Air TerjunEditor PicksPantaiPulau

7 Destinasi Wisata di Kalimantan Yang Wajib Anda Datangi

Pulau Kalimantan atau dikenal juga dengan Borneo, memiliki potensi wisata baik wisata alam maupun pantai. Bukan itu saja, wisata budaya, belanja dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri dari salah satu pulau terbesar di Indonesia ini. Mari kita intip 7 wisata di Kalimantan yang jangan Anda lewatkan bila berkunjung ke sana!

1. Pulau Derawan

Foto : www.jejakpiknik.com

Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005. Pulau ini masih terjaga keasliannya, memiliki pasir putih yang sangat halus, warna ombaknya pun jernih dan bening serta memiliki banyak titik untuk snorkeling.

Baca Selengkapnya disini : Perdana!! Explore Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

2. Pasar Terapung Muara Kuin

Salah satu tempat wisata di Kalimantan Selatan yang paling terkenal adalah Pasar Terapung. Objek wisata yang satu ini termasuk salah satu tempat untuk aktivitas jual beli warga, dan uniknya Anda bisa melakukan jual beli di pasar ini tepatnya di atas perahu mengapung. Kini, pasar terapung sudah menjadi kawasan wisata di Kalimantan Selatan banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pasar Terapung. Foto : www.hipwee.com

Adapun salah satu jenis pasar terapung paling populer di Banjarmasin yaitu terletak di muara Sungai Barito, di Kelurahan Kuin Utara, kota Banjarmasin. Pasalnya, pasar terapung ini sudah ada semenjak 400 tahun silam. Adapun barang yang diperjualbelikan di pasar ini berupa makanan, pakaian dan hasil kebun. Awalnya, Pasar Terapung sendiri sebagai tempat untuk bertukar barang atau barter dengan tidak mempergunakan uang. Walaupun kini memakai uang untuk alat tukar, tetapi masih ada beberapa orang yang melakukan barter.

3. Danau Sentarum

Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Danau Sentarum merupakan komplek danau yang terdiri dari 20 danau besar kecil. Sebagai tempat dengan beragam koleksi satwa liar dan lingkungan alam yang indah, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Taman Nasional Danau Sentarum.

Danau Sentarum. Foto : DreamIndonesia.me

Bagi mereka yang suka menikmati mengamati burung, Bukit Lanjak dan Nanga Kenelang diketahui memiliki tempat terbaik untuk mengamati beberapa keajaiban terbang di Danau Sentarum. Danau interkoneksi yang luas dan mempesona juga membuat tempat yang sempurna untuk kano sambil mengamati satwa liar alami pada saat bersamaan.

4. Sunset di Pantai Melawai

Pantai Melawai menjadi ikon atau tempat nongkrong muda-mudi yang tinggal di Balikpapan serta pariwisata di pulau Kalimantan Indonesia. Tempat ini menjadi terkenal karena lokasinya yang mudah di jangkau serta pemandangan khas kota Balikpapan yang terpampang setiap hari seolah-olah pantai ini merupakan cerminan Kota Balikpapan itu sendiri.

Senja di Pantai Melawai. Foto : portalbalikpapan.com

Lokasinya di pinggir jalan sehingga mudah untuk di temukan, tepatnya berada di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur.

5.  Tanjung Puting

Taman Nasional (TN) Tanjung Puting terletak di semenanjung Kalimantan Tengah. Di sini terdapat konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi diperkirakan 30.000 sampai 40.000 orang utan yang tersebar di taman nasional dan juga di luar taman nasional ini. Taman nasional Tanjung Puting berukuran seluas Pulau Bali dan memiliki beberapa tipe ekosistem seperti: hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan mangrove, hutan pantai dan hutan sekunder.

Foto : Pontinesia.com

Letak taman nasional ini berada di ketinggian 0-100 mdpl dan merupakan rumah bagi satwa endemik dan dilindungi seperti: orang utan, bekantan, lutung merah, beruang, kancil, dan kucing hutan. Terdapat juga 200 jenis burung, 38 jenis mamalia, hewan liar lainnya dan sejumlah flora yang mendiami taman nasional ini. Taman Nasional Tanjung Puting ini merupakan pusat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia.

Baca Selengkapnya disini : Taman Nasional Tanjung Puting, Surga Bagi Habitat Orang Utan di Kalimantan Tengah

6. Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai

Jembatan Gantung Bangkirai adalah sejenis jembatan gantung yang berada di kawasan wisata Bukit Bangkirai, Kabupaten Kutai Kartanegara. Di tempat ini, ada pohon bangkirai berusia 150 tahun yang ikonik dan disana juga kalian bisa menikmati merdunya kicauan burung-burung serta satwa liar lainnya. Jika Anda punya cukup nyali untuk meniti Jembatan Tajuk bakal, maka cobalah! Ini akan menjadi pengalaman yang mendebarkan.

Foto : www.hipwee.com

Jembatan ini berupa canopy bridge yang terletak di ketinggian dan menghubungkan pohon bangkirai yang satu dengan yang lain. Selain itu, kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan cottage, kolam renang, restoran, serta camping ground. Jadi, kamu bisa menjelajah hutan tanpa kerepotan memikirkan makan dan akomodasi.

7. Air Terjun Mananggar

Air Terjun Banangar atau sering disebut juga Melanggar, Mananggar, dan Menaggar adalah patahan Sungai Landak yang menjadi wisata alam berupa air terjun yang berada di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak.
Untuk melihat air terjun ini, Anda membutuhkan waktu enam hingga tujuh jam perjalanan dari Pontianak hingga ke Kecamatan Air Besar. Dari sana, Anda harus melakukan perjalanan lagi menggunakan perahu.

Foto : indonesiakayaku.com

Akan tetapi, perjalanan panjang dan melelahkan itu akan terbayar kala Anda melihat keindahan buih air yang bertebaran di sekitar area, belum lagi suasana sejuk yang diberikan akan membuat lelah segera hilang. Tidak ada sarana dan prasarana di lokasi air tejun, jadi diharapkan membawa bekal yang cukup selama menempuh perjalanan.

Itulah 7 tujuan wisata di Kalimantan yang wajib didatangi bila berkunjung ke Kalimantan, sangat menarik bukan?

Referensi : www.hipwee.com; www.infowisatalengkap.com

Author : Maria Ulfah @backpackerjakarta_32

Tags

Maria Ulfah

I am an ordinary person, try my best with perseverance and persistence to make me extraordinary one.

Related Articles

1 thought on “7 Destinasi Wisata di Kalimantan Yang Wajib Anda Datangi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close