City Tour & Landmark

Jembatan Barelang, Jembatan Termegah di Barat indonesia

Jika Palembang Punya Jembatan Ampera maka Batam juga punya Jembatan megah yang bernama Jembatan Barelang. Jembatan Barelang adalah salah satu jembatan icon kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, tak heran bila jembatan ini menjadi salah satu jembatan termegah di Indonesia Bagian Barat.

Icon jembatan Balerang Batam

Jembatan Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Nama-nama tersebut adalah nama sebuah pulau yang ada disekitar jembatan Barelang dan menjadi penghubung antara pulau satu dengan pulau lainya. Nama lain dari jembatan ini adalah Jembatan Habibie mengingat beliaulah yang memprakarsai pembangunan jembatan ini.

Jembatan Trans Barelang sendiri membentang sepanjang 54 kilometer dan terdiri dari enam buah jembatan yakni :

Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), jembatan yang terbesar
Jembatan Nara Singa (jembatan II)
Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
Jembatan Raja Kecik (jembatan VI)

Pembangunan jembatan Barelang diperuntukan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dikawasan Batam terlebih Batamdekat dengan negara Singapore yang sangat maju. Tak heran bila kini banyak sekali aktivitas perindustrian dikawasan barelang maupun lalulintas kendaraan yang melewati jembatan ini. Jembatan Barelang tak hanya menjadi jembatan saja namun juga telah dikembankang menjadi kawasan wisata.

Umumnya orang yang datang ke Batam pasti akan berfoto dengan icon atau landmark jembatan Balerang. Disekitar kawasan Jembatan ada sebuah tempat bagi para pengunjung untuk mengambil foto atau sekedar beristirahat sembari menikmati keindahan pemandangan disekitarnya. Beberapa toko souvenir, toilet dan food arena juga sudah tersedia disini jadi kalian tak perlu khawatir kelaparan.

Dalam pembangunanya, Jembatan Barelang menjadi salah satu project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa adanya campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Pembangunan jembatan Barelang menghabiskan anggara Rp 400 Miliar dan pembangunanya memakan waktu sekitar 6 tahun lamanya yakni dari tahun 1992 hingga tahun 1998.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *