City Tour & Landmark

Gelora Sriwijaya, Stadion Kebanggaan Penduduk Palembang

Kalau di Jakarta ada Stasion Gelora Bung Karno, maka di Palembang ada Stasion Gelora Sriwijaya yang gak kalah keceh nya!

Stadion Gelora Sriwijaya berada di dalam kompleks olahraga Jakabaring Palembang yang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga lain, seperti kolam renang, fasilitas senam, hingga landas pacu balap sepeda. Stadion Gelora Sriwijaya Palembang sendiri merupakan stadion multifungsi terbesar ke tiga di Indonesia setelah Gelora Bung Karno dan Stadion Palaran di Samarinda.

Secara umum, bentuk stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan ini mengadopsi bentuk perahu yang mulai dibangun pada 1 Januari 2001, kemudian dipercepat hingga dapat digunakan pada September 2004 sebagai tuan rumah PON XVI.

Sebagai markas Sriwijaya FC, salah satu klub raksasa dalam kompetisi sepakbola nasional, Stadion Gelora Sriwijaya merupakan salah satu dari tiga stadion dengan standar A asia yang dimiliki Indonesia.

Pada 2007, stadion ini dipercaya sebagai pendamping stadion Gelora Bung Karno dalam perhelatan akbar Piala Asia. Selain itu, Stadion Gelora Sriwijaya juga menjadi tempat puncak perhelatan Sea Games 2011 ketika Palembang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Di bagian luar stadion pun tidak kalah keceh karena terdapat taman yang digunakan oleh masyarakat sebagai tempat beristirahat setelah berolahraga. Teduhnya pepohonan dan megahnya bangunan stadion menjadikan masyarakat memiliki kebanggaan tersendiri, untuk terus menjaga dan melestarikannya dengan selalu menjaga kebersihan diarea sekitar stadion.

Ref dan Dok by IndonesiaKaya
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *