Alam & TamanPantaiPulauSeputar Travelling

3 Lokasi Diving Di Indonesia Yang Dapat Bertemu Ikan Terbesar Di Dunia

Mengintip Kekayaan Surga Bawah Laut Indonesia Yang Mendunia

Sudah tak perlu dipungkiri, Indonesia kini menjadi destinasi wisatawan dari berbagai belahan dunia karena kekayaan bawah lautnya. That’s why, lautan Indonesia dikenal sebagai “segitiga biodiversitas dunia” karena memiliki berbagai macam makhluk laut yang dapat ditemukan di beberapa lokasi diving. Menariknya lagi, Indonesia ternyata juga menjadi tempat persinggahan ikan terbesar di dunia loh gengs, seperti Hiu dan Paus. Dan, mereka nggak cuma singgah di satu titik, tetapi di beberapa teritori yang digunakan ikan raksasa tersebut untuk berkembangbiak dan pembesaran. Penasaran dimana aja ? Yuk kita meluncur!

1.Gorontalo
Photo by http://www.tribunnews.com

Yap, salah satu titik teritorial yang menjadi tempat perkembangbiakan Rhincodon Typus di Indonesia adalah Taman Laut Olele, Gorontalo. Dimana provinsi baru di Sulawesi ini kini memiliki atraksi maritim baru, ketika dapat menemukan Hiu Paus di Perairan Gorontalo. Adapun ikan besar yang ditemukan disini adalah yang bermotif tutul.

2. Talisayan, Berau, Kalimantan Timur
Photo by triptrus.com

Sama seperti di Gorontalo. Talisayan, Berau, Kalimantan Timur juga kerap menjadi tempat ditemukannya hewan-hewan laut berukuran besar yang mondar-mandir dalam satu titik. Adapun ikan besar yang pertama kali ditemukan di lokasi ini adalah Hiu Paus pada 10 tahun yang lalu oleh para nelayan. Dan uniknya lagi, di lokasi ini juga ternyata Hiu Paus tidak ditemukan secara individu, melainkan lebih sering berkelompok. So, sekarang titik Talisayan dianggap penting bagi konservasi Hiu Paus.

3. Teluk Cendrawasih, Nabire, Papua
Photo by https://www.citimhotel.com

Nah, ini dia lokasi yang udah dikenal sebagai lokasi aktifitas para makhluk laut besar. Seperti Manta, ataupun Paus. Bahkan keduanya pun dikabarkan berada dalam satu wilayah. Anyway, Perairan Teluk Cendrawasih terletak di sebelah utara Papua, dan masuk kedalam kawasan Taman Nasional Cendrawasih yang terkenal sebagai wilayan perairan terluas di Indonesia.
Menariknya lagi, tepatnya di Desa Kwantisore, kamu dapat menemukan Hiu Paus yang bahkan sering muncul di permukaan dan berinteraksi dengan warga lokal.

Nah, itulah 3 titik di Indonesia yang menjadi tempat perkembangbiakan ikan-ikan besar di dunia. So, nggak heran deh kenapa para penyelam dari berbagai negara berbondong-bondong mendatangi negeri kita yang kaya ini. Jadi, gimana ? Udah jatuh cinta belum kamu sama negeri sendiri ? :)

Ref : https://www.goodnewsfromindonesia.id
Author : @rizkyamalia
Tags

kikyamaleader

Hai! Panggil saja aku Rizky Amalia. Seorang perempuan yang hobby traveling dan hiking, kemudian dengan hati berbunga-bunga selalu bersemangat menceritakan kembali dalam bentuk tulisan agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Anyway, selain aktif menulis di Backpacker Jakarta, aku juga bagian dari Teater Enjuku'18, selain itu pernah menjadi Ketua UKM Seni Budaya STEI '15, Wakil Ketua OSIS SMKN 14, dan bagian dari Paskibra SMKN 14 serta Racata Taekwondo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close