Tips Travelling

Traveling Saat Ramadhan ? Ini Dia Tips Agar Keduanya Lancar !

Bulan Ramadhan telah tiba guys. Hayo, pasti kamu bingung kan antara ingin tetap traveling atau off dulu selama bulan Ramadhan. Apalagi, banyak orang beranggapan kalau traveling pasti akan mengeluarkan banyak tenaga yang bikin kita jadi nggak kuat puasa dan gak fokus beribadah. Eitssss, jangan salah guys! Nyatanya, kamu tetap bisa kok melakukan hal tersebut sambil ibadah di bulan Ramadhan. Pengen tau tips agar keduanya lancar? Yuk simak point-point berikut!

1. Pastikan Kondisi Sehat & Tidak Terganggu Bila Melakukan Keduanya
Pastikan kondisi sehat (Foto by medium.com)

Nah, ini dia yang terpenting. Menentukan kondisi badan adalah hal yang wajib kamu lakukan sebelum memutuskan untuk traveling saat Ramadhan. Agar kamu tetap kuat, sehingga travelingmu tidak akan mengganggu ibadah Puasamu. So, jangan lupa minum multifitamin untuk menjaga kondisi tubuh ya!

2. Pilihlah Destinasi yang Tepat
Pilih destinasi yg tepat (Foto by https://maboktravel.com)

Menentukan destinasi wisata juga sangatlah penting apalagi saat di bulan Ramadhan. Jangan sampai traveling membuat ibadahmu terhenti. Pastikan tujuan wisata yang akan kamu kunjungi tidak menguras energi atau yang akan membatalkan puasamu. Seperti mengunjungi masjid bersejarah atau tempat-tempat bersejarah lainnya. Hindari kegiatan traveling yang dirasa ekstrem dan banyak tantangan.

3. Bawalah Barang Seperlunya
Bawa barang secukupnya (Foto by https://www.triptrus.com)

Bawalah barang seperlunya. Ingat! Kamu traveling saat sedang berpuasa, jadi usahakan barang bawaanmu tidak memberatkan dirimu sendiri. Seperti baju secukupnya, perlengkapan ibadah, kamera, dan makanan.

4. Bawa Bekal Makanan yang Sehat & Begizi
Makanan sehat&bergizi (Foto by TipsCaraLangsing.com)

Sering kita mengabaikan menu makanan yang akan kita makan. Padahal saat puasa kita butuh asupan gizi yang baik, terlebih saat sahur. Selain itu banyak destinasi yang tidak menyediakan makanan berbuka atau sahur, sehingga dengan membawa bekal kita sudah tak perlu khawatir lagi. Dan jangan lupa, banyak-banyaklah minum air putih, yaitu saat berbuka, malam hari, dan saat sahur. Hal ini bisa menghindari kamu dari dehidrasi meskipun aktivitas travelingmu padat.

5. Pilih Rute Destinasi Yang Pendek dan Gunakan Transportasi Yang Nyaman
Pilih transportasi yang nyaman (Foto by http://panduanwisata.id)

Saat traveling sambil berpuasa, kamu harus pintar memilih rute destinasi. Pilihlah destinasi yang dekat dengan penginapanmu, sehingga tidak perlu menguras tenaga untuk pindah-pindah hotel. Selain itu, untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut, kamu bisa menggunakan transportasi yang nyaman. Jika biasanya kamu berjalan kaki menyusuri jalan, kini kamu bisa menggunakan becak untuk berkeliling kota. Hitung-hitung berbagi rejeki kepada abang becak setempat.

6. Catat Jadwal Ibadah di Daerah Tujuan

Banyak yang lupa mencatat jadwal daerah tujuan wisata. Terlebih bagi daerah yang memiliki zona waktu berbeda. So, jika kamu traveling ke daerah luar jakarta, usahakan cari informasi mengenai jadwal ibadah daerah setempat. Agar ibadahmu tetap lancar mesikpun sedang traveling.

7. Jangan Lupakan Perlengkapan Ibadah
Ibadah bisa dilakukan dimanapun (Foto by https://travelingyuk.com)

Travelling bukan alasan kita lupa akan ibadah. Sebab, Ibadah sendiri bisa dilakukan dimanapun selagi tempatnya bersih dan terhindar dari najis. Maka dari itu jangan lupa membawa perlengkapan ibadah saat sedang traveling. Jika kamu perempuan, kamu bisa membawa mukena yang lebih ringan kedalam tasmu, untuk yang laki-laki bisa membawa sarung atau celana panjang. Dengan begitu, kamu tetap bisa melakukan ibadah dimanapun kamu berada.

8. Gunakan Aplikasi Penunjang Ibadah
Aplikasi penunjang ibadah (foto by https://blog.dicoding.com)

Selama di perjalanan mungkin kamu tidak menemukan tempat ibadah seperti Masjid atau arah kiblat. Nah dengan menginstal aplikasi penunjang ibadah, kamu bisa dengan mudah menemukannya. Seperti menemukan waktu sholat, hingga arah kiblat. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak beribadah.

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang sedang berencana traveling di bulan Ramadhan. Sangat mudah bukan ? So, kalau kamu ingin traveling, ya silahkan aja. Tak perlu takut ibadahmu terganggu karena traveling, selagi kamu niat untuk melakukan keduanya dengan baik.

Author : @emyebpj
Editor : @kikyamaleader
Tags
Show More

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *