Event BPJPulau

Puncak Perayaan Ulang Tahun Backpacker Jakarta ke 6

Dream Land, Pulau Pari

Bertempat di Pulau Pari Kepulauan Seribu, Backpacker Jakarta (BPJ) merayakan ulang tahunnya yang ke 6 dengan mengangkat tema “DREAM LAND”. Puncak perayaan ulang tahun Backpacker Jakarta dilaksanakan pada tanggal 7-8 September 2019 yang diikuti kurang lebih 1.000 peserta yang turut memeriahkan acara tersebut.

Berbagai acara menarik mewarnai kegiatan yang berlangsung, seperti  penanaman bibit 1.000 Mangrove, penampilan musik & tari dari BPJ Talent, pesta DJ, zumba, smoke bomb, talk show, pemutaran video dokumenter, dan pesta kembang api.

Baca juga: Ulang tahun Backpacker Jakarta ke 4

Selain itu perlombaan antar RT juga tidak kalah menarik, diantaranya lomba masak, lomba lip sync, lomba RT terbaik, dan pengumuman pemenang BPJ Award 2019.

HARI PERTAMA ULTAH BPJ

Pukul 06.00 WIB peserta sudah memasuki wilayah pelabuhan kali adem Jakarta utara. Didampingi para PIC masing-masing RT dan panitia, semua peserta masuk ke kapal yang telah disediakan. Tepatnya pukul 07.00 WIB peserta diberangkatkan menuju Pulau Pari dengan kapal sebanyak 5 buah.

Foto by Aday @kfbpj
Foto by Aday @kfbpj

Perjalanan ditempuh kurang lebih selama 2 jam. Pukul 09.00 WIB peserta tiba di Pulau Pari, selanjutnya peserta diarahkan untuk menuju tempat kamp yang berlokasi di Pantai Perawan. Peserta sangat antusias mendirikan tenda, karena pemilihan  RT terbaik salah satunya dinilai dari area kamp. Beraneka ragam konsep hiasan tenda yang mereka dirikan, diantaranya konsep WC Umum, Bajak Laut, Tropical Glamping, dll.

Baca juga: Carnaval Anniversary BPJ I5timewa

Foto by Eka @kfbpj

Pembukaan acara berlangsung mulai pukul 11.30 WIB yang dimeriahkan oleh penampilan tari dari Talent BPJ. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Henry sebagai ketua panitia pelaksana dan Edi M Yamin selaku Founder Backpacker Jakarta. Sebelum acara pembukaan selesai, masing-masing RT mengirimkan 1 perwakilannya untuk foto bersama.

Baca juga: Seminar inspiratif, Anniversary BPJ I5timewa

Foto by Imelda @kfbpj
Foto by Imelda @kfbpj (Henry, ketua panitia)
Foto by Imelda @kfbpj (Edi M Yamin, Founder Backpacker Jakarta)
Foto by Andri @kfbpj (Talent)
Foto by Aday @kfbpj

PENANAMAN 1.000 MANGROVE

Pukul 13.00 WIB peserta bersama dengan panitia berjalan menuju tempat penanaman bibit 1.000 mangrove dengan berjalan kaki selama 30 menit. Setiap orang mendapatkan jatah 1 bibit mangrove untuk ditanam bersama-sama dipinggir pantai. Keseruan berakhir dengan foto dengan saling berjabat tangan yang membentuk lingkaran.

Foto by Eka @kfbpj
Foto by Eka @kfbpj
Foto by Eka @kfbpj

LOMBA MASAK ANTAR RT

Dalam perlombaan ini, masing-masing RT mengirimkan 4 orang perwakilannya. Selanjutnya panitia menyediakan bahan dasar makanan “tahu” yang akan dimasak oleh masing-masing peserta. Beberapa menu masakan dari traditional bahkan masakan International mewarnai perlombaan. Masing-masing peserta sudah mempersiapakan alat masak dan bahan tambahan lain sebagai campuran.

Baca juga: Blogger vaganza, Anniversary BPJ I5timewa

Foto by Biktra @kfbpj
Foto by Biktra @kfbpj

Panitia memberikan waktu selama 20 menit untuk menyelesaikan masakan. Perlombaanya dilakukan secara estafet, sehingga masing-masing peserta hanya mempunyai waktu 4 menit.

Foto by Aday @kfbpj
Foto by Aday @kfbpj

Setelah selesai memasak, peserta mulai mempresentasikan masakannya di hadapan Juri secara bergantian. Dan ini 3 Juara lomba masak pilihan Juri :

  1. Juara 1 diraih oleh perwakilan dari RT 26
  2. Juara 2 diraih oleh perwakilan dari RT 19
  3. Juara 3 diraih oleh perwakilan dari RT 32
Foto by Cliff @kfbpj (Juara 1 RT 26)
Foto by Ferry @kfbpj (Juara 2 RT 19)
Foto by Ferry @kfbpj (Juara 3 RT 32)

LOMBA LIP SYNC ANTAR RT

Pukul 19.30 WIB peserta Lip sync dari masing-masing RT sudah mempersiapkan diri disamping panggung utama. 3 Dewan Juri diantaranya Edi M Yamin Founder BPJ, Eka Siregar Admin KUBBU, dan Bunga Anastasia Admin BTL akan memberikan penilaian meliputi: penghayatan, aksi panggung, kostum, dan kesesuaian lirik.

