Seputar Travelling

Kereta Krakatau, Kereta Api Ekonomi dengan Keunikan Tersendiri

Kereta Api Krakatau dikenal sebagai salah satu layanan kereta kelas ekonomi AC plus non PSO yang secara khusus ditujukan untuk rute perjalanan Merak, Cirebon, Kediri, Madiun, hingga Blitar. Kereta api ini telah beroperasi sejak tahun 2013 lalu serta menjadi bagian dari daerah operasi Jakarta 1. Pada mulanya kereta ini hanya melayani rute perjalanan dari Stasiun Merak hingga ke Stasiun Madiun saja, namun sejak tahun 2017 lalu rute tersebut pun diperpanjang hingga mencapai Stasiun Merak juga Stasiun Blitar. Sementara untuk frekuensi perjalanannya itu dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam waktu sehari atau sama dengan perjalanan pulang pergi.

Keunikan Kereta Api Krakatau (foto : centralnews)
Keunikan Kereta Api Krakatau (foto : centralnews)

Keunikan Kereta Api Krakatau

Memiliki rute perjalanan antar kota yang cukup panjang bahkan dikenal dengan jarak sekitar 945 km tentunya menjadikan kereta yang satu ini sebagai kereta dengan tempat pemberhentian yang cukup banyak. Berdasarkan pencatatan yang telah dilakukan ada sekitar 32 stasiun yang dijadikan sebagai tempat pemberhentian bagi kereta api krakatau tersebut. Beberapa di antaranya adalah stasiun Blitar, Tulungagung, Kediri, Nganjuk, Madiun, Paron, Walikukun, Cirebon, Haurgeulis dan masih banyak stasiun lainnya. Dengan jarak perjalanan yang cukup jauh tersebut, kereta api ini membutuhkan sekitar 19 hingga 20 jam perjalanan untuk satu kali pemberangkatan.

Sebagai kereta api non subsidi, kereta krakatau melayani beberapa rute. Tidak hanya itu saja, ia pun dikenal sebagai kereta api yang memiliki tarif berdasarkan besaran harga dari stasiun keberangkatannya. Sementara itu, untuk besaran harga tiket dari rute perjalanan utama, kereta krakatau tersebut memiliki tarif Rp 205.000 hingga Rp. 270.000 per orangnya.

Sesuai dengan standar kereta api kelas ekonomi pada umumnya, kereta api ini pun hadir dengan berbagai macam fasilitas penunjang yang cukup beragam. Dimulai dari fasilitas standar berupa toilet, AC, stop kontak, 144 jumlah tempat duduk yang diperuntukkan bagi para penumpang, bagasi, serta layanan makan berbayar. Khusus bagi para penyandang difabel, kereta api ini juga menyediakan sekitar 64 tempat duduk yang ramah untuk digunakan olehnya karena telah disesuaikan dengan kebutuhan para difabel.

Kereta api ini dikenal dengan nama krakatau yang mana nama tersebut diambil dari nama sebuah gunung yaitu Gunung Krakatau serta pulau yang ada di Selat Sunda. Sebagai kereta api kelas ekonomi, kereta api krakatau menjadi bagian dari kereta api ekonomi yang dilengkapi dengan AC kelima yang ada di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari proses peresmiannya yang telah dilakukan sejak tahun 2013 lalu. Selain itu, kereta api tersebut diresmikan di stasiun Merak yang tentunya melayani rute perjalanan dari Merak menuju Madiun dengan tarif pertama dari mulai Rp. 300.000. Sementara untuk rute Merak-Kediri hanya dikenakan tarif sekitar Rp. 30.000 saja.

Keunikan lain yang ditunjukan oleh kereta api ini adalah keberadaan kereta api tersebut yang dikenal sebagai satu-satunya kereta api dengan rute perjalanan yang mengelilingi pulau Jawa. Hal ini terbukti dari perjalanan yang dilakukan oleh kereta api tersebut yang bahkan melewati setiap kota administrasi yang ada di Jakarta. Selain itu, kereta api ini juga dikenal sebagai kereta api ekonomi yang melakukan pemberhentian di Stasiun Cirebon Kejaksaan, sedangkan untuk kereta api ekonomi lain umumnya melakukan pemberhentian di Stasiun Cirebon Prujakan.

Dengan menggunakan kereta api krakatau, kamu  dapat menikmati perjalanan dengan lebih mudah dan leluasa. Hal ini berkaitan dengan keberadaan kereta api tersebut yang memiliki ukuran cukup luas. Karena itulah meskipun masuk dalam kereta api kelas ekonomi, namun kamu tetap dapat menikmati perjalanan dengan lebih mudah dan nyaman tentunya.

Selain itu jadwal keberangkatan dari kereta api ekonomi ini cukup sering, sehingga kamu yang membutuhkannya pun bisa mendapatkan layanan perjalanan menggunakan kereta api krakatau dengan lebih mudah. Dalam hal ini, Kamu tidak perlu repot untuk melakukan pemesanan tiket dari jauh hari. Karena dengan melakukan pemesanan pada loket pun tentunya Kamu bisa mendapatkan tiket kereta dengan lebih cepat. Akan tetapi bagi Kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan lebih mudah, maka cobalah untuk menggunakan layanan jasa pembelian tiket secara online yang juga dapat Kamu akses dengan mudah kapanpun serta di mana pun kamu menginginkannya.

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *