Gunung

Indahnya Gunung Arjuno, Gunung tertinggi ke 4 di Pulau Jawa

Satu lagi gunung yang masuk kedalam 7 gunung teringgi di pulau Jawa yakni Gunung Arjuno. Gunung Arjuno atau biasa disebut Gunung Arjuna adalah sebuah gunung berapi yang berada di Jawa timur dengan ketinggian 3.339 Mdpl. Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno Wilerang (foto: @julian_awanda)

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga yang ada di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Nama gunung Arjuno sendiri diambil dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata yang bernama Arjuna.

Puncak gunung Arjuno (foto : @saktidewangkara)

Gunung Arjuno sendiri bersebelahan dengan Gunung Welirang, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Arjuno terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Welirang, sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan Arjuno-Welirang. Kompleks Arjuno-Welirang sendiri berada di dua gunung berapi yang lebih tua, Gunung Ringgit di timur dan Gunung Lincing di selatan.

foto : @hanif_abdillah19
foto : @dennysuhartono

Gunung yang berada dalam pengelolaaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo memiliki beberapa jalur pendakian, yaitu:

Arah Utara

Via Tretes melalui gunung welirang ini merupakan jalur yang paling diminati. Selain pemandangan yang bisa dijumpai, di jalur ini dapat dijumpai berbagai sumber mata air yang jernih, seperti wisata Air terjun Kakek Bodo yang menjadi air terjun andalan di kaki gunung Arjuno.

Sabana, Lembah Kijang Mt. Arjuno Welirang Malang Jawa Timur (foto: @popyfebiyani)

Rute yang dilalui via tretes adalah Pos perijinan – Pos Pet Bocor – pos kopkopan – Pos Pondokan – lembah Kidang – Watu Gede – Pasar Dieng – puncakArjuno

Arah timur

Via jalur lawang yang merupakan jalur tercepat dan tersulit menuju pucak arjuno. Di jalur ini kita dapat melihat Alas lali Jiwo yang masih dipercaya mistis oleh para pendaki.

Rute yang dilalui via Lawang antara lain Basecamp Lawang – Kebun Teh Wonosari – Pos 2- Padang Savana (Oro-oro Ombo) – Pos Mahapena – Pos Alas Gombes – Cemoro Sewu – Alas Lali Jiwo – Puncak Arjuno.

Arah Barat

Via jalur Batu selecta. Rutenya dari kantor KSDA melewati areal ladang sayuran dan hutan lebat, kemudian mengambil persimpangan ke kanan dari lereng gunung kembar 1.

Jalur Purwosari, dengan rute: Desa Tambak Watu – Goa Antaboga – Petilasan Eyang Abiyasa, eyang sakri, eyang semar, Wahyu makutarama – Puncak Sepilar – Candi Manunggale Suci – puncak Arjuno.
Arah selatan, dari karangploso,Sumberawan dan Singosari.

Refrensi : Wikipedia

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

1 thought on “Indahnya Gunung Arjuno, Gunung tertinggi ke 4 di Pulau Jawa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *