Editor PicksKuliner

Wajib Wisata Kuliner Ketika Berkunjung Ke Medan

Medan merupakan kota populer di Sumatera. Ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini bahkan menjadi salah satu pintu masuk wisatawan mancanegara di Indonesia bagian barat, terbukti dengan lokasinya yang berada tak jauh dari bandara besar berstandar internasional, Bandara Internasional Kuala Namu.

Medan sendiri tak bisa dilepaskan dari durian, begitu juga sebaliknya. Setiap dari mereka yang berkunjung ke Medan setidaknya harus mencoba durian-nya Medan minimal sekali seumur hidup dan sayang sekali jika kalian melewatkan berbagai wisata kulinernyah. Nah, berikut adalah beberapa tempat wisata kuliner khas Medan yang wajib dicicipi.

Kedai Durian Ucok

foto : ulisade.wordpress
foto : ulisade.wordpress

Kedai Durian Ucok yang terletak di Jalan Wahid Hasyim, sebelumnya di Jalan Iskandar Muda. Kedai Durian Ucok merupakan tempat penjualan buah berduri ini yang paling laris di Medan yang dibuka pada malam hari sampai mejelang pagi, Kedai Durian Ucok mampu menjual 6.000-7.000 buah durian dalam semalam.

Kedai Kopi Apek

foto : majalah.ottencoffee
foto : majalah.ottencoffee

Kedai Kopi Apek sudah berdiri sejak tahun 1922 dan sampai sekarang cita rasa kopinya tak berubah. Konon, kunci kenikmatan kopi di sini ada pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air sampai teknik mengaduk yang harus dilakukan dengan tepat. Menu favorit di sini adalah Kopi O yang merupakan kopi hitam tanpa gula. Untuk menemani secangkir kopi, sebaiknya Anda juga memesan menu lain seperti roti bakar, roti kukus, martabak telur atau nasi soto. Kedai Kopi Apek buka pukul 06:00 – 14:00 pada hari Senin – Sabtu dan pukul 06:00 – 11:30 pada hari Minggu.

Sate Memeng

foto : kaskus.co.id
foto : kaskus.co.id

Tempat wisata kuliner lainnya yang terdapat di Medan adalah Sate Memeng. Berbagai macam sate terdapat di sini, ayam, sapi, dan juga kambing. Yang sangat khas di Sate Memeng ini adalah bumbunya yang memiliki tekstur yang sangat lembut membuat perpaduan yang sangat pas dengan rasa daging. Karena kelezatan dan kenikmatan yang ditawarkan, Sate Memeng ini bisa menghabiskan kurang lebi 70 kg daging setiap harinya. Sola harga kamu tak perlu khawatir, dengan hanya Rp. 16.000 sudah bisa mencicipi kelezatan sate di kedai makan ini.

Lontong Medan

foto : gayasaya.com
foto : gayasaya.com

Cuma di Medan terdapat Lontong dengan berbagai campuran. Lontong inilah yang menjadi menu utama sarapan pagi masyarakat kota Medan kebanyakan. Lontong ini terdiri dari campuran lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan tak lupa kerupuk merah putih. Beberapa ada yang menambahkan telur dan pergedel. Hampir di sepanjang jalan, siapapun yang berkunjung ke Medan dapat menyicipi sarapan khas Medan ini setiap harinya. Porsi sepiring lontong Medan sekitar Rp. 5.000 – Rp. 15.000 saja.

Mie Gomak

foto : pesonakuliner.com
foto : pesonakuliner.com

Inilah spagheti dari tanah Batak. Mie ini awalnya berasal dari daerah Balige di tepian Danau Toba. Seiring perkembangan zaman, mie ini kemudian bertransformasi menjadi santapan khas orang Medan. Yang membuat unik, bahan mentah dari pembuatan mie ini hanya ada dijual di Sumatera Utara. Biasa disebut mie lidi karena bentuknya seperti lidi. Selain dimakan begitu saja, mie ini juga bisa dicampur dengan kuah lontong atau bumbu kacang. Nyesss! Seporsi mie gomak biasanya dijual dengan harga Rp. 3.000 – Rp.10.000.

Selengkapnya tentang Mie Gomak Medan

Arsik Ikan Mas

foto : lifestyle.sindonews
foto : lifestyle.sindonews

Arsik ikan mas? mungkin banyak yang baru mendengar makanan khas Batak Toba ini. Arsik ikan mas itu bersantan tapi bukan gulai. Rasanya bukan pedas, tetapi getir dan asam karena adanya andaliman dan asam glugur. Selain andaliman, yang bikin khas adalah bawang Batak. Kalau Anda ke Medan, banyak rumah makan Batak yang menyajikan menu ini. Jadi, jangan khawatir tidak kebagian Arsik.

Gardenia Tropical Garden Resto

foto : makanmana.net
foto : makanmana.net

Tempat wisata kuliner medan yang satu ini adalah sebuah tempat yang wajib untuk anda kunjungi jika anda sedang berada di Kota Medan, tempat yang bernama Gardenia Tropical Garden Resto ini adalah salah satu tempat makan populer di Kota Medan. Dengan berdiri di Jalan STMK Dalam No. 2A, Medan tentu sudah siap untuk menggoyang lidah pelanggannya dengan menu makanan yang di sajikan.

Terlebih lagi apabila anda ingin suasana yang romantis, ini adalah tempat wisata kuliner medan yang di rekomendasikan. Banyak sekali makanan yang bisa anda pesan di tempat makan bernama Gardenia Tropical Garden Resto ini seperti misalkan saja chicken wings, cheese potato skin, durian tempura dan yang lainnya.

 

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

1 thought on “Wajib Wisata Kuliner Ketika Berkunjung Ke Medan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *