HotelSeputar TravellingTips Travelling

Staycation di Masa Pandemi Covid-19, amankah ?

Hai gaisss. Sebentar lagi kita akan memasuki akhir tahun. Hawa libur udah mulai terasa nih. Hemm. Tapi kenyataannya banyak orang merasa takut pergi keluar dimasa pandemi covid-19 seperti yang terjadi beberapa bulan ini. Padahal dalem hati pengen banget liburan, atau mungkin staycation aja gapapa deh yang penting otak bisa refresh kembali setelah berbulan-bulan ngejamur dirumah.

Terus, gimana dong ? Emangnya staycation aman ?

Yups, seperti yang sudah kita ketahui gais, Covid 19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Dan dikenal setelah wabahnya muncul di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. Hingga sampai hari ini masih menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia, tentunya Indonesia juga.

Aku sendiri menjadi salah satu orang yang cukup ngeri-ngeri sedep ya sama virus yang satu ini. Apalagi kemarin tes serologyku sempet reaktif. Tapi syukurlah hasil PCR ku negatif, hehe.

Tapi, kalau dipikir-pikir, sebenarnya banyak cara untuk kita terhindar dari virus yang satu ini. Yaitu tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan gais. Jadi, kalau ditanya staycation di masa pandemi seperti ini aman atau engga? Jawabannya, tergantung pribadi kita masing-masing, apakah kita termasuk orang yang aware dengan kesehatan dan lingkungan sekitar atau tidak.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa aku kasih untuk temen-temen yang lagi rindu staycation, tetapi masih galau karena takut covid-19.

  • Pilih Hotel Yang Bertanda Clean Accomodation atau pun sejenisnya

Kenapa ? Karena hotel-hotel yang bertanda tersebut tentunya sudah memberlakukan standar kebersihan yang ditetapkan oleh otoritas negara. Sehingga akan lebih memperhatikan langkah-langkah kesehatan dan memberikan keselamatan tambahan bagi para tamunya. Nah, hotel-hotel tersebut, bisa kalian temukan di situs pemesanan online seperti traveloka, booking.com, dan sejenisnya. Tinggal filter aja deh yang bertanda Clean Accomodation.

sumber foto : traveloka.com

 

  • Patuhi Semua Protokol Kesehatan

Kalau udah booking hotel. Sebelum berangkat keluar rumah, kita juga tentunya mematuhi protokol kesehatan terlebih dahulu gais. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau handsanitizer. Setelah itu, gunakan masker. Dan berjalan lah dengan berjaga jarak 1,5-2 meter dari orang atau keramaian. Selalu menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dengan siku tangan maupun tissue.

sumber foto : allianz.co.id

 

  • Pilih Room Yang Memiliki Jendela

Hal sepele tapi penting sih menurutku. Karena room yang akan kita tempati itu tentunya bekas orang sebelumnya. Kita nggak tau apakah virus masih ada yang menempel atau tidak. So, dengan adanya jendela diharapkan bisa menjadi media pertukaran sirkulasi udara gais.

 

  • Sering-sering cuci tangan khususnya setiap habis menggunakan fasilitas hotel

Nah, kalau kita habis menggunakan fasilitas hotel seperti lift, buka gagang pintu, pegang keran air, pergi ke restaurant, dan lain sebagainya. Usahakan segera cuci tangan yah, untuk membunuh kuman-kuman yang menempel ditangan kita.

sumber foto : ruangmom.com

 

Yups, itulah beberapa tips yang bisa kubagikan buat kalian yang sedang berencana staycation di masa pandemi sekarang ini. Semoga bermanfaat, dan semoga kita semua selalu sehat :)

Referensi : traveloka.com , lifestyle.kompas.com
Tags
Show More

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *