Uncategorized

Melepas Penat Di Aek Rangat

Pulau Samosir memang kaya akan tempat wisata, tidak berhenti pada keindahan Danau Toba dan peninggalan sejarah, di sana juga ada gunung yang menghasilkan belerang dan memiliki mata air panas atau sering disebut Aek Rangat oleh penduduk.

Pemandian air panas yang terletak di Gunung Pusuk Buhit, Kota Pangururan di Kabupaten Samosir tersebut menjadi wisata yang diminati turis lokal dan mancanegara. Pusuk Buhit bagi sebagian orang, terutama dari masyarakat batak, adalah gunung keramat karena pencipta alam semesta untuk pertama kalinya menunjukkan diri di tempat ini.

new-image9

Aek Rangat atau Hot Spring terletak persis di bawah kaki Pusuk Buhit, titik tertinggi di kawasan Danau Toba. Air hangat tersebut mengalir dari gunung besar yang bewarna putih keabu-abuan tersebut.
Keindahan gunung yang menghasilkan air hangat tersebut juga tak lepas menjadi objek foto yang menarik. Selain warnanya yang unik tidak seperti gunung pada umumnya, kaki gunung tersebut juga mudah didaki karena sudah memiliki akses naik.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan air hangat langsung dari aliran gunung bisa juga mengambilnya dari celah-celah batu. Tapi tentu tidak bisa untuk mandi karena suhunya yang cukup tinggi.

Di kawasan kaki gunung, banyak penduduk membuka kolam-kolam pemandian. Kolam-kolam tersebut langsung menampung aek rangat dari kaki gunung yang kemudian dicampur dengan air tawar untuk menetralkan kadar kepanasan dan kadar belerang yang tinggi dari kaki gunung. Untuk harga tiket masuk terbilang cukup unik karena bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi mandi air panas cuma di wajibkan jajan di kantin yang telah disediakan oleh pihak pemandian air panas.

Created by : Berli

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *