Kuliner

Mencicipi Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya

Biasanya jika orang menyebut Bakso, Malang adalah kota yang sering diidentikkan dengan menu yang satu ini. Tetapi tak berarti kota lain tak punya tempat andalan untuk menikmati kuliner berbentuk bola-bola daging tersebut. Sebut saja Surabaya, di Surabaya sendiri ada banyak sekali tempat-tempat favorit warga Kota Pahlawan menikmati Bakso.

Di Surabaya  bakso bisa ditemui hampir di seluruh penjuru kota, mulai dari mall hingga di gang-gang kecil pasti mudah menemui penjual bakso. Mulai dari dipikul, gerobak dorong, sampai dengan gerai mewah di dalam Mal. Salah satunya adalah Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya. Apa sih istimewanya? Kita simak yuk ulasannya.

Baca Juga : Kelezatan Kuliner Khas Blitar Nasi Ampok

Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya (foto : surabayafoodies)

Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya, dirintis oleh almarhum H Achmad Kusnadi sejak tahun 1968, tempat makan ini bahkan ada dalam  buku Waroeng Legendaris Soerabaja: 60 Tempat Makan Legendaris di Kota Surabaya (2009). Saat ini tempat makan ini dikelola oleh anak-anak H Achmad Kusnadi setelah sebelumnya dikelola oleh sang istri ketika Pak Kus meninggal di tahun 1999.

Bentuk Bakso yang Unik

Yang menjadi keunikan kuliner legendaris Bakso Pak Kus Surabaya, tidak hanya dari cita rasanya yang nikmat, rasa dagingnya yang begitu terasa, plus teksturnya empuk dengan kuah yang bening dan khas. Yang paling unik dari bakso yang satu ini adalah bentuk bakso dari Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya tidaklah bulat seperti bakso pada umumnya. Melain kan berbentuk kotak-kotak kecil, benar-benar unik ya?

Selain bentuknya yang unik, tempat berjualannya pun masih sangat sederhana. Sangat sederhana mengingat cabangnya sudah ada di mana-mana, termasuk mal-mal ternama. Pasalnya tempat makannya masih semi permanen karena memanfaatkan tenda bongkar pasang yang maksimal hanya menampung kurang lebih sekitar 20-30 orang saja.

Baca Juga : Mie Koba, Kuliner Khas Bangka yang Wajib Kamu Coba

Tentu patut di apresiasi untuk sebuah tempat makan yang memiliki cabang di mana-mana karena masih mempertahankan kesederhaannya. Namun justru hal ini menadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, karena nilai sentimentil ketika makan di sini.

Kuliner legendaris Bakso Pak Kus Surabaya tidak hanya dikenal seantero warga Surabaya, tempat makan yang terkenal dengan keunikannya memang menjadi jujukan para traveler. Bahkan beberapa artis Ibukota-pun pernah datang menikmati kelezatan Bakso Pak Kus. Sebut saja Cak Lontong sampai dengan Surya Saputra. Tentu bukan karena kebetulan mereka sampai menyempatkan bertandang ke warung bakso Pak Kus, nama bakso Pak Kus memang telah tersohor. Tak salah jika banyak pelanggan berdatangan dari berbagai daerah.

Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya (foto : sbykulinerinfo)

Harga yang Terjangkau

Meski Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya termasuk tempat makan legendaris, harga yang dipatok ternyata tak terlalu mahal. Untuk satu porsi bakso campur dengan isian bakso urat bakso kotak dan tahu  hanya seharga Rp. 20.000, jika kamu ingin menambah tetelan harganya hanya Rp. 27.000, buat yang suka dengan gorengan bakso harganya hanya 2.500 per biji.Ini juga yang menjadikan tempat ini sebagai jujugan kuliner favorit “arek Suroboyo”

Baca Juga : Bakso Kemon! Pelengkap Wisata Kuliner di Kawasan Jakarta Selatan

Bakso sendiri merupakan menu kuliner yang sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia, bahkan tak ada lagi batasan waktu kapan waktu terbaik menikmati bakso, menikmati bakso bisa kapanpun, pagi, sore, atau bahkan malam. Dan Bakso juga bisa disandingkan dengan beragam tambahan lain, bisa dengan lontong, dengan gorengan, krupuk juga bisa. Rasanya sangat bervariasi tanpa meninggalkan cita rasa bakso itu sendiri. Selain bakso di sini juga menyediakan seperti ed degan dan es jeruk, serta beberapa pilihan minuman segar lainnya.

Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya (foto : sbykulinerinfo)

Nah yang penasaran dengan citarasa Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus di Surabaya, Kamu bisa mampir ke jalan Residen Sudirman, tepatnya ada di sebelah depan Gereja Kebaktian Indonesia (GKI) Jawa Timur. Jangan lupa ajak teman dan kerabatmu agar momen menikmati Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus di Surabaya lebih seru dan tak terlupakan.

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close