Foto by Cliff @kfbpj (Juri)
Foto by Biktra @kfbpj
Foto by Biktra @kfbpj

Perlombaan ini diwakili 1-6 orang dari masing-masing RT dengan durasi lomba maksimal 2 menit. Ini adalah 3 pemenang lomba Lip sync:

  1. Juara 1 dimenangkan oleh perwakilan RT 37
  2. Juara 2 dimenangkan oleh perwakilan RT 28
  3. Juara 3 dimenangkan oleh perwakilan RT 23
Foto by Ferry @kfbpj

MALAM PUNCAK ULTAH BPJ

Setelah semua peserta lomba Lip sync mempersembahankan penampilan terbaiknya, acara selanjutnya adalah tiup lilin dan potong tumpeng. Panitia juga mempersembahkan penampilan DJ untuk menghibur peserta hingga larut malam. Penampilan musik dari Talent BPJ mengakhiri keseruan malam itu.

Foto by Cliff @kfbpj
Foto by Ferry @kfbpj
Foto by Ferry @kfbpj
Foto by Cliff @kfbpj
Foto by Ferry @kfbpj
Foto by Ferry @kfbpj
Foto by Ferry @kfbpj

LOMBA RT TERBAIK

Penilaian lomba RT terbaik meliputi: Kekompakan, kreatifitas menghias area kamp, dan Dresscode selama acara berlangsung. Lomba RT terbaik dimenangkan oleh:

  1. Juara 1 dari RT 36
  2. Juara 2 dari RT 33
  3. Juara 3 dari RT 31
Foto by Ferry @kfbpj (Juara 1 RT 36)
Foto by Yudi Plesiran @kfbpj (Juara 2 RT 33 & Juara 3 RT 31)

PEMENANG BPJ AWARDS

Pada tanggal 25 Juli sampai dengan 30 Agustus 2019, Backpacker Jakarta mengadakan vote secara terbuka untuk beberapa nominasi. Dan ini adalah para pemenangnya:

  1. Admin Pria terfavorit Hans Hendra KFBPJ
  2. Admin wanita terfavorit Septi Bebol BPJ 12
  3. Member Pria terfavorit Dikanova BPJ 26
  4. Member wanita terfavorit Mak Aan BPJ 13
  5. CP Pria terfavorit Sultan M Yusuf BPJ 33
  6. CP Wanita terfavorit Shinta Natalia BPJ 31
Foto by Andri @kfbpj (Admin Pria terfavorit Hans Hendra KFBPJ)
Foto by Andri @kfbpj (Admin wanita terfavorit Septi Bebol BPJ 12)
Foto by Ferry @kfbpj (Member Pria terfavorit Dikanova BPJ 26)
(CP Pria terfavorit Sultan M Yusuf BPJ 33)
Foto by @billiart_ (CP Wanita terfavorit Shinta Natalia BPJ 31)

Selain BPJ Awards, Backpacker Jakarta juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya yaitu “BPJ of The Year” kepada Henry atas dedikasinya selama berada di komunitas Backpacker Jakarta. Henry yang menjadi ketua panitia pelaksana ulang tahun BPJ ke 6 ini juga tercatat sebagai Admin RT 13.

Foto by Ferry @kfbpj (BPJ of The Year)

HARI KEDUA ULTAH BPJ

Sekitar pukul 07.00 WIB, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Zumba. Selanjutnya panitia mengumumkan para pemenang lomba dan peraih BPJ Awards.

Foto by Imelda @kfbpj
Foto by Cliff @kfbpj 

Acara ditutup dengan penampilan Musik DJ dan Smoke Bomb. Pukul 11.00 WIB peserta kembali ke Jakarta menggunakan kapal yang sama saat keberangkatan.

Foto by Ferry @kfbpj
Foto by Ferry @kfbpj

Sampai ketemu lagi tahun depan kawan.

“Setiap peristiwa itu bermakna, perlu diabadikan, dan lihatlah saat tua nanti kau akan tersenyum bahagia karena telah menjadi bagian dari keluarga Backpacker Jakarta

Foto by Aday @kfbpj (Panitia)
Tim Dokumentasi @kfbpj (@hianusaeka, @abiibenk, @freyituferry, @andri_photogallery, @echaekaecha, @cliffmcx, @imelda_simbig, @adaydc_2, @lukmangram), @abdulrouf__, @firmantoang, @krisna.alexandria, @callmeithon
Author: Harjuna Edi member of Backpacker Jakarta #33
Editor: @febe_shinta
Tags

Related Articles

7 thoughts on “Puncak Perayaan Ulang Tahun Backpacker Jakarta ke 6”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *