sendiri hehehe.

3. Hunting Oleh-oleh Khas Kupang

Setelah memilih destinasi wisata dekat bandara, dan mencicipi makanan khasnya, yang terakhir adalah mencari oleh-oleh. Sesuai pengalaman, mungkin bisa membantu untuk dijadikan referensi kamu membeli oleh-oleh saat transit di Kupang :

Toko Oleh-oleh Ibu Soekiran

Toko oleh-oleh ini sangat terkenal di daerah Kupang, banyak kalangan artis juga katanya sering beli di toko ini. Aneka pilihan makanan banyak disediakan seperti Sambal, Daging Se’I  (dendeng daging khas kupang), Keripik Jagung, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Untuk harga relative murah, mulai dari Rp5.000 sampai Rp130.000 (biasanya untuk daging-dagingan).

Source : Google
Source: Google

Yaaayy, itulah beberapa tempat yang sempat aku kunjungi selama short trip 3 jam di Kupang. Hanya sedikit sih memang, karena belum ada persiapan sebelumnya. Tapi beruntungnya aku dapat supir taksi yang asik, terlebih argo taksiku berjalan hanya pada saat sedang di perjalanan saja, jadi selama makan dan di tempat wisata argo berhenti. Then, tiba waktunya untukku kembali ke Jakarta and bye-bye Kupang.

Semoga informasi singkat ini bisa membantu kalian para traveller untuk memanfaatkan waktu selama transit penerbangan ya . So, happy travel  :)

Author : @oktaviaopi
Tags

oktaviaopi

Hallo travellers! aku oktaviaopi, punya hobi yang kebanyakan anak millenial suka yaitu jalan-jalan. Dengan hobi ini aku punya cerita yang bisa di salurkan melalui cerita dalam tulisan. untuk tau lebih lanjut bisa kepo-kepo aja di instagram ku mari follow @oktaviaopi . Semoga tulisan ku bermanfaat dan di sukai. if you have some question do not hesitate to ask. , happy reading and let's go travel!!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close