Pulau

Mutiara Kecil Milik NTT Bernama Pulau Kanawa

Foto: gia-fashionbazar.blogspot.co.id
Jika Nusa Tenggara Barat ada Pulau Kenawa, maka Nusa Tenggara Timur pun juga ada Pulau Kanawa. Merupakan pulau kecil yang bersinar bak permata memukau. Pulau yang menjadi pintu gerbang Pulau Komodo ini wajib kamu singgahi saat menjelajah ke Pulau Komodo.

Terletak sekitar 15 km dari Labuan Bajo, pulau seluas 32 hektar ini tampak kecil di antara jajaran pulau-pulau lainnya yang termasuk dalam Kawasan Wisata Pulau Komodo. Meski begitu, pulau kecil ini tidak sedikit pun kehilangan pesonanya untuk menarik para wisatawan untuk menjelajahinya.

Gradasi warna lautan yang memukau ditambah perbukitan yang dipenuhi oleh rumput kering di musim panas membuat pulau ini tampak eksotis. Terumbu karang yang mengelilingi pulau tumbuh subur dan bersinar bak permata yang menarik.

Foto: evan.reisha.net

Kamu bisa bertemu dengan manta ray, hiu paus, mola-mola, parrot fish, kuda laut pigmi, dan beragam nudibranch saat menyelam. Kamu juga bisa bersantai, berjemur atau pun snorkeling jika belum memiliki kemampuan untuk diving. Saat menjelang sore dan air laut surut, kamu bisa menggenggam bintang laut yang tampak oleh mata.

Memiliki pesona bawah laut yang sungguh menawan, hanya berjarak 10 meter dari bibir pantai kamu sudah bisa menyaksikan keindahan tersebut. Di sisi kanan pantai ini masih terdapat sisa ganggang merah yang membuat Pulau Kanawa sekilas tampak berwarna pink. Di pulau ini kamu akan merasakan suasana damai dan tenang.

Untuk bermalam di pulau kecil ini kamu juga bisa memilih beragam tipe penginapan, mulai dari menyewa tenda dome ala camping, bale-bale, hingga bungalow eksklusif. Ketersediaan listrik dan air bersih di pulau ini masih sangat terbatas. Air bersih hanya terdapat satu kali, yaitu sekitar pukul 16.00 WIT. Sedangkan listrik akan hidup pada pukul 18.00-23 00 WIT.

Foto: wego.co.id

Wisatawan tidak akan dikenakan biaya kapal jika ingin bermalam di pulau ini, sebab biaya kapal sudah termasuk dalam tarif menginap. Jadwal kapalnya pun sudah ditentukan oleh pengelola resort. Sedangkan jika kamu ingin waktu yang fleksibel, bisa menyewa kapal sekitar Rp 250.000 dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.

Pulau Kanawa memiliki bukit yang tidak tinggi namun dengan treknya tidak bisa dibilang remeh. Jalurnya yang terjal, berbatu dan berpasir membutuhkan kehati-hatian ekstra dari para wisatawan.

Tiba di puncak bukit, segala lelahmu akan terbayar dengan panorama yang sungguh memukau. Bentangan laut biru sepanjang mata memandang, bebukitan menjulang, dan ditambah semilir angin sejuk melepas peluh. Dari atas sini kamu bisa menikmati sunset yang indah

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *