Tradisi daerahUncategorized

6 Hal Unik dan seru yang dilakukan ketika di Bulan Ramadhan

Fenomena yang terjadi pada bulan puasa

MARHABAN yaa Ramadhan. Kegembiraan menyambut datangnya Ramadhan, bulan penuh berkah dan penuh kemuliaan. Di bulan Ramadhan ini akan ada fenomena seru dan unik yang akan dilakukan masyarakat, dimana fenomena itu adalah sebuah “kejadian yang terlihat” pada suatu momen tertentu. Adapun kegiatan-kegiatan unik dan seru yang dilakukan saat Ramadhan sebagai berikut :

1. Obrog-Obrog/Membangunkan

Sahur Obrog-obrog merupakan tradisi yang selalu ada di bulan Ramadhan. Kegiatan ini sudah menjadi seni tradisi sangat unik dan menarik di Indonesia. Kegiatan Obrog-obrog biasanya dilakukan para remaja untuk membangunkan sahur dengan cara berteriak “sahur-sahur” dan memukul beduk keliling kampung.

Sumber foto by Republika.com

2. Ngabuburit

Kata “Burit” dalam bahasa Sunda mengandung arti “menjelang sore hari”. Jadi Ngabuburit itu artinya menunggu waktu adzan Maghrib di bulan Ramadhan. Istilah ini tidak hanya populer di Sunda, tetapi juga di berbagai daerah Indonesia termasuk Jakarta.

Sumber foto by unycommunity.com

Hal yang dapat dilakukan saat Ngabuburit yang paling populer adalah jalan-jalan. Biasanya masyarakat akan jalan-jalan di sekitar rumahnya atau berkeliling dengan menggunakan sepeda atau sepeda motor bersama sanak keluarga ataupun teman.

3. Buka Bersama

Saat bulan Ramadhan, juga identik dengan istiah “Buka Bersama”. Buka bersama di sini biasanya sering dijadikan sebagai ajang reuni dengan teman-teman saat sekolah dulu. Nantinya akan ada buka bersama dengan teman SD, teman SMP, teman SMA, teman Kuliah bahkan sampai teman Kantor.

Sumber foto by ublik.id

4. Sahur On The Road

Selain buka bersama, sahur bersama pun sering dilakukan oleh kebanyakan kaum muda. Tapi sahur bersama ini tidak diadakan di restoran, cafe atau tempat-tempat makan lainnya. Biasanya mereka akan sahur bersama di jalanan, maka dari itu disebutSahur On The Road”.

Sumber foto by kantor berita kemanusiaan.com

Selain makan sahur, mereka juga akan melakukan bakti sosial, yakni membagikan makanan-makanan untuk sahur. Biasanya, mereka akan membagikan makanan itu kepada kaum dhuafa di jalanan, panti asuhan, sampai orang-orang yang mereka temui dijalan.

5. Suara Petasan di mana-mana

Saat bulan Ramadhan tiba, mendadak pedagang petasan muncul dimana saja. Biasanya pembelinya dari kalangan anak-anak. Meski sering sekali dilarang, tapi baik pedagang maupun anak-anak tetap saja menggemari mainan berbahaya yang satu ini.

Sumber foto by pasificpos.com

Biasanya, anak-anak akan meledakkan petasan ini pagi hari setelah shalat Subuh dan malam hari setelah sholat Tarawih. Hal ini akan berlanjut sampai bulan ini berakhir. Puncaknya adalah saat malam takbiran tiba, dimana suara petasan terdengar begitu menggema dimana-mana.

6. Pedagang Berhamburan

Saat bulan puasa, para pedagang bisa bermunculan di mana-mana. Mereka akan menjajakan sajian berbuka yang manis dan segar-segar. Ada juga yang menjual beraneka lauk-pauk. Pedagang-pedagang ini bisa kita temui di mana saja, mulai dari jalanan sampai sekitar masjid.

Sumber foto by daerah.sindonews.com

Itulah beberapa fenomena unik dan seru yang hanya terjadi saat bulan Ramadhan. Dan yang pasti fenomena ini akan selalu membuat kita merindukannya nantinya.

Tags

Desi kurniawati putri

Hi, perkenalkan, Aku bekerja di perusahaan swasta sebagai Assiten R&D Staff Devisi Laborat Kimia. Motivasi hidup aku saat ini : I do my best to be a good one. Insha Allah, Semoga artikel aku bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan bisa menjadi kenangan terindah dikemudian hari. Thank you. Follow my instagram : @desi.kurniawatiputri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *