Museum & Sejarah

Napak Tilas Kisah R.A Kartini di Museum R.A Kartini, Jepara

Jepara..

Selain dikenal dengan wisata pantainya ternyata juga terdapat sebuah museum yang sangat bersejarah yakni Museum R.A Kartini.

Museum yang terletak di jalan Alun-alun Nomor 1, Jepara, Jawa Tengah ini lokasinya sangatlah strategis, karena disebelah timur museum terdapat kantor pusat Pemerintahan Kabupaten Jepara. Dengan berdiri diatas tanah seluas kurang lebih 5210 meter, museum ini menyimpan banyak benda-benda peninggalan R.A.Kartini maupun kakaknya R.M.P. Sosrokartono.

Berdiri pada tanggal 30 Maret 1975 dan dibangun pada era Jepara yang dipimpin oleh Bupati Suwarno Djojo Marwodo, museum ini diresmikan pada 21 April 1975 bertepatan hari lahir pahlawan wanita yang menulis buku Habis Gelap Terbitlah Terang.

Museum yang terbagi dalam beberapa ruangan besar yakni ruang yang berisi koleksi peninggalan R.A. Kartini memiliki banyak benda peninggalan dan foto semasa hidupnya seperti meja, kursi, foto-foto Kartini, radio, koleksi piring Kartini, dan lain-lain.

Selain itu juga terdapat ruang yang berisi koleksi benda-benda yang bernilai sejarah antara lain tulang ikan raksasa Joko Tuwo yang ditemukan di perairan Karimunjawa pada pertengahan bulan April 1989.

Nah gaes, buat kalian yang penasaran bagaimana kisah R.A Kartini secara detail, ada baiknya untuk menyempatkan diri mampir kesini.

Ref dan Dok by IndonesiaKaya
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *