Alam & TamanEditor PicksWisata Jakarta

Wajib Tahu, 10 Taman Terbaik di Jakarta

Sebagai Ibu kota, Jakarta merupakan daerah yang padat penduduk lengkap dengan segala aktivitas yang membuat kemacetan jalan serta jauh dari suasana udara segar. Namun dibalik kepenatan kota tersebut, jakarta menyimpan ruang-ruang hijau di beberapa sudut kota. Mau tau taman apa saja yang bisa kamu jadikan sebagai tempat berkumpul bersama temanmu atau keluargamu, simak liputanya.

1. Taman Cattleya

Taman Cattleya merupakan salah satu Taman yang ada diwilayah Jakarta Barat tepatnya di perempatan Tomang menuju Tol Kebon Jeruk. Taman ini memiliki luas sekitar tiga hektare yang ditumbuhi beragam jenis tanaman, pohon, bunga dan juga sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas umum.

Taman Cattleya atau biasa disebut Taman Tomang ini sering dijadikan tempat berkumpulnya anak-anak muda jakarta dikala libur atau sekedar menikmati waktu bersantai ditaman. Tak hanya itu saja taman ini juga dijadikan tempat berolahraga oleh warga sekitar karena banyak fasilitas kesehatan dan kebugaran yang diberikan secara gratis ditaman ini.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Taman Cattleya Tomang Jakarta Barat

2. Taman Suropati

Taman Suropati yang terletak tak begitu jauh dari taman menteng, ke arah barat ini juga tak kalah menarik untuk mengisi akhir pekan. Sebuah taman yang terletak di Jl. Pangeran Diponegoro, Menteng Jakarta, atau tepatnya di dekat masjid Sunda Kelapa. Lokasinya dapat dijumpai dengan adanya air mancur di dekat patung berkuda Diponegoro.

air mancr di taman suropati yang memukau

Ada apa saja yang dapat kita nikmati di taman suropati?? Di taman suropati ini juga didukung fasilitas wifi di beberapa titik. Selain itu di taman ini lebih identik berupa pepohonan yang rimbun tinggi, sebagai tempat hinggapnya burung-burung. Karena di taman ini dapat kita jumpai rumah-rumah pohon sebagai tempat tinggal burung merpati dan burung dara yang menjadi daya tarik di taman ini. Tentu suasana di taman suropati berbeda dengan suasana di taman menteng.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Jalan-jalan ke Taman Suropati

3. Taman Menteng

Taman Menteng, ialah sebuah taman yang memiliki luas kurang lebih 2 Hektar dan berlokasi di antara Jalan Moh.Yamin dan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. Taman yang dibuka mulai dari Pukul 05.00 pagi hingga pukul 22.00 ini, gratis lhoh… tidak dipungut biaya untuk bisa bermain ke taman ini, Hanya sebatas biaya parkir kendaraan saja, demi keamanan dan kenyamanan kalian ketika berkunjung ke taman ini.

Di taman ini kalian bisa jogging, ngobrol-ngobrol cantik, olahraga, ngopi-ngopi ganteng, atau sekedar ingin duduk sambil foto-foto selfie. Yang jelas tempat ini asik sekali untuk dikunjungi. Berbagai fasilitas lengkap juga sudah tersedia di taman menteng, seperti masjid untuk beribadah, wifi gratis di beberapa titik, toilet, area jogging, arena bermain anak-anak yang menarik, serta lapangan volly, basket, dan futsal. Karena suasana taman yang sejuk, diantara pepohonan yang rimbun dan hijau yang tertata rapi taman ini sering dijadikan lokasi berkumpulnya beberapa komunitas.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Rumah Kaca di Taman Menteng Jakarta

4. Taman Kalijodo

Kalijodo adalah sebuah Taman terbuka masyarakata Jakarta yang berlokasi di sekitar Jalan Kepanduan II, Kelurahan Pejagalan Kecamatan Penjaringan, di sepanjang bantaran timur Banjir Kanal Jakarta. Kalijodo bukan hanya sekedar taman biasa mengingat banyak sekali fasilitas tersedia ditaman ini. Tentunya yang paling terkenal adalah area skatepark salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

foto : ompas.com

Kalijodo selain menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) juga menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Tak heran bila setiap hari ditaman ini dipenuhi warga setempat dan pengunjung dari berbagai daerah baik Jakarta dan sekitarnya yang penasaran ingin melihat langsung keindahan taman Kalijodo.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Kalijodo, Taman terbaik di Jakarta dengan segudang fasilitasnya

5. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang berlokasi di Jl. Lembang, Menteng Jakarta Pusat. Untuk menuju taman situ lembang cukup mudah, karena lokasinya yang masih dalam sekitaran menteng berdekatan dengan taman suropati dan taman menteng. Dari taman suropati hanya sekitar 250m Ke arah Jl. Padalarang, melewati portal kompleks elit menuju Jl. Lembang.

pantulan pemandangan ke danau seperti cermin

Nah Guys, di taman situ lembang ini kita akan menyaksikan danau yang luas ditengah-tengah taman. Didalam danau-danau tersebut terdapat bunga-bunga teratai cantik yang menjadi cirri khas taman ini. Uniknya ditengah-tengah danau tadi terdapat air mancur yang exotis membuat kita terpana.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Taman Situ Lembang, Jakarta Pusat

5. Taman Honda Tebet

Taman Honda Tebet adalah sebuah taman yang cukup luas dan besar yang terletak di Jl. Tebet Timur Raya No.10, RT.1/RW.4, Tebet Tim., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820. Taman ini terletak diantara perumahan warga dan jalan raya sehingga taman ini sering dijadikan sebagi lokasi berbagai event terutama para komunitas atau acara lainya.

