PantaiPulau

Pantai-Pantai Perawan Nan Indah di Pulau Semau, Kupang

Kembali lagi ke provinsi Nusa Tenggara Timur! Dan pembahasan kali ini mengenai pantai-pantai yang tersebar di Pulau Semau. Buat kalian yang lagi main ke Kupang, jangan lupa untuk memasukkan pulau ini kedalam sebuah bucket list biar gak kelupaan untuk dikunjungi. Kenapa? Karena kalian akan nyesel nantinya.

Pict by lostpacker.com

Sebelum menjelaskan lebih detail pantai apa aja yang ada di Pulau Semau, saya mau kasi tahu dulu gimana caranya agar kalian dapat menginjakkan kaki di pelabuhan yang menjadi gerbang utama untuk menjajaki 5 pantai perawan ini.

Rute ke Pulau Semau

Dari kota Kupang, kalian bisa mengambil arah ke Pelabuhan Tenau terlebih dahulu dengan waktu kurang lebih 30 menit. Dan dari situ, kalian harus harus melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Hansisi di Pulau Semau yang menjadi titik awal penjelajahan ini berlangsung selama 30 menit juga dengan ditemani oleh terik matahari yang menyelekit.

Pelabuhan Tenau, Kupang // Pict by lostpacker.com

Oh iya, satu lagi sebelum lupa, untuk mengelilingi lima pantai di Pulau Semau, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan beroda dua alias motor karena tekstur jalan disini masih cukup susah untuk dilewati dan ruas nya juga cukup sempit. Tapi kalau mau sewa mobil juga ada jika rombongan yaitu mobil pick up. Nah, untuk kendaraan sebenarnya bisa kalian sewa di sekitaran Pulau Semau, tapi untuk harga memang cukup mahal. Namun ada juga opsi lain yang dimana kalian bisa menyewa kendaraan tersebut dari kota Kupang dan dibawa saat kalian nyebrang dengan kapal.

Ruas jalan di Pulau Semau // Pict by mytrip.co.id

Lanjut yaaa, disini ternyata panas banget sehingga membuat beberapa pohon menjadi kering dan tandus. Tapi jangan kecewa dulu! Dibalik itu semua, sama sekali gak menurunkan nilai keindahan pada ke lima pulau dibawah ini. Gak percaya? Intip dulu yak!

Pantai Liman

Ini salah satu yang terbaik! Pantai yang berdempetan langsung dengan bukit bisa kalian manfaatkan untuk melihat Pantai Liman dari ketinggian. Sebenarnya untuk naik ke puncak bisa menggunakan motor, tapi setelah melihat jalurnya masih belum ada pembatas, ada baiknya kalian treking sedikit keatas walau matahari mulai menyengat untuk mengabadikan moment terbaik.

Pulau Semau
Pict by lostpacker.com

Pantai Otan

Hmm.. pantai ini juga dijamin akan menghipnotis kalian dengan garis yang panjang membentang. Oh iya, saat sampai kesini jangan lupa untuk mencicipi airnya walau hanya merendamkan badan. Atau buat kalian yang gak mau basah-basahan juga bisa duduk manis dibawah rindangnya pohon sambil menikmati angin semilir dan deburan ombak yang datang secara bergantian ke bibir pantai.

Pict by lostpacker.com

Pantai Onanbalu

Dipantai ini pun gak kalah indahnya. Ditambah ada pohon perdu yang hampir berdekatan dengan bibir pantai membuat siapapun betah berlama-lama walau matahari terus-menerus mendampingin perjalanan kalian di Kupang. Nah, ini juga bisa manfaatkan untuk bersantai atau sekedar relax sambil membaca buku dan musik dengan ditemani oleh anak-anak yang sedang bermain.

Pict by lostpacker.com

Pantai Uih Make

Pantai yang satu ini cukup unik! Kenapa? Yupz, untuk tiba dipantai ini, dipastikan kalian membutuhkan stamina yang cukup serta membawa perbekalan minimal minum. Karena, sebelum merasakan langsung air di Pantai Uih Make, kalian harus trekking dulu keatas bukit, lalu turun lagi dikebawah, begitu juga sebaliknya. Sebelum turun, ada baiknya nikmati puncaknya terlebih dahulu untuk melepas lelah.

Pict by lostpacker.com

Pantai Uitiuhtuan

Keindahan dipantai inipun gak kalah menarik dengan ada nya pasir pantai yang sangat halus dan memanjakan kaki kalian setelah lelah berjalan. Selain itu, ada juga pohon kelapa yang berjejer dan siap menjadi tempat berteduh jika sedang panas-panasnya.

Pict by lostpacker.com

Persiapan sebelum mengelilingi Pulau Semau

  1. Berhubung masih jarang yang mengetahui destinasi ini, maka akan jarang banget ditemui para pedagang makanan atau minuman selama menjelajah. Dan bisa dikatakan malah gak ada yang jualan. So, ada baiknya membawa perbekalan dari Kupang.
  2. Jika rombongan dan hanya mau one day trip, sewa lah 1 kapal, sehingga bisa memanage waktu dengan kang kapal kapan bisa mengantar kembali ke pelabuhan. Ini berlaku juga buat yang gak rombongan dan mau one day trip, agar bisa tanya langsung ke kang kapal.
  3. Selain itu, siapkan juga stamina yang kuat untuk menjelajahi destinasi ini, karena kawasan ini bakal ditemani oleh matahari yang cukup terik.
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close