City Tour & Landmark

Kamu Patut Bangga, 10 Jembatan Terpanjang ini ada di Indonesia

Indonesia yang identik dengan Negara kepulauan dan memiliki Ribuan Sungai yang terbentang disetiap daerah menjadikan pemerintah giat membangun jembatan penghubung demi mempercepat pertumbuhan ekonomi. Tak hanya itu saja demi mempermudah akses dan jarak tempuh disetiap wilayah menjadi alasan mengapa banyak jembatan dibangun di Indonesia.

Berikut ini tercatat ada 10 Jembatan terpanjang di Indonesia yang dibangun hingga tahun 2017. Jembatan ini bisa saja tergantikan posisinya dengan jembatan lainya yang mulai dibangun ditahun mendatang terlebih di era pemerintahan Jokowi ada banyak sekali pembangunan Insfratuktur di setiap daerah.

1. Jembatan Suramadu – Surabaya Jawa Timur

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

foto : @jenvendes

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Provinsi Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah (Wiipedia).

Nama resmi : Jembatan Nasional Suramadu
Panjang : 5.438 meter
Lebar : 30 meter
Provinsi : Jawa Timur dan Madura
Diresmikan pada tahun : Juni 2009
Catatan : Terbentang di atas selat Madura

2. Jembatan Pasupati – Bandung Jawa Barat

Jembatan Pasupati atau biasa disebut Jalan Layang Pasupati adalah sebuah jembatan ternama di Kota bandung yang menghubungkan bagian utara dan timur melewati Lembah Cikapundung Kota Bandung. Panjang Jembatan Pasupati ini mencapai 2,8 kilometer dengan lebarnya 30-60 meter. Jembatan Pasupati  juga merupakan jembatan terpanjang ke 2 di Indonesia hingga saat ini 2018.

foto : @mulkisalman

Jembatan Pasupati diresmikan pada tanggal 26 Juni 2005 lalu dan kini Jembatan Pasupati  menjadi salah satu icon kebanggan warga Bandung. Dengan dibangunya Jembatan Pasupati ini membuat arus lalu lintas dari wilayah sekitar Jabodetabek menuju Bandung menjadi lebih mudah dan lebih singkat. Jembatan Pasupati  juga menghubungkan Jalan Terusan Pasteur  dan Jalan Surapati, itulah mengapa Jembatan ini diberi nama jembatan Pasupati karna gabungan nama jalan Pasteur dan Surapati.

Panjang : 2.800 meter
Lebar : 21,53 meter
Provinsi : Jawa Barat
Kota : Bandung
Dioperasikan pada tahun : Juni 2005

Baca selengkapnya diisini : Megahnya Jembatan Pasupati Bandung Jawa Barat

3. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah – Siak Riau

Salah satu jembatan yang cukup terkenal dan menjadi salah satu Icon kebanggan warga Siak adalah  Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan yang menjadi salah satu jembatan terpanjang di Sumatera dan Indoneisa ini umumnya lebih dikenal  dengan sebutan Jembatan Siak. Jembatan Siak  sendiri melintas di atas Sungai Siak, Kota Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau.

foto: @gianelbadri

Nama Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah ini diambil dari nama permaisuri Sultan Kesultanan Siak terakhir, Sultan Syarif Qasim II. Mengingat namanya susah disebutkan jadi orang lebih mudah menyebutnya dengan jembatan Siak.

foto: radarriaunet.com

Nama resmi : Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah
Panjang : 1.196 meter
Lebar : 16.95 meter
Provinsi : Riau
Kabupaten : Siak
Diresmikan pada tahun : 2007
Catatan : Terbentang di atas Sungai Siak

Selengkapnya : Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Jembatan Siak Kebanggan Warga Riau

4. Jembatan Merah Putih – Ambon Maluku

Jembatan Merah Putih adalah sebuah Jembatan kabel pancang yang terletak di Kota Ambon Provinsi Maluku, Indonesia. Jembatan yang sangat megah ini membentangi di Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Desa Rumah Tiga di Kecamatan Sirimau pada sisi utara, dan Desa Hative Kecil/Galala di Kecamatan Teluk Ambon di sisi selatan.

foto: @dududnw

Tahukan kamu jika Jembatan Merah Putih merupakan jembatan terpanjang di Indonesia Timur. Yap Jembatan Merah Putih memang menjadi salah satu jembatan yang sangat panjang tak heran jika Jembatan Merah Putih ini menjadi kebanggan warga ambon dan kinimenjadi salah satu Landmark kota Ambon.

Panjang : 1.140 meter
Lebar : 22,5 meter
Provinsi : Maluku
Kota : Ambon
Diresmikan pada tahun : 2016
Catatan : Terbentang di atas Teluk Dalam Pulau Ambon

Selengkapnya : Jembatan Merah Putih Ambon, Jembatan Terpanjang di Timur Indonesia

5. Jembatan Ampera – Palembang Sumatera Selatan

Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

foto : @edimarjuliofficial

Pada awalnya, bagian tengah dan bagian belakang dan bagian depan badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan jembatan. Bagian tengah jembatan dapat diangkat dengan peralatan mekanis, dua bandul pemberat masing-masing sekitar 500 ton di dua menaranya. Kecepatan pengangkatannya sekitar 10 meter per menit dengan total waktu yang diperlukan untuk mengangkat penuh jembatan selama 30 menit. (wikipedia)

Panjang : 1.117 meter
Lebar : 22 meter
Provinsi : Sumatera Selatan
Kota : Palembang
Diresmikan pada tahun : September 1965
Catatan : Terbentang di atas Sungai Musi