Taman Honda Tebet juga sering dijadikan warga setempat sebagai lokasi berolahraga karena selain sejuk udara disekitarnya juga taman ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum seperti sport center, toilet dan joging track. Bahkan ditaman ini kita bisa melihat banyak sekali kegiatan dan aktivitas berbagai komunitas baik sekedar berkumpul ataupun menujukan berbagai atraksi sesuai komunitasnya.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Taman Honda Tebet, Tempat Anak Muda menggelar acara

6. Taman Waduk Pluit

Taman Waduk Pluit adalah salah satu taman yang tepat berada di waduk pluit Jakarta. Taman Waduk Pluit merupakan salah satu taman yang cukup luas dan memiliki banyak sarana dan fasilitas umum bagi masyarakat yang menikmati taman ini.

foto : @rakamengudara

Taman yang tak jauh dari Taman Kalijodo ini memiliki pemandangan yang langsung menghadap kearah waduk Pluit. Taman yang diresmikan pada 17 Agustus 2013 ini memiliki banyak fasilitas gratis yang bisa dinikmati pengunjung, seperti area bersantai, lintasan jogging, amphiteatre, lapangan basket, lintasan lari laun, teater, toilet, lapangan futsal dan taman bermain untuk anak-anak.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Taman Waduk Pluit, Taman Terbaik di Utara Jakarta

7. Taman Spathodea

Taman Spathodea adalah sebuah taman hijau untuk umum yang terletak di Jalan Kebagusan Raya, RT.13/RW.5, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12620. Taman Spathodea letaknya takjauh dari Taman Tabebuya yang juga ada disekitara Jagakarsa.

foto : youtube

aman Spathodea meski tergolong taman baru namun sudah menjadi favorit bagi warga Jagakarsa dan sekitarnya untuk berkumpul dan berolahraga. Bahkan keindahan taman Spathodea kini juga menjadi salah satu tujuan rekreasi akhir pekan bersama keluarga.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Taman Spathodea, Taman Baru yang ada di jakarta

8. Taman Langsat

Seperti yang kita ketahui jika Jakarta memiliki Ratusan Taman yang tersebar disegala penjuru Ibu Kota. Nah salah satu Taman yang akan kita bahas adalah Taman Langsat. Taman Langsat merupakan sebuah taman yang berada di di Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan atau tepatnya berada di belakang Pasar Burung Barito.

foto : @JejakPiknik.com

Taman Langsat ini menjai salah satu taman di Jakarta yang terluas yakni mempunyai luas lahan seluas 3,6 hektar. Sebenarnya Taman Langsat ini dulunya merupakan sebuah tempat penampungan bibit tanaman, namun pada saat ini telah ditingkatkan fungsinya menjadi area penyuluhan pertamanan dan beberapa fasilitas yang dapat dipergunakan untuk umum.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Taman Langsat, Tempat Terbaik untuk Menikmati Kesunyian Jakarta

9. Taman Tabebuya.

Salah satu taman terbaik di Jakarta yang cocok dijadikan untuk berlibur bersama keluarga adalah Taman Tabebuya. Taman Cantik yang ada di Selatan Jakarta ini sangat unik karena dilengkapi Kolam yang berisi bunga teratai. Selain tanaman teratai juga banyak ditanami bunga dan pohon-pohon disekitar taman sehingga sangat asri dan teduh untuk bersantai.

foto : snovi1710

Taman Tabebuya terletak di Jalan Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, letaknya dekat dengan pertigaan Jagakarsa, di turunan yang merupakan lembah. Taman yang dihiasi dengan beberapa gaezebo atau saung untuk bersantai ini kini menjadi salah satu taman yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat Jakarta khsusnya warga Jagakarsa.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini : Melihat Sakura & Bunga Teratai di Taman Tabebuya

10. Taman Prasasti

Di Jakarta seperti kita tahu banyak sekali bangunan bersejarah peninggalan masa penjajahan dahulu. Selain Museum Fatahillah yang ada di Kawasan Kota Tua Jakarta Barat, ada lagi satu museum yang merupakan peninggalan kolonial Belanda. Namanya Museum Taman Prasasti yang berlokasi di Jalan Tanah Abang Jakarta Pusat. Museum yang memiliki luas wilayah 1,2 hektar ini merupakan salah satu museum cagar budaya yang ada di Jakarta.

Di Museum Prasasti terdapat banyak koleksi Prasasti nisan kuno serta miniatur makam khas 27 provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu museum juga menampilkan karya seni dari masa lampau tentang kecanggihan para pematung, pemahat, kaligrafer, dan juga sastrawan.

Selengkapnya tentang taman ini bisa dibaca disini :  Taman Museum Taman Prasasti

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close