Alam & TamanBlogGunung

Panorama Gunung Bromo dari Puncak Seruni

Berwisata Ke Jawa Timur, belum lengkap rasanya jika belum mampir ke Gunung Bromo. Salah satu gunung berapi aktif  yang memiliki ketinggian 2329 mdpl ini selalu punya sejuta pesona. Gunung Bromo menjadi destinasi wisata yang membuat takjub setiap orang yang berkunjung kesana.

Bentang alam kawasan Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten. Kabupaten tersebut antara lain  Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Jadi kamu bisa menikmati Bromo dari banyak titik. Selain kawasan kaldera atau lautan pasir bukit penanjakan, kamu bisa menikmati pemandangan dari Puncak Seruni. Puncak Seruni juga menjadi spot faforit untuk menikmati keindahan kawasan gunung Bromo. Kamu harus mencoba sensasi menikmati keindahan Gunung Bromo ini dari sudut pandang yang beda. Simak ulasan Maya Nirmala Sari berikut ini!

Puncak Seruni Point (foto : Dody Kasman – Kompasiana)

Seperti Berada di Khayangan

Tempat untuk menikmati keindahan dari gunung bromo salah satunya adalah dari Puncak Seruni Point. Berada diatas puncak seruni nafasmu serasa terhenti karena takjub. Bagaimana tidak, keindahan Gunung Bromo akan terlihat sangat jelas dari Puncak Seruni. Usahakan kamu datang pagi-pagi sekali. Gumpalan awan yang mengelilingi kawasan Gunung Bromo akan tampak seperti selimut tebal yang bergulung-gulung indah  memanjakan mata.

Baca Juga : Dira Park Jember, Sensasi Wisata di Desa Belanda

Jika sedang beruntung kamu bisa melihat gelombang kabut lembut yang sangat indah.  Angin dingin akan menerpa wajahmu. Akan ada sensasi seperti sedang berada di sebuah negeri yang ada di atas awan. Dari sini kamu juga bisa menikmati Pemandangan matahari terbit dan terbenam dari kawasan gunung bromo dan sekitarnya dengan sangat jelas.

Anjungan pandang Puncak Seruni Point (foto : Dody Kasman – Kompasiana)

Tembok Besar China di Probolinggo

Tak hanya pemandangan Gunung Bromo dari Puncak Seruni yang akan menjadi moment tak terlupakan buat kamu. Perjalanan mencapai Puncak Seruni Point merupakan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjung. Pasalnya untuk bisa menikmati keindahan Gunung Bromo dari Puncak Seruni Point, kamu harus menaiki 256 anak tangga. Lumayan juga kan?

Baca Juga : Mengejar Sunrise dan Blue Fire di Gunung Ijen

Diatas Puncak Seruni, kamu akan menemukan 4 Pilar Tugu Brawijaya yang merupakan pengingat akan kejayaan Kerajaan Majapahit di masa lalu. Selain Tugu Brawijaya, 256 anak tangga yang menuju ke Puncak Seruni juga dibangun sedemikian megah sehingga menyerupai The Great Wall atau Tembok Besar China. Sepanjang perjalan menuju Puncak Seruni, kamu akan disuguhi dengan hijaunya hamparan hutan pinus serta sejuknya udara.

Area Puncak Seruni Point yang terletak di ketinggian 2400 mdpl ini dibangun dengan dana yang cukup fantastis. Konon area ini menghabiskan anggaran sebesar 5 Miliar. Tentu saja harga yang pantas untuk membangun sesuatu yang megah di medan yang begitu sulit. Sayang kalau kamu tidak ikut menikmatinya.

Gunung Bromo dari Puncak Seruni (foto : Dody Kasman – Kompasiana) )

Akses Ke Puncak Seruni Point

Di Puncak Seruni Point kamu bisa melihat indahnya pemandangan Gunung Bromo dari Puncak Seruni, dari atas menara yang telah tersedia di sekitar Tugu Brawijaya, Dari menara tersebut Kamu bisa melihat pemandangan  Gunung Bromo dari Puncak Seruni ke segala penjuru.

Baca Juga : Coban Jodo, Air Terjun Indah di Malang

Untuk menuju obyek wisata baru ini tidak terlalu sulit. Destinasi wisata ini diresmikan Pemerintah Kabupaten Probolinggo di akhir tahun 2018. Puncak Seruni berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Cukup 3 jam perjalanan dari pusat kota Probolinggo menuju Desa Ngadisari jika menggunakan mobil pribadi. Buat kamu yang ingin menaiki kendaraan umum bisa juga, namun dengan estimasi waktu empat sampai lima jam perjalanan. Selanjutnya bisa menyewa jeep maupun ojek di pintu masuk Cemoro Lawang, Sukapura.

Akses ke Puncak Seruni (foto : Dody Kasman – Kompasiana)

Duhh, pasti makin penasaran kan? Buruan kumpulin temen-temen genk-mu buat berpetualang ke Puncak Seruni Point.

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close