Air TerjunAlam & TamanDanau & SungaiEditor PicksGoaPulau

Ini Dia 8 Destinasi wisata disekitar Labuan Bajo yang bisa kamu Kunjungi

Labuan Bajo merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat sekaligus pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Di Labuan Bajo sendiri ada sebuah bandara Internasional yang bernama Bandar Udara Internasional Komodo yang menjadi salah satu bandara kebanggaan masyrakat Flores karena menjadi salah satu bandara terbaik dan terbesar di NTT yang menjadi akses keluar masuk dalam dan luar negri.

foto : @fastoceancruisers.com

Seiring meningkatnya wisatawan yang datang ke Labuan Bajo, maka aktivitas penerbangan dan pergerakan pariwisata dikawasan ini menjadi salah satu yang tersibuk di Indonesia. Tentunya hal ini didasari pada keindahan Pulau, Pantai dan tentunya sang icon Komodo yang satu-satunya binatang purba di dunia yang masih bertahan dan menjadi impian semua wisatawan untuk melihatnya langsung.

Pemandangan Hijau pulau padar

Nah buat kalian yang datang ke Labuan bajo mengikut sailing (biasanya 3 hari) namun kalian datang lebih awal akibat jadwal penerbangan yang terbatas jangan khwatir, disekitar Labuan bajo banyak sekali destinasi keren yang bisa kamu kunjungi. Bahkan beberapa diantaranya masih snagat alami dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Mau tau destinasinya apa saja, simak liputanya.

1. Bukit Sylvia

Labuan Bajo merupakan salah satu kawasan yang memiliki pelabuhan tersibuk di Nusa Tenggara Timur. Banyak kapal-kapal berukuran kecil hinga besar hilir mudik dikawasan ini. Banyak juga beragam jenis kapal yang ada dipelabuhan Bajo baik kapal nelayan maupun pesiar entah itu dari dalam negri maupun luar negri datang ke pelabuhan Bajo.

Sunrise Bukit sylvia Flores (foto : @pemudafajar)

Bila kalian dari pelabuhan Bajo, kalian harus berjalanan kaki 30 menit atau menggunakan ojek atau angkot yang ada disekitar pelabuhan sekitar dengan waktu tempuh 5 menitan. Usahakan bila ingin melihat sunset datang sebelum pukul 4 sore agar kita juga masih bisa menyaksikan keindahan kawasan lautan disekitar pelabuhan Bajo.

Selengkapnya : Bukit Sylvia, Tempat terbaik melihat Sunset Labuan Bajo

2. Goa Rangko

Goa Rangko merupakan tempat wisata yang cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan. Ditambah lagi, eksistensinya masih jarang terjamah orang. Terletak di Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju kesini, kamu dapat mengakses dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

sumber foto : galeri indonesia kaya

Goa Rangko ini sering disebut Goa Buaya. Eitsss, tapi tenang dulu. Disini nggak ada buaya nya kok. Jadi, kalian bisa menikmati keindahannya dengan nyaman dan aman. By the way, Goa Rangko bisa kamu jadikan salah satu alternatif wisata sebelum atau setelah berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Selengkapnya : Goa Rangko. Sensasi Kolam Pribadi Alami Di Nusa Tenggara

3. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang adalah sebuah danau vulkanik yang berada di sebelah tenggara kawasan Hutan Mbeliling dan blok Hutan Sesok. Hutan Mbeliling merupakan salah satu kawasan hutan yang dilindungi karena sangat berperan penting dalam menjaga ekosistem dan sumber air disekitar labuan bajo.

foto : @nonveraa

Danau Sano Nggoang berada pada ketinggian 750 m dpl dan memiliki kedalaman sekira 600 m. Danau Sano Nggoang memiliki daya tarik tersendiri karena danau ini memiliki kadar belerang yang cukup tinggi. Bau belerang yang menyengat akan tercium saat berada di kawasan danau ini. Nah biasanya wisatawan yang datang ke Danau Sano Nggoang selain menikmati keindahan danau juga mandi dan menimati kesegaran airnya.

Selengkapnya : Danau Sano Nggoang, Danau Terbesar di NTT

4. Air Terjun Cunca Wulang

Labuan Bajo tak hanya melulu soal Laut atau pantai atau pulau saja. Tak jauh dari pelabuhan ini kita bisa menjumpai sebuah air Terjun yang cantik yakni Air Terjun Cunca Wulang. Air Terjun Cunca Wulang sendiri terletak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Labuan Bajo.

foto : @josefinegranbacka

Untuk menuju Air Terjun Cunca Wulang, kita harus menyusuri hutan dan tebing menuju air terjun mengingat lokasinya berada dikawasan hutan yang masih asri. Ketinggian Air Terjun Cunca wulang yakni sekitar 15 M. Untuk menuju Air Terjun Cunca Wulang kita bisa ambil perjalanan menuju Desa Wersawe yakni pintu utama menuju air terjun cunca wulang. Jangan lupa untuk masuk ke Air Terjun Cunca Wulang, kamu harus menulis nama di buku tamu serta menyewa guide.

Selengkapnya : Air Terjun Cunca Wulang, Green Canyon Labuan Bajo

5. Goa Batu Cermin

Selain Goa Rangko, Labuan Bajo juga memiliki Goa keren lainya yakni Goa Batu Cermin. Goa yang terletak di Desa Batu Cermin ini berjarak lebih kurang 3 km dari Kota Labuan Bajo. Keunikan dari Goa Batu Cermin adalah kita bisa melihat Sinar matahari yang masuk ke dalam gua melalui lubang-lubang goa. Cahaya matahari ini akan  memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua seperti sebuah cermin. Itulah mengapa goa ini dinamakan Goa Batu Cermin.

foto : @onedeelee

Goa Batu Cermin memiliki panjang sekitar 200 meter dan memiliki banyak lorong. Goa Batu Cermin juga dipenuhi beragam bentuk  stalagtit dan stalagmit yang masih terpelihara dengan baik dan masih terjaga. Selain keindahan stalagtit dan stalagmit, keindahan lainya yakni kita bis amelihat fosil hewan laut menempel di sejumlah bagian gua seperti fosil terumbu karang, ikan dan penyu.

Selengkapnya : Ada Fosil Kura-kura di Goa Batu Cermin, Bukti Flores dulunya Didasar Laut

6. Cunca Rami

Selain Air Terjun Cunca Wulang, Labuan Bajo juga memiliki air terjun keren lainya yakni Air Terjun Cunca Rami. Air Terjun Cunca Rami berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan mempunyai debit air yang cukup besar dibanding air terjun cunca wulang. Ketinggian Air terjun Cunca Rami juga lebih tinggi  yakni sekitar 30 m dibanding air terjun cunca wulang.

foto : @brigitt10

Lokasi Air Terjun Cunca Rami tak jauh dari air terjun Cunca Wulang. Sama-sama berada dikawasan Hutan konservasi Labuan bajo. Untuk tiba di Air Terjun Cunca Rami kita bisa melaluinya dari Kota Labuan Bajo yang berjarak sekitar 30 km dengan menggunakan mobil  menuju Desa Cunca Lolos.  Waktu tempuh yang dibutuhkan yakni sekitar 1 jam.  Setibanya di Desa Cunca Lolos kita harus kembali melanjutkan perjalananmu menuju Air Terjun Cunca Rami melalui jalur trekking yang cukup terjal.

Selengkapnya : Air Terjun Cunca Rami, Salah satu Destinasi wisata Lainya di Labuan Bajo

7. Puncak Gunung Mbeliling

Puncak Gunung Mbeliling merupakan salah satu puncak tertinggi di Labuan Bajo.  Puncak Gunung Mbeliling sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.250 meter dari permukaan laut. Biasanya Area puncak Puncak Gunung Mbeliling digunakan untuk aktivitas camping oleh para wisatawan maupun warga setempat.

foto : @rijrijal

Di Hutan Mbeliling Sendiri kita bisa melihat berbagai binatang maupun tumbuhan edemik kawasan ini seperti berbagai jenis burung Gagak Flores dan Serindit Flores. Dikawasan Puncak Gunung Mbeliling juga banyak tumbuh tanaman herbal yang biasa digunakan warga setepat sebagai obat tradisional.

8. Pulau Seraya Kecil

Bila kalian ingin menikmati aktifitas dipantai yang tak jauh dari Pelabuhan Bajo, kalian bisa singgah di Pulau Seraya Kecil atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Seraya. Pulau Seraya merupakan sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur atau berjarak sekitar 10 kilometer sebelah utara dari pusat kota Labuan Bajo.

foto : @yudhistira.33

Pulau Seraya memiliki garis pantai sepanjang 1 kilometer. Akses untuk menuju ke pulau ini cukup mudah. Bila Anda dari pusat kota Labuanbajo bisa langsung menuju ke Pelabuhan Labuanbajo. Nah dari pelabuhan kita harus menyewa perahu motor dimana tarifnya berkisar antara Rp 300.000,- hingga Rp 500.000. Pemandangan yang ditawarkan selain keindahan pantainya yang berpasir putih, kita bisa menimati keindahan golden sunset dari pulau ini.

Selengkapnya : Pulau Seraya, Pulau Kecil nan Eksotis di Labuan Bajo

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close