Danau & Sungai

Danau Sano Nggoang, Danau Terbesar di NTT

Danau Sano Nggoang adalah sebuah danau vulkanik yang berada di sebelah tenggara kawasan Hutan Mbeliling dan blok Hutan Sesok. Hutan Mbeliling merupakan salah satu kawasan hutan yang dilindungi karena sangat berperan penting dalam menjaga ekosistem dan sumber air disekitar labuan bajo.

foto : @nonveraa

Danau Sano Nggoang berada pada ketinggian 750 m dpl dan memiliki kedalaman sekira 600 m. Danau Sano Nggoang memiliki daya tarik tersendiri karena danau ini memiliki kadar belerang yang cukup tinggi. Bau belerang yang menyengat akan tercium saat berada di kawasan danau ini. Nah biasanya wisatawan yang datang ke Danau Sano Nggoang selain menikmati keindahan danau juga mandi dan menimati kesegaran airnya.

Sunset di Sano Nggoang (foto : @fitrajaya_)
foto : @printed.earth

Danau Sano Nggoang juga merupakan salah satu danau vulkanik terbesar yang ada di bagian timur Indonesia. Luasnya yang mencapai 513 hektar dan kedalamannya diperkirakan mencapai 500 meter membuat danau ini menjadi salah satu sumber air dikawasan hutam Mbeliling Labuan Bajo.

foto : @floresexotictours
Pemandangan dari atas Danau (foto: @rasyidbs)

Buat kalian yang ingin melihat langsung bentuk Danau Sano Nggoang , kalian bisa mendaki bukit yang ada disekitar danau yakni Puncak Golo Dewa. Puncak Golo dewa sendiri  adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan keseluruhan Danau Sano Nggoang dari atas. Hutan lebat yang mengelilingi pinggir danau akan menambah keindahan tersendiri terlebih jika kabut datang, pemandanganya akan sangat lebih mengesankan.

foto : @much.bachrul_ulum
foto : @elpohan

Untuk mencapai Danau Sano Nggoang , bisa dicapai dalam waktu 45 menit sampai 1 jam dari kampung Nunang. Salah satu perkampungan terdekat dengan Danau Sano Nggoang . Oh ya, disekitar danau ini juga sudah banyak hostel atau penginapan yang bisa kalian sewa, jadi buat akalian yang ingin menikmati keindahan dan kesegaran Danau Sano Nggoang  tak perlu khawatir mau menginap dimana.

foto : @eyzatamer
foto : @deazz

Biasanya para wisatawan yang datang kesini untu berburu sunrise atau sunsetnya. Yap Sunrise maupun sunset yang ada di Danau Sano Nggoang sangat luar biasa indah dan menggumkan. Dengan latar belakang ketenangan danau dan alam sekitar danau membuat kita akan sangat menikmati keheningan maupun kesunyian menjelang siang atau menjelang malam hari.

foto : @fdonelli
foto : @mbhum

Jika kita berasal dari kota Labuan Bajo, jaraknya sekitar 63 km atau sekitar 3 jam perjalanan untuk tiba di Danau Sano Nggoang . Meski Danau Sano Nggoang tergolong destinasi wisata yang keren di Bajo, namun keindahanya belum banyak diketahui orang lain. Itu sebabnya danau ini masih jarang dikunjungi wisatawan dari luar kota. Jalan menuju Danau Sano Nggoang  juga masih belum bagus, hanya jalan seadanya.

 

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close