Air TerjunBlog

Air Terjun Goa Luweng Blitar

Air Terjun Goa Luweng Blitar, sudah pernah ke sana belum? Kota Blitar adalah salah satu kota di Jawa Timur. Kota ini dikenal luas sebagai kota tempat peristirahatan terakhir Ir. Soekarno. Presiden pertama Republik Indonesia yang juga Bapak Plokamator Indonesia. Ternyata selain Makam dan Museum Bung Karno, ada banyak pilihan destinasi wisata alam di Blitar. Wisata alamnya dapat membuat siapapun yang berkunjung akan jatuh cinta dengan keindahannya. Salah satunya adalah keberadaan Air Terjun Gowa Luweng.  Seperti apa ya?

Air Terjun Goa Luweng Blitar (foto : instagram indawatidewi)

Wisata Alam yang Masih Alami

Air Terjun Goa Luweng berlokasi di Dusun Prodo, Desa Ngerjo, Kecamatan Bakung, Blitar. Untuk menikmati keindahan Air Terjun ini, kamu harus menyiapkan fisik dan satmina yang memadai. Hal ini dikarenakan lokasi wisata ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar dengan fasilitas yang sederhana.

Letaknya yang terpencil dan tersembunyi jauh dari pemukiman warga, membuat air terjun ini masih terjaga kelestariannya. Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Namun kita bisa melihat beberapa Travel Blog sudah mengulas tempat wisata ini. Keindahan Air Terjun Goa Luweng memang tak diragukan lagi. Meski letaknya terpencil dan akses menuju ke lokasi bisa dibilang cukup sulit, tetapi segala lelah Kamu akan terbayar saat sampai di sini dengan keindahannya.

Air Terjun Goa Luweng Blitar (foto : instagram fandycurtizs)

Perjalanan Mendebarkan Menuju Air Terjun Goa Luweng Blitar

Dari pusat kota Blitar, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Pantai Pangi atau Tambak, karena jalurnya searah. Air Terjun Goa Luweng berada tak jauh dari Monumen Trisula. Meski masih dikelola secara swadaya, sesampainya ke Dusun Prodo kamu akan disambut oleh keramahan warga. Warga dengan sukarela mengantarkan kamu ke lokasi air terjun karena memang letaknya jauh dari pemukiman warga.

Akses jalan menuju lokasi air terjun bisa di bilang jauh dari kata memadai. Kamu harus melewati ladang warga dan menelusuri jalanan setapak. Untuk bisa masuk ke air terjun, Kamu bisa memilih melewati dua pintu dari pintu masuknya air atau dari pintu keluarnya air. Aksesnya memang cukup unik mengingat letaknya yang berada di sekitar gua dan sangat terpencil.

Baca Juga : Panorama Gunung Bromo dari Puncak Seruni

Air Terjun Goa Luweng merupakan sebuah goa dengan kedalaman sekitar 50 meter. Lokasi ini memiliki lubang di bagian atas dan dialiri aliran sungai yang jatuh ke dalam goa. Itulah asal terbentuknya sebuah air terjun. Air terjun ini terbilang unik, nama Luweng sendiri berarti lesung. Air yang jatuh kedalam goa membentuk ceruk yang mirip lesung maka di sebut Goa Luweng. Keunikan Air Terjun ini juga karena jarang sekali sebuah air terjun yang terdapat dalam goa yang memiliki luas yang tak terlalu lebar.

Didalam goa juga terdapat sebuah kolam alami. Kolam ini terbentuk akibat air yang jatuh kedalam goa Luweng sehingga membuat suasana di dalam goa semakin eksotis. Jika Kamu turun sedikit dari lokasi Goa Luweng, kamu akan disuguhi hamparan sungai-sungai kecil yang membentuk seperti air terjun mini. Untuk bisa mencapai titik terbawah sudah disediakan tali panjang. Namun tetap saja kamu harus ekstra hati-hati karena lokasi yang dipenuhi bebatuan yang licin.

Baca Juga : Pesona Curug Ciherang, Keindahan Alam yang Memanjakan Mata

Pemandangan Sekitar Air Terjun Goa Luweng Blitar (foto : Travelingyuk)

Fasilitas di Air Terjun Goa Luweng Blitar

Jika kamu berkunjung ke sini, tak perlu khawatir bila perut keroncongan. Ada beberapa kuliner tradisional yang bisa kamu nikmati. Di sekitar lokasi  sudah ada warga yang berjualan makanan dan minuman untuk pengunjung. Warung-warung kecil berberntuk gubuk sederhana. Namun walaupun warungnya hanya terbuat dari bambu tetapi pasti cukup untuk melepaskan lapar dan dahaga.

Wah, berpetualang ke air terjun paling menyenangkan jika bersama rombongan. Agar perjalanan menuju goa yang cukup menantang menjadi keseruan tersendiri. Jangan lupa jika kamu dan sahabat berkunjung ke sini, jangan merusak dan mencemari lingkungan. Mari jaga alam agar di masa depan Air Terjun Goa Luweng ini tetap menjadi surga kecil yang eksotis.

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close