Air Terjun

Air Terjun Cunca Rami, Salah satu Destinasi wisata Lainya di Labuan Bajo

Selain Air Terjun Cunca Wulang, Labuan Bajo juga memiliki air terjun keren lainya yakni Air Terjun Cunca Rami. Air Terjun Cunca Rami berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan mempunyai debit air yang cukup besar dibanding air terjun cunca wulang. Ketinggian Air terjun Cunca Rami juga lebih tinggi  yakni sekitar 30 m dibanding air terjun cunca wulang.

foto : @brigitt10

foto : @tinaedenaeDalam Bahasa lokal, Air Terjun disebut cunca itulah mengapa air terjun ini dinamakan Cunca Rami. Air terjun Rami berada tepat dikawasan hutan tropis Flores yang bernama Hutan Mbeliling yang terletak di Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Sebearnya ada banyak air terjun di kawasan hutan ini namun yang paling terkenal adalah Cunca Wulang dan Cunca Rami.

foto : @tinaedenae
foto : @vannyandhinipulungan

Lokasi Air Terjun Cunca Rami tak jauh dari air terjun Cunca Wulang. Sama-sama berada dikawasan Hutan konservasi Labuan bajo. Untuk tiba di Air Terjun Cunca Rami kita bisa melaluinya dari Kota Labuan Bajo yang berjarak sekitar 30 km dengan menggunakan mobil  menuju Desa Cunca Lolos.

foto : @yayat_fahry
foto : @dijhe_

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai desa terakhir yakni sekitar 1 jam.  Setibanya di Desa Cunca Lolos kita harus kembali melanjutkan perjalananmu menuju Air Terjun Cunca Rami melalui jalur trekking yang cukup terjal. Perjalanan treking kurang lebih memakan waktu hingga 1-1.5 jam lamanya.

foto : @gunawanmapawa

Air terjun ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Maka dari itu saat menuju air terjun ini kita harus mempersiapkan bawaan baik makanan maupun minuman. Selama diperjalanan menuju air terjun, kita akan disuguhkan hamparan sawah yang sangat indah tertata dengan baik khas masyarakat Flores. Selain sawah, pemandangan hutan yang lebat dan sungai-sungai kecil akan kita jumpai hingga kita tiba dilokasi.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *