Alam & TamanPulauUncategorized

Pulau Dua, Wisata Cagar Alam di Teluk Banten

jalan masuk dari sekitar empang dan rumah warga

Keanekaragaman budaya dan wisata di banten, memang menarik sekali untuk diulas. Terlebih lagi tentang cagar alamnya, yang sangat terkenal seperti Ujung kulon.  Namun, selain ujung kulon yang begitu melegenda itu, tenyata banten juga memiliki 1 cagar alam yang tak kalah menariknya untuk kita kenal dan ketahui bersama. Cagar alam tersebut dikenal dengan Sebutan Pulau Dua.

peta pulau dua banten

peta pulau dua banten

Pulau Dua atau sering dikenal dengan nama pulau burung, berlokasi di desa sawah luhur, kecamatan Kasemen, Kabupaten Banten. Pulau dengan luas sekitar 30hektar ini dijadikan tempat konservasi sebagai lokasi cagar alam, karena di pulau ini terdapat berbagai macam ribuan burung-burung dari berbagai penjuru. Tak heran jika masuk ke pulau ini harus menggunakan perijinan dinas setempat. Menurut penjaga pos di pulai ini, burung-burung itu Tidak sekedar berasal dari penjuru nusantara saja melainkan dari berbagai benua bermigrasi menuju ke pulau ini.

 

jalan ditengah rimbunan pohon mangrove

jalan ditengah rimbunan pohon mangrove

Di pulau dua ini, bukanlah pulau-pulau di tengah pantai seperti biasanya. Pulau ini adalah daratan ditengah-tengah tambak ikan yang langsung menembus ke perairan laut teluk banten.  Pemandangan yang didapatkan di pulau dua ini berupa pohon mangrove  dan bakau yang rimbun dan hijau, dan beberapa pohon-pohon ketapang dan dadap sebagai tempat hinggapnya berbagai ekosistem burung. Jika kita menelusuri jalan setapak diantara rindangnya pohon akan terdengar alunan suara ombak tipis, yang ternyata merupakan jalan tembus ke laut.

melihat pemandangan dari atas menara pulau dua

melihat pemandangan dari atas menara pulau dua

Hamparan air yang kemilau dan birunya langit tampak mempesona. Sedikit melangkah lagi menyusuri jalan setapak yang sedikit landai dan tinggi, akan tampak bebatuan yang juga menembus perairan laut, di batu-batu inilah burung-burung itu biasa berkumpul ketika migrasi. Di tempat ini kita dapat mendengar suara kicauan berbagai macam burung, juga menikmati pemandangan dari atas menara yang sengaja digunakan untuk mengamati burung. Dari dekat menara ini juga akan terdapat sebuah jalan menuju ke pulau satu berupa tempat penanaman mangrove.

suasana didalam pulau 2 bersama kicauan burung yang sembunyi

suasana didalam pulau 2 bersama kicauan burung yang sembunyi

Untuk menuju pulau dua ini, bisa ditempuh dari kota serang menuju ke utara menuju ke daerah Kasemen, atau dari desa ciruas ke arah pontang menuju sawah luhur. Untuk bisa masuk ke pulau dua kita harus berjalan kaki melewati track yang menantang, berupa jalan kecil diantara tambak ikan atau empang yang luas milik warga. Pemandangan di empang ini terbilang unik, dan moment-moment saat menyusuri jalan setapak dan sempit  di empang inilah yang akan mejadi perjalanan terasa mengesankan. Atau kalian juga bisa menggunakan motor  dengan keseimbangan yang stabil melewati empang yang ekstrim tadi, dan parkir tepat di pintu masuk pulau dua ini.

daratan menuju laut lepas

Nahh, bagi kalian yang tertarik untuk berekreasi atau penelitian ilmiah tentang satwa burung disinilah tempatnya. Namun jika ingin melihat ribuan burung bermigrasi secara langsung, silahkan berkunjung pada sekitar bulan maret-agustus. Biasanya para goweser juga akan berkunjung pada akhir pekan. Owh ya, satu lagi jangan lupa mampir menikmati sajian khas Pecak bandeng desa sawah luhur ya gaess. Selamat berkunjung ke pulau dua, surganya para pecinta burung.

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

2 thoughts on “Pulau Dua, Wisata Cagar Alam di Teluk Banten”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close