City Tour & Landmark

Cantiknya Jembatan Rumpiang Di Barito Kuala Kalimantan Selatan

Jembatan Rumpiang adalah sebuah jembatan panjang yang membentang di atas sungai Barito, kota Marabahan, kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan yang diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 25 April 2008 ini konon menelan dana anggaran APB sekitar 174 Miliar.

foto : ZinkPower

Jembatan Rumpiang sendiri menghubungkan Kota Marabahan dengan kota Banjarmasin. Sebelum ada Jembatan Rumpiang ini, masyarakat dikedua kota tersebut harus menggunakan kapal feri untuk menyeberangi Sungai Barito bila ingin melintasi kawasan ini.

foto: @
rejekiansyah
foto : waagner-biro.com

Jembatan Rumpiang memiliki total panjang bentang yakni 753 meter dengan bentang utama sepanjang 200 meter menggunakan konstruksi pelengkung rangka baja. Pembangunan Jembatan Rumpiang sendiri dimulai sejak akhir tahun 2003 dan berakhir pada April 2008 atau sekitar 5 tahun masa pengerjaan pembangunan jembatan.

foto : agenfiforlif.mc468.com
foto : Wisata Kalimantan
foto: @yafialhakim

Kini Jembatan Rumpiang telah menjadi salah satu landmark atau icon kota Marabahan dan menjadi kebanggan warga Kalimantan selatan. Jembatan Rumpiang juga menjadi salah satu jembatan terpanjang di Kalimantan dan di Indonesia. Jembatan Rumpiang tak hanya terlihat cantik dari segi bangunanya tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi mereka yang datang ke Kabupaten Barito Kuala. Mengabadikan moment dengan latar belakang jembatan cantik ini menjadi salah satu hal yang menarik terlebih jika dari tepian sungai barito.

foto : @anui_kimoz
foto: @munof_

Untuk menuju Jembatan Rumpiang ini, kita bisa menempuhnya dari Pusat kota Banjarmasin sekitar 1 – 1.5jam menuju kota Marabahan. Jika diamati memang bentuk Jembatan Rumpiang lebih sempit dan lebih kecil dibanding Jembatan Barito yang sudah menjadi ikon Kalimantan Selatan. Tapi justru sebenarnya pilar-pilar tinggi yang menyangga jembatan dan lengkungan sempurna pada bagian atap jembatan menjadikan Jembatan Rumpiang terlihat lebih indah dan menawan.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *