PantaiPulau

Mengintip Pesona Perairan Sejernih Kristal di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Banyuwangi seolah tak habis-habisnya menjadi perbincangan bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional. Pesona dan keeksotisan alam di Banyuwangi sudah tak diragukan lagi. Sebut saja Kawah Ijen dengan Blue Fire nya, Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Baluran. Masih banyak lagi destinasi wisata alam yang memukau di Banyuwangi.

Kali ini kita akan bertandang ke sebuah pulau yang memisahkan Jawa dan Bali dengan kecantikannya yang alami. Sebuah pulau berjuluk Pulau Tabuhan terletak di selat Bali. Sudah banyak website maupun travel blog terkenal di Indonesia yang mengulas destinasi wisata ini. Jika ditilik dari wilayah administratif, maka pulau ini merupakan bagian dari Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Untuk mencapai Pulau Tabuhan Banyuwangi, kamu harus menumpang perahu yang banyak disewakan oleh warga sekitar. Perjalanan dari dermaga menuju Pulai Tabuhan mengambil waktu sekitar  30 menit. Duh belum apa-apa sudah seru ya. Kita simak yuk ulasan lainnya!

Pulau Tabuhan Banyuwangi (foto : travelingyuk)

Si Kecil yang Menyimpan Pesona Besar

Pulau Tabuhan Banyuwangi luasnya hanya sekitar lima hingga enam hektare. Jika kamu berjalan kaki mengelilingi bibir pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi, kamu Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Meski begitu Pulau eksotis ini menyimpan pesona yang besar bagi para wisatawan. Pulau ini akan membuat siapapun yang datang kesana jatuh cinta akan pesona dan keindahan alamnya.

Baca Juga : Panorama Gunung Bromo dari Puncak Seruni

Pulau Tabuhan  Banyuwangi yang terletak di Selat Bali ini tepatnya berada di 20 KM dari pusat kota Banyuwangi. Mengunjungi pulau Tabuhan kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dan pepohonan yang asri. Kamu tentu tidak akan kehabisan spot-spot instagenic untuk berswafoto. Kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di Pulau Tabuhan, tentu setelah mendapatkan ijin dari petugas yang berada di pulau.

Pulau Tabuhan Banyuwangi (foto : rikakanci)

Kilau Air Laut Gradasi Biru dan Hijau

Selain pepohonan yang asri dan pantai berpasir putih, kamu juga bakalan terpukau dengan kejernihan air laut di sekitar Pulau. Pemandangan yang memanjakan mata dari kilau air laut yang sebening kristal tersebut akan tampak indah dari dari atas. Dari atas akan terlihat jelas kehidupan dibawah lautnya. Ditambah lagi kilau air laut yang memiliki warna yang indah, bergradasi dari hijau muda, biru hingga biru pekat. Sungguh indah dan membuat hati siapapun yang memandangnya akan terpukau dengan keindahan pulau yang tak berpenghuni ini.

Baca Juga : Dira Park Jember, Sensasi Wisata di Desa belanda

Buat Kamu pecinta Snorkling, Pulau Tabuhan Banyuwangi merupakan surga bagi para pecinta Snorkling. Kamu bisa berenang bersama dengan ikan-ikan dan menikmati kecantikan terumbu karang serta beberapa spesies bawah air lainnya. Tidak hanya snorkling, Pulau Tabuhan Banyuwangi juga sering dijadikan lokasi berbagai acara olahraga air semisal kite surfing. Hal ini dikarenakan kecepatan angi di pulau ini  cukup stabil yaitu di kisaran 20-25 knot.

Pulau Tabuhan Banyuwangi (foto : atoek_fr)

Pemandangan Ijen di Seberang Lautan

Lelah bermain air, kamu bisa menghabiskan waktu menyusuri pulau. Di sisi barat pulau kamu akan di suguhkan dengan panorama alam yang membuatmu tak berhenti berdecak kagum. Di seberang Lautan biru yang menghampar Gunung Raung, Gunung Ijen, dan Baluran berdiri dengan gagah. Membingkai indah selaras dengan birunya laut yang berkilau tertimpa sinar matahari. Yang paling memesona kamu tidak perlu berpindah tempat untuk menikmati Sunrise dan juga Sunset,. Karena di sini Kamu bisa menikmatinya secara langsung.

Baca Juga : Air Terjun Goa Luweng Blitar

Wah pasti ingin buru-buru kesini ya? Kamu yang ingin menikmati eksotisme Pulau Tabuhan  Banyuwangi aksesnya mudah kok. Kamu bisa mengarahkan tujuan terlebih dahulu ke Desa Bangsring, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan kapal dari Desa Bangsring. Kapal tersebut bisa di sewa dengan maksimal mengangkut 10 orang sekali jalan, dengan harga 500 ribu. Hanya memerlukan waktu 15-30 menit untuk sampai.

Pulau Tabuhan Banyuwangi (foto : anjun_trichi)

Jika kamu ingin bermalam dengan mendirikan pastikan kamu membawa bekal makanan dan persiapan yang cukup ya. Hal ini dikarenakan pulau Tabuhan adalah pulau tak berpenghuni. Maka sebaiknya kamu juga pastikan tidak meninggalkan sampah disini, agar keindahannya terus terjaga hingga anak cucu kita kelak.

Editor : Maya Nirmala Sari

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *