BlogPulau

Menawanya Pulau Bidadari Kepulauan Seribu

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau gugusan Pulau Seribu yang dikelilingi pohon besar. Dahulu pulau ini bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Pulau Bidadari diilhami dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana, dan lainnya. Secara geografis pulau ini berada di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer, Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

sumber : pulaubidadariecoresort
sumber : pulaubidadariecoresort

Pulau Bidadari merupakan pulau yang paling dekat dengan Teluk Jakarta di bandingkan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, bahkan dari pantainya, anda masih bisa melihat gedung-gedung tinggi di pesisir Teluk  Jakarta. Lokasi Pulau Bidadari dapat ditempuh ± 20 menit dari Pantai Marina Ancol Jakarta. Untuk menuju ke pulau Bidadari dapat di tempuh dengan kapal boat, berkapasitas 50 orang, boat ini sangat nyaman karena dilengkapi dengan alat penyelaman berupa pelampung yang tersedia di bawah kursi masing-masing penumpang.

DSC_3724

Jendela kapal pun dapat dibuka-tutup agar penumpang dapat menikmati pemandangan dan udara sejuk selama perjalanan berlangsung. Daya tarik yang dimiliki Pulau Bidadari yaitu peninggalan-peninggalan bersejarah dari zaman penjajahan Belanda dan juga memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih.

Pohon Jodoh
Pohon Jodoh

Dermaga di Pulau Bidadari menjadi salah satu dermaga terunik, karena disini dapat ditemukan deretan meriam yang berjajar di depan ikon yang bertuliskan BIDADARI. Meriam-meriam tersebut merupan replika yang sengaja dibuat untuk menandakan sejarah peninggalan saat masa penjajahan Belanda. Pulau Bidadari ini merupakan pulau singgahan para penjajah Belanda saat menjajah Indonesia sebelum sampai Kota Jakarta.

Dermaga Pulau Bidadari
Dermaga Pulau Bidadari

Di Pulau Bidadari terdapat sebuah bangunan atau resort yang disediakan untuk para pengunjung, yang dinamakan “Bidadari Eco Resort”. Tidak jauh dari resort tersebut, terdapat sebuah pantai unik yang dinamakan “Pantai Jodoh”. Dinamakan Pantai Jodoh karena dahulu terdapat sepasang remaja yang bertemu di pantai ini dan kemudian mereka menikah. Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah dan dapat anda nikmati sambil menyantap makanan yang disediakan oleh pihak restoran.

foto : cgdankara.org

Di Pulau ini terdapat beberapa tanaman langka seperti pohon perdamaian (baringtonia exelsa), pohon kepuh, pohon sentigi (pempis acidula), pohon kayu hitam (diospyros maritama), pohon glodokan, beberapa tanaman buah, dan juga hutan mangrove tumbuh dan terpelihara dengan baik di pulau ini.

DSC_3775

Pulau Bidadari menyediakan restoran yang siap memanjakan lidah Anda, dengan menu utama makanan laut yang diperoleh langsung dari nelayan jadi masih segar. Menu favorit seperti sup kepala ikan, sup rajungan, kerang hijau masak mentega, baby stingray, dan lain lain, dan juga terdapat barbeque di malam hari.

Tags

Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close