Alam & TamanCity Tour & LandmarkEditor PicksWisata Jakarta

Pertama Kali Ke Jakarta? Jangan Lewatkan 10 Tempat Ini

Tempat wisata di Jakarta sangatlah beragam dan menarik untuk dikunjungi mengingat ibu kota Indonesia ini merupakan megapolitan terbesar di dunia yang menawarkan berbagai destinasi wisata termasuk wisata budaya, belanja, sejarah dan jenis wisata lainnya.

Sebagai kota besar yang padat penduduk, Jakarta memang punya banyak masalah seperti kemacetan tapi tidak berarti wisatawan tidak bisa menikmati keunikan kota ini. Mau tahu tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda jadikan referensi? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Taman impian Jaya Ancol

Ancol, objek wisata yang satu ini sudah sangat familiar bagi wisatawan di Indonesia. Taman Impian Jaya Ancol tepatnya, adalah sebuah komple wisata objek wisata yang berlokasi di Jakarta Utara dan masyarakat biasa menyebutnya dengan nama “Ancol” saja.

Ada banyak wahana atau taman bermain yang bisa dikunjungi dikomplek wisata ini seperti Dufan atau Dunia Fantasi, Pantai carnival, Atlantis Water Adventure, gelanggang Samudra , Sea World, Pulau Bidadari, Pantai Marina dan lainnya. kawasan Ancol biasa dipadati penduduk saat musim liburan tiba terutama anak-anak yang ingin bermain dibeberapa wahana yang disediakan di Ancol.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Siapa yang tidak tahu Taman Mini? Taman rekreasi yang didirikan oleh mantan Ibu Negara, Ibu Tien Soeharto, ini merupakan sebuah arena wisata edukasi, sejarah, hiburan, sekaligus tempat wisata modern yang menarik. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah miniatur berbagai budaya dari 33 provinsi di Indonesia.

Selain miniatur, Taman Mini juga memiliki berbagai wahana menarik seperti Teater IMAX Keong Mas, Istana Anak Indonesia, kereta gantung, Anjungan Daerah, SnowBay, Teater 4D, perahu angsa, serta beberapa museum wahana seru lain yang sayang jika dilewatkan.

3. Monas

Siapa yang tak kenal dengan ikon kota Jakarta yang satu ini? Ya, Monas atau Monumen Nasional adalah salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Jakarta. Monumen yang mulai dibuka pada tahun 1975 ini terletak tepat ditengah lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Foto by Traveloka

Dari puncak monas, kita bisa menyaksikan kota Jakarta dari ketinggian, dan pengalaman ini sulit untuk dilewatkan bagi para wisatawan. Sebagai ikon kota Jakarta, Monas tidaklah sulit ditemukan dan siapapun bisa sampai ke monas dengan menggunakan berbagai alternatif kendaraan umum maupun pribadi.

4. Monumen Selamat Datang

Terletak di tengah Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, monumen selamat datang berdiri dengan kokoh dengan dua buah patung pria dan wanita yang melambaikan tangan dan menggenggam bunga. Jika lewat kawasan bundaran HI tidak ada salahnya berhenti dan mengabadikan foto didepan monumen yang juga dikelilingi air mancur ini. Daerah Bundaran Hi dan monumen Selamat Datang biasanya dipadati pengunjung saat Car Free Day atau saat akhir pekan di hari minggu.

Foto by Panoramio

5. Kota Tua Jakarta

Satu lagi objek wisata yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, Kota Tua Jakarta. Sesuai namanya kawasan kota tua ini memiliki arsitektur bangunan tempo dulu seperti gedung arsip nasional, gedung Pecinan Glodok Pinangsia, Museum Fatahillah dan gedung bersejarah lainnya.

6. Museum Nasional Indonesia

Terletak di jalan Merdeka Barat, Gambir Jakarta, Museum Nasional Indonesia juga bisa menjadi alternatif wisata sejarah di kota Jakarta. Bangsa Indonesia tentunya harus tahu dan setidaknya pernah berkunjung ke museum ini karena museum ini adalah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Foto by KTD Tenda Dome

Museum ini juga dikenal dengan nama museum Gajah karena didepan museum ini terdapat sebuah patung gajah terbuat dari perunggu yang merupakan hadiah dari Raja Thalland pada tahun 1871.

7. Museum Fatahillah

Tempat wisata bersejarah lainnya yang bisa kita temukan di Jakarta adalah Museum Fatahillah. Bangunan Museum Fatahillah sendiri dulunya merupakan kantor Gubernur Jenderal Batavia. Selain memamerkan berbagai benda peninggalan masa kolonial, museum ini juga mengoleksi replika prasasti dan benda seni dari zaman kerajaan hingga masa kini.

Foto by Traveloka

8. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan sebuah pusat kesenian, keilmuan dan kebudayaan, yang berlokasi di Cikini, Jakarta Pusat. Taman yang namanya diambil dari nama pencipta lagu legendaris di Indonesia ini dibuka pada tahun 1968 dan telah menjadi salah satu tempat wisata Jakarta favorit para pencinta seni dan budaya.

Sebagai informasi, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Planetarium merupakan bagian dari Taman Ismail Marzuki. Hampir setiap hari pengunjung dapat melihat berbagai pertunjukan seni, pembacaan puisi, pagelaran musik dan tari, hingga pameran lukisan dan kerajinan tangan yang indah.

9. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan rumah bagi berbagai satwa yang terdiri dari 295 spesies. Di Ragunan pengelola juga tidak hanya memamerkan berbagai koleksi hewan mereka tetapi juga menyediakan wahana edukatif untuk para pengunjung terutama anak usia sekolah.

Selain beberapa wahana edukatif, Kebun Binatang Ragunan juga dilengkapi dengan arena bermain dengan berbagai wahana permainan beragam, toilet, dan musala. Kebun Binatang Ragunan buka mulai pukul 09.00 sampai 16.00. Tempat ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum seperti bus Trans Jakarta koridor 6, bus Kopaja, metromini, atau mikrolet dan turun di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta.

10. Masjid Istiqlal

tak jauh dari Monas, terdapat Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara. Masjid ini memiliki total luas bangunan sekitar 2,5 hektar dan secara keseluruhan mampu menampung sekitar 200.000 orang jamaah.

Foto by Traveloka

Itulah beberapa tempat wisata di Jakarta yang kami rekomendasikan. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Betawi jika berkunjung ke kota ini karena kunjungan wisata pastinya tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khas suatu daerah.

Ref by familinia
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close