Home / Blog / Gunung / Pendakian Gunung Ungaran Yang Menguras Tenaga dan Cukup Menantang, Kecil-kecil Cabe Rawit.

Pendakian Gunung Ungaran Yang Menguras Tenaga dan Cukup Menantang, Kecil-kecil Cabe Rawit.

 

Awalnya kami berencana akan mendaki Gunung Merbabu dengan puncak ketinggian 3.142 mdpl namun karena faktor cuaca yang tidak mendukung akhirnya kami beralih mendaki ke Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl yang terletak di kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini emang tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk para pemula namun pendakiannya ternyata cukup menguras tenaga dengan tracknya yang cukup menantang.

Jalur pendakian Gunung Ungaran yang bisa dipilih pendaki, yaitu Jalur Gedong Songo, Jalur Sidomukti (Jimbaran) dan Jalur di Boja di sebelah utara.

Kali ini pendakian kami akan melalui Jalur Sidomukti atau dikenal juga dengan jalur base camp Mawar yang menjadi titik awal pendakian Gunung Ungaran.

Kami memulai pendakian sekitar pukul 17:00 WIB. Perjalanan pertama menuju pos 1 masih menyenangkan, udara sejuk dan rindang pepohonan. Awal pendakian akan melewati anak tangga yang tidak terlalu tinggi dan melewati jalan setapak dan cukup landai.  Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 bayangan juga masih santai karena tracknya juga masih landai.

Saat perjalanan kita akan menemukan aliran sungai kecil dengan air jernih, yang bisa digunakan untuk cuci muka menyegarkan tubuh yang mulai lelah.

Sumber : review google

Lepas dari sungai kecil, jalur menuju pos selanjutnya mulai terbuka dan lebar, dimana kiri-kanannya terdapat kebun teh.  Area kebun teh dijadikan para pendaki sebagai pos bayangan 2 karena terdapat sumber air melimpah dan tempat untuk beristirahat.

Perjalanan dari pos kebun teh menuju pos 2, jalanan sudah mulai menanjak curam, karena track yang akan ditempuh melalui bebatuan licin dan menanjak terus hingga kepos 3.

Setelah melewati pos 3, di depan kami belum ada tanda-tanda akan sampai puncak padahal hari sudah mulai semakin malam.  Semakin keatas jalur menuju puncak Ungaran sudah tak mungkin dilewati dengan langkah biasa, karena kami mulai lelah dan letih malam itu.  Tapi kami tetap harus memanjat selangkah demi selangkah sambil mengumpulkan kekuatan di tiap langkahnya.

Akhirnya pukul 22:00 WIB kami sampai juga di lahan yang dijadikan Camping Ground oleh para pendaki sebelum puncak ungaran. Kami langsung buru-buru memasang tenda. Lokasi tenda saat itu pun langsung menghadap ke citylight kota Semarang yang terlihat sangat indah dari atas.

Sumber : review google – Pemadangan citylight kota semarang di malam hari
Foto : @saktimhrdika – Pemandangan pagi hari di area camping ground
Pemandangan pagi hari di area camping ground

Keesokan paginya baru kami mencapai puncak yang tidak lama lagi hanya sekitar 20 menit kita akan sampai ke atas puncak Ungaran.

Foto : @mlwdesyi

About Desi kurniawati putri

I do my best to be a good one. Insha Allah Instagram : @desi.kurniawatiputri

Check Also

Melihat Sunrise & Lautan Awan di Bukit Pamoyanan Subang

Salah satu destinasi baru yang tengah hits di Subang adalah Bukit Pamoyanan. Bukit Pamoyanan merupakan …