6. Jembatan Barito – Banjarmasin Kalimantan Selatan

Jembatan Barito adalah jembatan yang menghubungkan tepi barat Sungai Barito di Kecamatan Anjir Muara dan tepi timur Sungai Barito di Kecamatan Alalak dekat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jembatan ini memiliki panjang 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan Pulau Bakut selebar 200 meter.

foto : @rzah19__

Jembatan ini terdiri dari jembatan utama sepanjang 902 meter, dan jembatan pendekat 180 meter, dengan lebar 10,37 meter. Merupakan akses Jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya dan sebaliknya. Jembatan Barito sering disebut pula Jembatan Pulau Bakut, sesuai nama delta (pulau kecil) yang ada di bawahnya atau Jembatan Pulau Bakumpai, sesuai nama daerah tepi barat Sungai Barito (Sungai Banjar). (Wikipedia)

Panjang : 1.082 meter
Lebar : 10,37 meter
Provinsi : Kalimantan Selatan
Kota : Banjarmasin
Diresmikan pada tahun : April 1997
Catatan : Terbentang di atas Sungai Barito

7. Jembatan Mahakam Ulu – Samarinda Kalimantan Timur

Jembatan Mahakam Ulu (disingkat Mahulu) adalah sebuah jembatan yang menghubungkan kelurahan Loa Buah, Sungai Kunjang dengan kelurahan Sengkotek, Samarinda Seberang yang membentang di atas aliran sungai Mahakam. Awalnya jembatan ini akan digunakan sebagai antisipasi kemacetan di saat PON XVII di Samarinda, Kalimantan Timur. Akan tetapi jembatan ini tak bisa digunakan saat PON XVII karena pembangunannya yang belum selesai dan molor dari target semula, yaitu selesai pada April 2008. Jembatan ini ditargetkan selesai akhir tahun 2008.

foto : @tieria28

Kemudian Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Jembatan Mahulu pada tanggal 15 Juli 2009, bersamaan dengan proyek-proyek lain yang sedang digiatkan di Kalimantan Timur. Jembatan Mahakam Ulu memiliki bentang tengah 200 meter dengan panjang keseluruhan jembatan 789 meter. Panjang jembatan itu belum termasuk jalan pendekat. Lebar jembatan adalah 11 meter, sementara tinggi jembatan dengan permukaan air sungai tercatat 18 meter. Jembatan ini mempunyai bentang lingkar baja yang menjadi ciri khas jembatan ini. (wikipedia)

Panjang : 789 meter
Lebar : 11 meter
Provinsi : Kalimantan Timur
Kota : Samarinda
Diresmikan pada tahun : Juli 2009
Catatan : Terbentang di atas Sungai Mahakam

8. Jembatan Rumpiang – Barito Kuala Kalimantan Selatan

Jembatan Rumpiang adalah sebuah jembatan panjang yang membentang di atas sungai Barito, kota Marabahan, kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan yang diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 25 April 2008 ini konon menelan dana anggaran APB sekitar 174 Miliar.

foto : ZinkPower

Jembatan Rumpiang sendiri menghubungkan Kota Marabahan dengan kota Banjarmasin. Sebelum ada Jembatan Rumpiang ini, masyarakat dikedua kota tersebut harus menggunakan kapal feri untuk menyeberangi Sungai Barito bila ingin melintasi kawasan ini.

foto: @rejekiansyah
Panjang : 753 meter
Provinsi : Kalimantan Selatan
Kota : Banjarmasin (menghubungkan kota Banjarmasin dengan kota Muarabahan)
Diresmikan pada tahun : April 2008
Catatan : Terbentang di atas Sungai Barito

Selengkapnya : Cantiknya Jembatan Rumpiang Di Barito Kuala Kalimantan Selatan

9. Jembatan Kutai Kartanegara – Samarinda Kalimantan Timur

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia.Panjang jembatan secara keseluruhan mencapai 710 meter, dengan bentang bebas, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter. Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda.

foto : @kukarphotograpy

Sempat ambruk pada 26 November 2011, jembatan ini kemudian dibangun kembali di lokasi yang sama pada tahun 2013 dan resmi dibuka untuk umum pada 8 Desember 2015. Jembatan Kutai Kartanegara merupakan jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda sehingga juga disebut Jembatan Mahakam II. Jembatan ini awalnya dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Pembangunan jembatan ini dimulai pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut. (wikipedia)

Nama resmi : Jembatan Kutai Kartanegara ing Martadipura
Panjang : 710 meter
Provinsi : Kalimantan Timur
Kota : Kutai Kartanegara
Diresmikan pada tahun : 2001
Catatan : Terbentang di atas Sungai Mahakam

10. Jembatan Barelang – Batam Kepulauan Riau

Jika Palembang Punya Jembatan Ampera maka Batam juga punya Jembatan megah yang bernama Jembatan Barelang. Jembatan Barelang adalah salah satu jembatan icon kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, tak heran bila jembatan ini menjadi salah satu jembatan termegah di Indonesia Bagian Barat.

Jembatan Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Nama-nama tersebut adalah nama sebuah pulau yang ada disekitar jembatan Barelang dan menjadi penghubung antara pulau satu dengan pulau lainya. Nama lain dari jembatan ini adalah Jembatan Habibie mengingat beliaulah yang memprakarsai pembangunan jembatan ini.

Nama resmi : Jembatan Tengku Fisabilillah
Panjang : 642 meter
Provinsi : Kepulauan Riau
Kota : Batam
Diresmikan pada tahun : 1998
Catatan : Menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton. Barelang adalah singkatan dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang.

SelengkapnyaJembatan Barelang, Jembatan Termegah di Barat indonesia

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *