Home / Blog / Danau & Sungai / Pulau Satonda salah satu Pulau Paling Indah di Indonesia

Pulau Satonda salah satu Pulau Paling Indah di Indonesia

Siapa sangka jika selama ini Indonesia masih memiliki tempat-tempat paling keren di Dunia. Salah satu tempat yang mulai ngehits belakangan ini adalah Pulau Satonda. Pulau Satonda sendiri merupakan sebuah pulau yang berada di ujung barat Kabupaten Dompu atau di Desa Nangamiro Nusa Tengggara Barat.

foto : @aliangger

Pulau Satonda menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pemandangan ini bisa lebih menakjubkan bila kita melihatnya dari ketinggian. Akan terlihat sebuah Danau yang cukup besar tepat ditengah-tengah pulau. Yap Pulau Satonda sendiri merupakan sebuah daratan yang terbentuk oleh letusan gunung api dari dasar laut jutaan tahun lalu.

pantai di pulau satonda (foto : @winkys315315)

Pulau Satonda memiliki pantai yang tak kalah indahnya. Pasir putih pantai yang bersih dan mempesona menghiasi disepnjang pinggir pulau. Tak hanya pantai yang bisa kita nikmati, tak jauh dari pantaipun kita sudah bisa melihat keindahan bawah laut pulau satonda dengan snorkeling atau diving. Mulai dari jenis karang, seperti Labophyton sp, Nephtea sp sampai dengan Lemnalia sp atau binatang laut lain, seperti penyu sisik dan ikan-ikan yang beraneka ragam.

Salah satu biota laut Bintang Laut yg uni (foto : @_there_za_)

Takheran jika karena Keindahan itulah yang menjadikan Pulau Satonda ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam laut (TWAL) oleh Menteri Kehutanan dan Perkebunan pada tahun 1999. Selain keindahan alam, pantainya dan bawah lautnya, Pulau Satonda juga memiliki pesona alam yang wajib kamu lihat yakni Pendakian ke Gunung Satonda.

pemandangan dari atas danau satonda (foto : @ikhsan_hanif)

Gunung Satonda diyakini berumur lebih tua dari Gunung Tambora. Gunung yang tak terlalu tinggi ini bisa didaki tapi ingat usahakan mendaki bersama teman-temanmu dan ditemani guide setempat. Oh ya di Pulau Satonda juga ada sebuah kolam kecil dan sebuah pohon yang cukup terkenal bernama Pohon Kalibuda atau Pohon Harapan.

Pohon Harapan (foto : @afrinesty21)

Dinamakan Pohon Harapan karena menurut warga sekitar, pohon ini dipercaya dapat mengabulkan semua permintaan dengan cara menggantungkan apapun yang dimilikinya apalagi yang paling berharga bagi dirinya sembari memanjatkan doa kepada leluhur yang ada ditempat.

Tak heran jika saat kita melihat Pohon ini ada begitu banyak barang-barang bergelantungan di ranting atau dahan Pohon Kalibuda yang beraneka ragam seperti sepatu, plastik , kain-kain, kaus kaki, kaleng hingga bekas bungkus rokok.

Bermain sampan didanau satonda ( foto : winreds0701 )

Untuk sampai di Pulau Satonda kita bisa mengambil beberapa alternatif jalur seperti dari Sumbawa Besar ke Desa Nangamiro dengan jarak tempuh sekitar 8 jam atau dari Kota Dompu dengan jarak tempuh sekitar 5 jam. Tujuan utamanya adalah pelabuhan Nangamiro lalu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu ke Pulau Satonda dengan jarak tempuh sekitar sekitar 1 jam penyebrangan laut. Biasanya Tarif penyebrangan perahunya kepulau satonda cukup murah sekitar Rp 235 ribuan.

dermaga pulau satonda ( foto : @exvenesia)
foto : @fatrismf⠀

Oh ya Tahukah kamu jika Air di Danau Satonda rasanya Asin.

Yap rasa asin dari danau di Pulau Satonda ini sampai sekarang masih menjadi misteri loh, meskipun sering kali diteliti oleh pihak terkait namun belum ada penjelasan pasti mengapa bisa asin padahal bisa terbilang danau ini cukup jauh dari tepi pantai yakni sekitar 3 km.

foto: @kulicitra
sunset pulau satonda (foto : @obsidian_outdoor)

Misteri itulah yang menjadikan danau Pulau Satonda menjadi keunikan tersendiri dibanding danau-danau lainya. Bahkan keindahan Pulau Satonda kini semakin tersohor hingga kemancanegara, tak heran bila kamu datang kepulau ini akan lebih banyak dijumpai turis asing dibandingan turis lokal.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Mengintip Destinasi Terbaik Wisata Bawah Laut, Pulau Waigeo Raja Ampat

Pulau Waigeo adalah pulau terbesar dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat yang paling …